Genteng Yang Bagus Dan Berkualitas

Genteng Yang Bagus Dan Berkualitas

Genteng Yang Bagus Dan Berkualitas

Genteng Berkualitas – Genteng merupakan salah satu bagian yang paling penting dari rumah. Jadi wajib memperhatikan kualitas genteng tersebut agar nantinya menciptakan kenyamanan bagi penghuninya. Apabila salah dalam memilih genteng dan tidak mengetahui jenis yang tepat untuk atap rumah maka akan berakibat sering bocor dan tidak bisa menghantar suhu dengan baik, hal tersebut akan mengganggu kenyamanan.

Terdapat berbagai macam jenis, harga, bentuk, kualitas dan bahan dari genteng. Untuk menentukan genteng mana yang paling pas digunakan untuk atap rumah kita tentunya memerlukan berbagai pertimbangan sebelum memutuskan membelinya.

 

Macam-Macam Genteng Yang Berkualitas

1. Genteng Asbes

Genteng asbes terbuat dari enam gabungan mineral silikat alam. Penutup atap dengan genteng jenis ini banyak digunakan, karena harganya yang murah dan pemasangannya pun mudah. Dikarenakan bobot genteng asbes cukup ringan, maka tidak memerlukan konstruksi gording khusus.

Kelebihan Genteng Asbes

1. Harga murah.

2. Pemasangan cukup mudah.

3. Tidak memerlukan banyak kayu reng.

Kelemahan Genteng Asbes

Menurut ahli kesehatan, penggunaan genteng asbes untuk atap rumah kurang baik sebab bisa mengakibatkan penyakit. Mengapa demikian ? karena serat asbes dalam bentuk partikel mudah terlepas serta beterbangan, dan jika terhirup maka bisa mengakibatkan penyakit kanker paru-paru.

 

2. Genteng Aspal


 

Genteng aspal terbuat dari campuran aspal serta bahan kimia lain. Terdapat dua jenis yang tersedia, yaitu genteng aspal jenis datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka dan jenis bergelombang.

Kelebihan Aenteng Aspal

1. Lebih ringan dari genteng beton atau keramik.

2. Dapat digunakan dengan kemiringan 22,5 derajat hingga 90 derajat.

3. Pemasangan mudah dan praktis.

4. Tahan api serta mampu tahan terhadap tekanan angin.

5. Mempunyai pilihan warna, dilindungi dengan lapisan anti jamur serta anti pudar.

Kelemahan Genteng Aspal

1. Harga relatif lebih mahal.

 

3. Genteng Kaca

 

Genteng kaca hanya digunakan untuk bagian tertentu saja. Apabila menginginkan penerangan alami, maka gunakanlah genteng kaca pada ruangan yang diinginkan.

Kelebihan Genteng Kaca

1. Memberikan pencahayaan alami

2. Kaca mempunyai kesan modern, sehingga cocok bagi Anda yang menyukai rumah bergaya modern serta minimalis.

Kelemahan Genteng Kaca

1. Mudah pecah.

2. Penggunaan yang berlebihan akan meningkatkan suhu ruangan di bawahnya.

 

4. Genteng Keramik

 

Genteng keramik terbuat dari keramik namun sudah mengalami proses finishing glazur. Genteng ini tersedia dalam bermacam warna serta ukuran. Penggunaannya cocok untuk atap balkon hunian modern. Penggunaan bertumpu pada rangka kayu serta beton.

Kelebihan Genteng Keramik

1. Tahan lama dan kuat menahan beban manusia.

2. Warna tahan lama sebab diproses dengan pembakaran bersuhu 1100 derajat.

Kelemahannya Genteng Keramik

1. Sangat diperlukan ketelitian ketika pemasangan reng supaya tak terjadi kebocoran di dalam rumah

2. Diperlukan kemiringan minimum 30 derajat supaya air hujan bisa mengalir sempurna.

3. Memerlukan baut sewaktu pemasangan supaya tak terlepas serta lebih kuat.

 

5. Genteng Metal atau Genteng Berbahan Logam

 

Bentuk genteng jenis ini yaitu berupa lembaran mirip seng. Genteng jenis ini di tanam pada balok gording rangka atap memakai sekrup. Ukuran genteng jenis ini bervariasi, yaitu dengan lebar 60-120cm, ketebalan 0.3mm, serta panjang 1.2-12m. Dikarenakan bobot genteng ini ringan, maka pemasangannya membutuhkan sekrup supaya tidak mudah terbawa angin.

Kelebihan Genteng Metal

1. Pemasangan mudah dan cepat.

2. Hemat material sebab ukurannya yang lebar.

3. Dilapisi bahan anti karat.

4. Memakai bahan anti pecah, sehingga aman dari kebocoran.

5. Dilapisi bahan anti lumut, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mengecat ulang yang pastinya membutuhkan biaya tambahan.

Kelemahan Genteng Metal

1. Sewaktu proses pemasangan haruslah rapi, apabila tidak rapi maka akan mengurangi keindahan hunian Anda.

 

6. Genteng Tanah Liat

 

Genteng tanah liat paling banyak digunakan untuk atap rumah. Genteng ini terbuat dari tanah liat yang dipress serta dibakar. Pemasangannya dipasang pada atap miring. Genteng tanah liat menerapkan pemasangan saling mengunci dan mengikat (Inter-Locking).

Kelebihan Genteng Tanah Liat

1. Harganya murah.

2. Bobotnya ringan, sehingga meminimalkan beban atap.

3. Mempunyai kuat tekan, sehingga bisa diinjak.

Kelemahan Genteng Tanah Liat

1. Diperlukan ketelitian ketika pemasangan reng supaya tak terjadi kebocoran.

2. Mudah berlumut ataupun berjamur, sehingga harus dilapisi cat maupun glasur.

3. Pemasangan menggunakan pola zig-zag sistem sambungan inlock.

 

 

Tips Memilih Genteng Yang Berkualitas

 

1. Pilihlah Genteng Sesuai dengan Kekuatan Rangka yang Digunakan

Penyesuaian mengenai genteng dengan kerangka yang akan digunakan tentunya sangat menentukan performa dan keamanan di masa yang akan datang. Berarti jika kerangka yang digunakan memiliki tingkat kekuatan yang standar, maka sebaiknya memilih genteng yang memiliki berat jenisnya masih tergolong ringan dan jangan terlalu berat karena akan beresiko membahayakan penghuninya.

Bayangkan saja jika kerangka atap tidak kuat menahan beratnya beban genteng yang digunakan, hal paling buruk yang bisa terjadi adalah atap akan roboh sehingga sangat berbahaya. Untuk itu diperlukan perhatian khusus dalam pemilihan genteng.

 

2. Sesuaikan dengan Budget yang Sudah Disiapkan

Pertimbangan selanjutnya yang perlu dilakukan ialah menyesuaikan budget yang ada agar kebutuhan pembelian genteng bisa terpenuhi sesuai dengan kebutuhan yang ada. Jangan sampai hanya karena keinginan yang terlalu tinggi, nantinya dana yang ada hanya bisa dibelikan beberapa genteng saja, selanjutnya atap anda tidak tertutup secara keseluruhan.

Jika atap tidak tertutup secara keseluruhan, pada saat hujan air akan masuk ke dalam rumah semua. Tentunya anda tidak mau bukan hal itu terjadi pada anda? Oleh sebab itu pertimbangkanlah budget yang ada agar bias disesuaikan dengan kebutuhan genteng yang dibutuhkan.

 

3. Pilihlah Genteng yang Kondisinya Bagus, Mulus dan Tidak Ada Retakan

Tips memilih genteng pada poin ini berkenaan dengan kondisi fisiknya. Genteng dengan kondisi fisik bagus tentunya akan menguntungkan bagi anda. Dengan begitu anda akan merasa nyaman saat tinggal di rumah. Jika ada retakan ataupun cuil pada bagian ujungnya, akan sangat beresiko timbulnya kebocoran karena air hujan yang merembes lama kelamaan akan menetes ke dalam rumah.

Pembelian dalam jumlah banyak sebaiknya lakukan pengecekan dengan teknik sampling untuk memastikan fisik memang benar – benar masih bagus. Selain itu saat anda memilih genteng di tempat penjualnya, pastikan sama saat anda menerimanya di rumah. Takutnya saat proses pengiriman, genteng yang sudah anda pilih ditukar oleh penjualnya.

 

4. Ketuk – Ketuk Terlebih Dahulu

Banyak masyarakat secara umum menggunakan cara pada poin ini, khususnya masyarakat di pedesaan yang cenderung lebih teliti karena banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Beda dengan masyarakat perkotaan yang cenderung lebih cuek.

Cara ini digunakan untuk mengetahui kekuatan ataupun ketebalan dari genteng itu sendiri, jika bunyinya keras maka kualitas dari genteng itu kurang bagus karena ketebalan masih relative kurang. Sedangkan yang memiliki ketebalan baik biasanya pada saat diketuk tidak menimbulkan bunyi yang keras.

 

5. Pilihlah Genteng yang Mempunyai Satu Ukuran

Perhatikan poin ini baik – baik. Saat pemilihan genteng sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa ukuran genteng yang anda pilih benar – benar sudah mempunyai ukuran yang sama. Jika ukurannya bervariasi akan menimbulkan kesulitan saat pemasangan.

Selain itu jika anda malas untuk menukarkannya dengan ukuran yang sama, nantinya menjadi tidak terpakai dan tentunya hal itu merupakan pemborosan yang sebenarnya bisa diminimalisir. Saya sarankan untuk lebih teliti saat membeli apapun itu agar anda tidak mengalami kerugian.

 

6. Pastikan Bakaran Genteng Sempurna

Tips memilih genteng pada poin ini berkenaan dengan proses pembuatannya. Ciri – ciri fisik yang harus anda ketahui untuk menandakan bahwa bakaran genteng itu sempurna adalah bisa dilihat dari warnanya. Warna tersebut ialah merah kekuning – kuningan. Jika genteng masih terlihat berwarna kecoklatan, maka proses pembakaran belum maksimal dan hasilnya pun kurang matang.

Dampak yang akan ditimbulkan jika pembakaran pada genteng tersebut kurang matang ialah kekuatan dan ketahanan yang dihasilkan. Genteng merupakan salah satu komponen utama dari bagian rumah. Bagaimana rumah akan terasa nyaman jika kualitas atapnya tidak diperhatikan?

 

7. Lakukan Pengecekan Kebocoran Secara Acak dengan Menyiram Air

Untuk membuktikan kualitas dari genteng itu sendiri tentunya kita membutuhkan bantuan dari rivalnya yakni air. Air memang tepat digunakan sebagai bahan pendukung uji coba kelayakan terhadap genteng. Karena pada dasarnya genteng memang digunakan untuk melindungi dari air hujan.

Bocor atau tidaknya genteng bisa anda ketahui dengan menyiramkan air ke bagian permukaan atas genteng. Kebocoran diawali dari proses merembes. Merembes inilah nantinya akan menjadi jembatan menuju kebocoran. Anda bisa menerapkan cara ini sebelum memutuskan untuk memasang genteng.

 

8. Pastikan Juga Sampai Mana Kekuatan Genteng

Kekuatan yang ada pada genteng sangatlah perlu. Tanpa adanya kekuatan, tentunya genteng akan mudah rusak dan hancur, selanjutnya akan berpengaruh terhadap pengeluaran biaya yang harus anda alokasikan untuk pembelian genteng baru sebagai penggantinya.

Untuk melakukan tes kekuatan tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan penumpukan terhadap genteng – genteng yang ada. Genteng yang memiliki kualitas baik tentunya ditandai dengan daya tahan yang dihasilkannya. Apabila saat proses penumpukan bagian paling bawah tidak terjadi pecah atau pun retak berarti genteng tersebut sudah bisa dikatakan kokoh dan kuat.

 

9. Cek Kembali Saat Genteng Tiba Di Rumah

Setelah melakukan proses pembelian, selanjutnya genteng yang sudah anda pesan akan segera dikirim ke rumah. Nah yang wajib anda perhatikan dan lakukan adalah melakukan pengecekan kembali pada saat genteng tiba di rumah. Jika anda mendapatkan penjual yang jujur berarti anda beruntung, namun jika sebaliknya, maka anda yang akan rugi. Peluang kecurangan bisa saja dilakukan oleh penjual dengan menukar genteng yang anda pilih dengan mengkombinasikan beberapa stok yang memang sudah cacat.

Saat anda menemukan genteng yang cacat dan kemudian mengajukan komplain, penjualpun dengan mudah memberikan alasan mungkin kerusakan terjadi pada saat perjalanan dikarenakan medan yang dilalui jalannya rusak atau pun jarak tempuh yang lumayan jauh. Untuk meminimalisir kejadian seperti ini sebagai pembeli anda wajib kritis dan lebih memperhatikan barang – barang yang anda beli. Agar nantinya anda tidak mengalami suatu hal yang membuat anda menjadi dirugikan.

 

10. Pertimbangkan Nilai Keindahan Ataupun Estetika Genteng

Tidak sedikit masyarakat yang memutuskan untuk menjatuhkan pilihan pada suatu genteng karena tampilan luarnya yang indah dan menarik untuk dilihat. Nilai keindahan sebenarnya juga diperlukan dalam hal pemilihan genteng.

Keseimbangan antara bangunan rumah dan atapnya akan menimbulkan keunikan dan kesan tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Jadi jika anda akan membeli genteng, sebaiknya pertimbangkan juga mengenai nilai keindahan yang ada pada genteng yang akan anda pilih. Diharapkan dengan begitu anda bisa puas dan tidak menyesal di kemudian hari karena memang sudah menentukan pilihan yang tepat.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat