Langkah Sebelum Melakukan Perbaikan Rumah

Langkah Sebelum Melakukan Perbaikan Rumah

Semakin lama rumah kita tinggali, pasti kita menemukan beberapa bagian dari rumah yang mengalami kerusakan. Rumah rusak bisa disebabkan oleh berbagai hal. Kondisi rumah yang mulai using, material yang digunakan tidak sesuai, cuaca yang menerpa secara terus-menerus, atau bisa juga karena kesalahan pemasangan. Untuk memperbaikinya tidak bisa dilakukan sembarangan.

Berikut ini langkah persiapan sebelum perbaikan yang bisa Anda jadikan panduan:

Cek penyebab

Cek terjadinya kerusakan agar masalah yang sama tidak terulang di lain waktu. Hindari perbaikan hanya pada tampilan luar dan bersifat sesaat saja. Misal, pada kasus kebocoran, cari sumber aliran air lebih dahulu agar jalur masuk bisa dicegah. Jika hanya pada jalur keluar air yang ditutup, air akan muncul dipermukaan lain.

Tentukan prioritas

Kerusakan pada rumah bisa datang di waktu yang bersamaan. Jika ini terjadi, Anda harus jeli menentukan bagian mana yang harus menjadi prioritas utama. Terlebih lagi jika dana yang tersedia terbatas. Anda bisa mendahulukan perbaikan di structural rumah seperti pondasi, tiang, dinding, lantai, balok, plafon, dan rangka. Perbaikan ini guna keamanan sang pemilik rumah.

Konsultasi pakar

Untuk mendapatkan penyelesaian yang tuntas, konsultasikan permasalahan kerusakan rumah dengan tukang atau kontraktor yang berpengalaman. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki, kerusakan bisa cepat diatasi. Tak hanya itu, trik khusus yang mungkin ditemukan di lapangan akan menjadi solusi agar cepat teratasi. Begitu juga dengan dana jika yang tersedia minim.

Perhitungkan dana

Cek terlebih dahulu persediaan dana yang tersedia. Dengan perhitungan awal ini, Anda dapat menentukan alokasi dana yang diutamakan. Termasuk untuk memilih tukang, penentuan waktu perbaikan, hingga pemilihan material yang dipakai. Perhitungan ini pun akan memudahkan Anda untuk menentukan perencanaan anggaran perbaikan.

Pilih pelaksana

Sesuaikan pelaksana perbaikan dengan tingkat kesulitan yang harus dilakukan. Bisa jadi, Anda sebagai penghuni rumah bisa melakukan perbaikan mandiri. Misal, pergantian cat, keramik, atau yang bersifat finishing. Sehingga, kerusakan yang rumit baru dilakukan oleh ahli. Hal tersebut akan membuat anggaran jauh lebih murah.

Tentukan waktu

Dalam menentukan waktu, Anda haruslah jeli agar pekerjaan selesai pada waktu yang diinginkan. Begitu pun jika Anda melakukannya secara mandiri karena waktu efektif yang dimiliki hanya 2 hari, Sabtu dan Minggu. Jika ingin menggunakan tukang atau kontraktor, pilihlah yang kompeten dan telah mendapatkan rekomendasi dari orang lain.

Alat dan bahan

Last but not least, langkah persiapan sebelum perbaikan rumah tentunya mempersiapkan alat dan bahan. Apabila perlu, buatlah daftar kebutuhan. Selain akan membantu apa saja yang diperlukan, daftar ini juga akan menjadi “rem” bagi Anda agar tidak “jajan” terlalu banyak. Atau pembelian bisa dilakukan oleh orang lapangan, namun Anda harus melakukan pengawasan agar kualitas material yang dipakai sesuai dengan kesepakatan.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat