Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sofa

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sofa

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sofa

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Sofa – Sofa merupakan salah satu pelengkap ruangan yang sebaiknya ada di dalam rumah. Karena digunakan untuk duduk berkumpul dengan saudara maupun tamu, sofa haruslah yang nyaman dan tahan lama. Itulah mengapa Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal saat akan memilih sofa. Apa saja hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan memilih sofa? Simak bahasan berikut ini untuk informasi lebih lengkap mengenai hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa.

Ruang Penempatan

Hasil gambar untuk memilih sofa

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa yang pertama adalah dimana sofa tersebut akan diletakkan. Apakah untuk ruang tamu, ruang keluarga atau ruang kerja. Beda tempat, tentu beda bentuk yang bisa Anda pilih. Misalkan saja untuk ruang tamu, tentunya sofa yang manis dan elegan dipilih sebagai pemanis ruangan dan bisa menampung cukup banyak orang. Sehingga sofa sejajar, sofa yang ditata setengah lingkaran, atau sofa berbentuk menyudut lebih cocok untuk ruang tamu. Untuk ruang keluarga tentunya Anda harus memilihkan sofa yang kokoh dan nyaman karena sebagian besar aktivitas keluarga dilakukan disini. Jangan lupa pilih bantalan untuk sofa ruang keluarga. Sedangkan untuk ruang kerja yang harus berbagi dengan meja kerja, pilihlah sofa yang lebih kecil untuk dua orang saja.

Ukur dengan Tepat

Pengukuran ruangan yang tepat menjadi Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa yang kedua. Di toko furnitur yang luas dan beratap tinggi, sofa yang didisplay akan terlihat kecil-kecil. Namun saat diletakkan di ruangan rumah Anda malah terlihat terlalu besar dan membuat sempit ruangan. Oleh sebab itu Anda harus benar-benar teliti mengukur ruangan dan panjang lebar sofa lama, sehingga Anda bisa memperkirakan besaran sofa yang tepat ditempatkan di rumah Anda. Anda juga bisa memperkirakannya berdasarkan luas ruangan dan perabot di sekitar ruangan. Apabila sofa hendak diletakkan di ruang keluarga, tentunya Anda harus menghitung jumlah anggota keluarga. Sehingga Anda bisa memilih panjang sofa yang pas saat seluruh keluarga berkumpul untuk menghabiskan waktu bersama.

Jenis Kerangka

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa yang selanjutnya adalah mengenai jenis kerangka atau konstruksinya. Ini adalah kunci sofa awet dan tahan lama. Konstruksi kerangka sofa pada umumnya memakai kayu asli yang telah dikeringkan agar tidak lembab. Ada pula yang terbuat dari plywood, yaitu papan berlembar-lembar yang dissusun hampir menyerupai kayu asli. Memang playwood tidak sekuat kayu jati. Oleh sebab itu harga sofa dengan konstruksi kerangka plywood harganya jauh lebih murah. Ada pula sofa dengan konstruksi besi. Meskipun kuat, namun konstruksi kerangka  besi untuk sofa memiliki kelemahan. Besi tidak bisa dibentuk dengan mudah seperti kayu yang mudah dipahat. Hasilnya sofa dengan konstruksi kayu tidak banyak variasi dan modelnya. Isi sofa atau bantalan pun harus Anda kenal dengan baik. Bantalan sofa yang baik tidak mudah melesap ke dalam, elastis dan empuk. Biasanya isi sofa adalah busa, dakron, atau bulu angsa. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing. Cobalah duduki sofa tersebut saat masih di toko. Pilihan paling baik adalah jenis spon dan HR foam.

Jenis Kain Pelapis

Kain pelapis juga menjadi Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa. Jenis pelapis sofa yang berkualitas adalah dari kulit asli, nyaman diduduki dan lebih elastis. Warna kulit pun tidak cepat pudar seperti kain. Namun bahan kulit bisa dibilang cukup mahal. Jenis pelapis sofa yang terbuat dari kulit sintetis atau oscar, memiliki harga lebih murah daripada kulit asli, namun elastisitas dan kenyamanannya dibawah kulit asli.

Warna dan Motif

Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa yang kelima adalah warna dan motif sofa. Tentunya Anda harus menyamakan warna sofa dengan tema dalam ruangan Anda. Misalkan saja untuk ruang tamu sudah Anda telah memilih gorden dan karpet bermotif, sebaiknya Anda memilih sofa yang polos dengan permainan warna lembut. Apabila ingin sentuhan motif unik pada sofa, Anda bisa meletakkan motif tersebut pada bantalan sofa. Sehingga dalam ruangan hanya ada fokus motif tanpa terjadi keriuhan corak yang membuat ruangan penuh.

Suspensi atau Elastisitas

Terakhir, Hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih sofa adalah mengenai suspensi atau elastisitas. Ini berhubungan dengan daya dukung pada berat badan orang yang duduk diatasnya. Ada beberapa jenis coil pada sofa yang bisa menyesuaikan bentuk sofa dengan titik tekan dan berat badan manusia. Makin banyak coil atau per, maka harga sofa akan semakin mahal. Semakin menyebar coil ditanam dalam sofa, maka semakin nyaman dan awet sofa tersebut.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3429 1916


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat