Cara Menghias Halaman Rumah

Cara Menghias Halaman Rumah

Cara Menghias Halaman Rumah

Halaman Rumah – Halaman rumah menjadi sebuah bagian rumah yang penting. Memiliki halaman menjadi hal yang paling diidamkan bagi semua orang. Dengan halaman yang memiliki suasana yang asri akan menhadirkan kenyamanan bagi pemiliki rumah. Namun sayangnya tidak semua memiliki halaman rumah yang luas sehingga mungkin agak susah untuk di dekorasi. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghias halaman rumah kecil anda menjadi salah satu dekorasi cantik rumah anda. Memiliki halaman rumah yang asri juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bagi pemilik rumah.

 

Macam-Macam Manfaat Halaman Rumah:

  1. Keberadaan taman di rumah memberikan latihan fisik yang baik ketika di luar ruangan. 30 menit dari berkebun dalam seminggu membuat tubuh banyak melakukan gerakan, seperti membungkuk dan penggalian yang dapat membuat otot-otot bergerak.
  2. Berkebun adalah kegiatan yang dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati. Ini adalah terapi yang dianjurkan untuk orang yang memiliki penyakit atau kelainan, karena mereka membutuhkan untuk menghirup udara segar.
  3. Keberadaan taman juga membantu kamu terhubung dengan alam terutama jika kamu tinggal di kota besar, sehingga kamu dapat menghirup udara yang lebih bersih dan segar. Kamu juga bisa melihat berbagai hewan, serangga, dan burung yang datang ke taman.
  4. kamu bisa mengolah sayuran organik secara sendiri. Tentunya sayuran tersebut memiliki kesegaran yang lebih, tidak menggunakan bahan kimia atau pestisida seperti yang ada di pasaran. Selain itu, memudahkan kamu setiap kali ingin memasak, cukup memetik saja tanpa harus keluar.

 

Cara Kreatif Menciptakan Halaman Rumah yang Asri:

 

  1. Pertimbangkan Luas Area Lahan yang Anda Miliki

    Luas area merupakan hal yang pertama dan penting untuk diperhatikan ketika anda ingin membuat taman. Luas area akan berpengaruh pada tema taman dan pemilihan jenis tanaman. Jika anda memiliki area yang cukup luas, anda dapat meletakan banyak  tanaman maupun hiasan seperti lampu taman di taman anda.Keuntungan jika anda memiliki area yang luas adalah dapat menjadikan taman sebagai area bermain anak-anak ataupun menjadi tempat berkumpul keluarga yang sangat menyenangkan. Anda dapat membuat konsep ruang tamu outdoor dan ruang makan outdoor jika anda memiliki lahan yang luas. Anda dapat meletakan kursi santai, meja dan kursi makan maupun ayunan.

  2. Perhatikan Tata Letak Taman yang Anda Inginkan

    Tata letak taman disekitar rumah sangat tergantung pada luas area yang tersisa di sekitar rumah anda. Jika sisa lahan yang anda miliki ada disamping, maka buatlah taman disamping rumah, namun jika lahan yang tersisa ada di depan atau belakang, maka buatlah taman didepan atau dibelakang rumah.

  3. Pilih Tema Taman yang Sesuai dengan Tema Rumah

    Tema taman sebaiknya disesuaikan dengan tema desai rumah yang ingin dihadirkan pemilik rumah. Hal yang harus diperhatikan untuk menentukan tema taman rumah anda adalah luas area yang akan digunakan sebagai taman. Jika lahan yang tersedia terbatas, dapat menggunakan team minimalis modern atau teman minimalis saja. Biasanya taman pada lahan sempit menggunakan tanaman gantung ataupun tanaman yang ditanam pada pipa yang cantik.

  4. Pemilihan Tanaman yang Bagus

    Pemilihan tanaman untuk menghiasi taman rumah anda menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Pemilihan tanaman ini menjadi hal penting, karena tanaman inilah yang menghiasi taman rumah anda. Untuk apa anda capek-capek memikirkan tema, lahan dan tata letak jika anda tidak memiliki gambaran pemilihan tanaman mana yang akan mengisi pekarangan anda.

  5. Perhatikan Drainase atau Saluran Air

    Saluran air juga tidak kalah penting untuk membuat sebuah taman. Fungsi drainase adalah untuk mengatur dan menyerap kelebihan air supaya air tidak menggenang. Jika sistem penyerapan airnya bagus, maka tanaman di taman akan tumbuh dengan baik dan subur. Kondisi tanah yang bagus untuk pertumbuhan tanaman adalah kondisi normal. Jika tanah terlalu kering, maka tanah kurang memiliki unsur hara sehingga tanaman sulit untuk tumbuh subur. Sedangkan jika taman terlalu basah dan melesak ketika diinjak, maka akan menyebabkan akar tanaman cepat membusuk.

 

Nah, itu adalah tahapan dan manfaat dari membuat taman di halaman rumah. Manfaatkan lahan semaksimal mungkin untuk dibuat taman. Selamat Berkreasi.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat