Atasi Retakan Rambut Pada Tembok Dengan Cara Ini

Atasi Retakan Rambut Pada Tembok Dengan Cara Ini

 Atasi Retakan Rambut Pada Tembok Dengan Cara Ini

Jasa Arsitek – Salah satu kendala kerusakan dalam membangun rumah adalah retakan dinding tembok, yaitu dengan munculnya retakan rambut yang berukuran kecil. Walaupun kecil, biasanya retakan rambut ini akan memanjang dan berpotensi menjadi retakan yang lebih besar. Terkadang bisa membentuk cabang – cabang. Tentu saja hal itu akan mengurangi keindahan rumah, apalagi jika retakan-retakan tersebut terdapat di ruangan yang cukup sering dilihat, di ruang tamu misalnya. Lalu, apa yang perlu kita lakukan jika retakan rambut muncul di dinding rumah kita ? Apakah kita perlu segera memanggil tukang bangunan untuk memperbaikinya ?

Sebetulnya, Anda bisa melakukannya sendiri, terutama jika itu merupakan bentuk retakan non-struktural. Dan umumnya, retakan rambut merupakan retakan non-struktural, akan tetapi Anda harus memastikannya terlebih dahulu. Bagaimana caranya memastikannya ? Caranya adalah dengan membobok bagian yang retak. Gunakan betel untuk mngelupaskan lapisan acian di bagian yang retak. Jika retakan hanya sampai pada lapisan plester, bisa dipastikan bahwa retakan tersebut adalah retakan non-struktural. Itu artinya Adna bisa memperbaikinya sendiri, tanpa bantuan ahli atau tukang bangunan.

Penyebab Retakan Rambut Pada Tembok

Ada beberapa hal yang menimbulkan munculnya retakan rambut non-struktural pada tembok rumah kita. Beberapa hal itu diantaranya :

  • Pada saat proses pengerjaan tembok, komposisi (campuran) adukan tidak pada takaran yang sempurna, antara komposisi pasir, semen dan air.
  • Pasir yang digunakan dalam pembuatan plesteran memiliki kadar organik tinggi / bercampur dengan lumpur.
  • Pasangan batu bata belum kering atau terlalu kering saat dilapisi plesteran.
  • Proses pengerjaan plesteran dilakukan di cuaca yang terlalu terik / panas.
  • Cat yang digunakan tidak memiliki elastisitas yang baik. Cat dengan elastisitas yang baik mampu membantu menutup timbulnya retakan rambut.

Tips dan Cara Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding Tembok

Cara Mengatasi Retakan Rambut Pada Dinding

Langkah-langkah memperbaiki retakan pada dinding tembok :

  1. Buka lapisan yang retak dengan jarak sekitar 5 cm di kanan-kiri dari retakan (dibobok).
  2. Siram permukaan dinding dengan air. Gunakan semprotan agar dinding lebih dapat menyerap air. Diamkan beberapa saat.
  3. Mulailah menambal permukaan dinding dengan mortar acian. Pastikan ketebalan tambalan sesuai ketebalan permukaan kiri dan kana yang tidak retak agar hasil akhir dinding tambalan tetap rata.
  4. Diamkan dinding selama 2 minggu, sebelum akhirnya dicat kembali sesuai warna dinding di sekitarnya.

     ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624

     


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat