Cara Mengetahui Kelembapan Dinding Rumah

Cara Mengetahui Kelembapan Dinding Rumah

Salah satu masalah yang sering kita temui di rumah adalah dinding yang lembab. Penyebab dinding yang lembab adalah karena rumah yang bocor. Maka dari itu, sebelum mengecat rumah ada baiknya kita mengecek terlebih dahulu keadaan rumah. Berikut ini cara mudah mengetahui kelembapan dinding rumah yang bisa Anda lakukan sebelum mengecat dinding rumah.

Waktu pengeringan

Prosesnya tergantung dari bahan semen yang digunakan. Semen konvensional membutuhkan waktu kering sekitar 3 minggu setelah acian. Sementara itu, semen instan butuh waktu pengeringan satu minggu setelah acian. Dalam kondisi suhu normal.

Kasat mata

Dinding yang kering akan terlihat lebih terang. Sedangkan dinding yang lembab terlihat lebih gelap.

Kertas almunium foil

Potong kertas almunium foil kira-kira sebesar 20cmx20cm. tempelkan ke dinding dengan lakban selama sehari. Buka lakban dan lihat permukaan dinding. Jika masih berembun berarti dinding masih belum kering sempurna.

Penggunaan protimeter

Alat ini memiliki dua lempengan besi yang ditusukkan ke tembok. Jika dinidng sudah kering lampu indicator akan menyala. Kondisi dinding yang kering dan layak cat ditunjukkan dengan lampu indicator. Jika lampu menyala hijau berarti kelembapannya 20%. Jika menyala kuning atau merah, maka kelembapan dinding di atas 20%. Dinding tidak disarankan untuk dicat.

Langkah diatas sangatlah mudah untuk kita lakukan. Mengecek kelembapan dinding rumah sangatlah penting agar nantinya rumah kita terhindar dari kebocoran.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *