Cara Mudah Menghilangkan Noda Pada Plafon

Cara Mudah Menghilangkan Noda Pada Plafon

Plafon bernoda merupakan salah satu masalah di hampir setiap rumah. Elemen pendukung rumah ini memang terkenal paling rentan terhadap kerusakan. Mulai dari gara – gara genteng yang bocor, komponen plafon bisa terkena imbasnya juga. Sampai dari gangguan tikus, plafon pun juga mudah rusak. Namun yang sering di jumpai dalam berbagai masalah plafon adalah karena masalah air yang bocor.

Berbagai macam bahan utama plafon yang umum dan banyak di pakai untuk plafon adalah tebuat dari bahan tripleks, multipleks, dan gypsum. Bahan yang mudah rusak jika terlalu sering terkena air.

Jika kerusakan terlalu berat dan parah, ada baiknya jika di ganti. Namun jika keadaan plafon masih memungkinkan untuk di perbaiki, anda pun bisa lebih hemat dengan cara yang mudah di bawah ini.

Solusi Cara mudah hilangkan noda di plafon

  • Bersihkan atap plafon dari jamur dan kotoran lainya dengan menggunakan kape scrap dan amplas.
  • Langkah kedua lapiskan alkali sealer untuk mengeblok flek agar hasil pengecatan plafon tidak belang. Tunggu hingga satu – dua jam agar lapisan alkali sealer benar – benar kering.
  • Siapkan cat tembok secukupnya. Untuk pengecatan pertama, cat di tambah air kira “ 10 % dari cat. Sedangkan untuk pengecatan kedua, tambahkan air 20 % dari cat.
  • Cat plafon dengan rol secara merata. Plafonpun akan bersih lagi.

Dan perlu anda ketahui : Hindari pemakaian cat minyak untuk pengecatan di plafon yang bernoda karena lapisan film yang di hasilkan cat minyak tidak merata. Lapisan film yang di hasilkan cat minyak terlalu tebal sehingga jika di lapisi dengan cat tembok akan membuat gelembung  – gelembung udara. Pegecatan di lakukan jika plafon sudah benar – benar bersih dari jamur atau lumut agar cat benar – benar menempel.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *