Kenali Model Tangga Rumah

Kenali Model Tangga Rumah

Kenali Model Tangga Rumah

Kenali Model Tangga Rumah – Jika Anda memiliki rumah dengan lebih dari 1 lantai, pastinya Anda membutuhkan penghubung antara lantai satu dengan lantai lainnya. Penghubung tersebut salah satunya adalah menggunakan tangga. Model tangga rumah sendiri terdapat berbagai macam. Untuk pemilihan model tangga rumah harus disesuaikan dengan ukuran rumah. Ada beberapa tangga yang membutuhkan lahan yang cukup luas sehingga memakan banyak bagian dari rumah. Jika pemilihan model tangga rumah tidak sesuai dengan ukuran rumah, maka rumah akan terlihat sempit.

Anda perlu mengetahui beberapa model tangga rumah agar bisa menentukan tangga rumah dengan tepat. Berikut ini beberapa model tangga rumah beserta penjelasannya.

Tangga lurus

Tangga jenis ini disebut juga tangga linear. Berbentuk memanjang lurus atau tanpa belokan. Tangga model ini cukup memakan tempat sepanjang tangga. Jika anda memilih model tangga ini pastikan ruangan yang akan anda gunakan sebagai tempat tangga berada cukup panjang.

Tangga berbelok arah

Tangga berbelok arah disebut pula tangga bentuk L. Dipertengahan, tangga ini akan berbelok arah. Kelebihan dari tangga bentuk L ini adalah hanya sedikit memakan tempat karena bisa ditempatkan dipojok ruangan, mengikuti dinding rumah. Dari minimnya tempat yang diperlukan menjadikan tangga ini banyak peminatnya.Tangga ini memang sangat cocok untuk jenis Desain Rumah Minimalis.

Tangga berlawanan arah

Model tangga rumah ini disebut juga tangga berbentuk U. Di pertengahan tangga akan berbelok dan arah tangga akan berbalik. Kelebihan dari tangga berlawanan arah ini juga seringkali ditempatkan di pojok ruangan sehingga lahan ruangan yang terpakai relative sedikit. Kelebihan lainnya adalah pada pertengahan tangga sering kali dimanfaatkan sebagai lantai lainnya. Karena itu tangga dengan bentuk berlawanan arah seringkali di gunakan pada rumah yang memiliki lantai lebih dari dua seperti rumah susun maupun apartermen

Tangga Melengkung

Tangga melengkung juga kerap kali disebut elips. Model tangga ini memiliki kelebihan dari tangga ini adalah bentuk tangga yang artistic sehingga memberi kesan mewah nan indah pada suatu ruangan/rumah. Kelemahan dari tangga ini antara lain memerlukan lahan yang lumayan luas. Biasanya tangga melengkung seringkali diterapkan pada rumah yang mempunyai ruangan yang lumayan luas dengan langit-langit yang tinggi.

Tangga melingkar

Tangga melingkar seringkali disebut tangga spiral. Kelebihan paling menonjol bagi jenis tangga melingkar ini adalah minimnya ruang yang diperlukan dalam penempatan tangga. Satu tangga melingkar hanya membutuhkan area 1,5mx1,5m saja. Meski sebagian tangga juga membutuhkan ruang ukuran 2mx2m. Tangga jenis ini seringkali di pakai di rumah yang hanya memiliki ruangan yang minimalis, atau ruangan yang menuju loteng/ tempat jemuran. Kelemahan dari tangga melingkar adalah kecilnya tangga yang dibuat seringkali hanya dapat dilewati satu orang.

Tangga bercabang

Tangga bercabang seringkali disebut tangga Y. Tangga bercabang di mulai dengan tangga lurus menuju ke atas lalu pada pertengahannya akan bercabang ke kiri dan ke kanan. Kekurangan dari tangga bercabang adalah untuk memberikan tampilan kesan mewahnya, tangga jenis ini memerlukan area yang lumayan luas bahkan bisa jadi area yang diperlukan sangat luas. Mengapa? karena di bagian atasnya masih terdapat tangga kecil yang berada dibagian kanan dan kiri.

Tangga yang berkumpul

Tangga yang berkumpul adalah kebalikan dari tangga bercabang. Dari lantai bawah dimulai tangga yang menuju atas dari arah kiri dan kanan lalu berkumpul di lantai selanjutnya atau bisa saja hanya terdiri dari dua tangga dari arah kiri dan kanan sebagai ujungnya adalah lantai selanjutnya.

Tangga ini seringkali dipilih untuk menjadi tangga bangunan yang biasanya memerlukan akses masuk bagi banyak orang seperti bangunan bank, sekolah, maupun perkantoran meski sebagian rumah juga ada yang menerapkan jenis tangga ini karena anggota keluarga yang menempati rumah tersebut jumlahnya banyak.

Kelemahan tangga jenis ini adalah ruang bawah tangga relative kecil untuk digunakan sebagai ruangan lain. Hal yang dapat kita lakukan untuk memanfaatkan area bawah tangga adalah dengan menempatkan meja atau hanya hiasan dinding saja.

Tangga tegak

Seringkali disebut tangga monyet. Bahan bangunan yang seringkali dipakai dalam pembuatan tangga tegak ini adalah kayu. Sering dipakai untuk menghubungkan kasur tingkat atau pada loteng.

Kelebihan utama dari model tangga rumah ini adfalah Sebagian model tangga tegak yang pemasangannya diloteng bisa dilipat dan disembunyikan sedangkan untuk pemasangan di kasur bertingkat tegak dan tidak dapat dilipat.

Kelemahan dari jenis tangga tegak ini adalah hanya dapat dilewati satu orang dalam sekali panjat, serta memerlukan kehati-hatian dalam memijak anak tangganya terlebih anak kecil yang menanjat tangga tersebut harus lebih berhati-hati lagi.

Tangga tris masuk rumah

Tangga tris ukurannya pendek hanya sekitar dua hingga sepuluh anak tangga. Tangga jenis ini biasa kita temui di rumah-rumah yang bangunannya memang dibangun lebih tinggi dari tanah depan rumah. Model Tangga Rumah ini di buat untuk memudahkan akses masuk ke rumah. Tangga ini berperan jika terjadi hujan lebat maka genangan yang ada di depan rumah tidak akan masuk ke rumah. Tangga jenis ini kurang ramah terhadap anak kecil, terutama anak kecil yang baru saja belajar berjalan.

Jika sudah mengetahui model tangga rumah, diharapkan Anda memilih model tangga rumah yang tepat sehingga selain untuk menghubungkan lantai satu dengan lantai lainnya juga dapat lebih mempercantik rumah.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3429 1916


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *