Membuat Kamar Anak Nyaman

Membuat Kamar Anak Nyaman

Selain untuk beristirahat, kamar juga sering jadi tempat belajar dan mengerjakan tugas dari sekolah. Sayangnya, kadang kamar anak dirancang secukupnya hanya agar anak nyaman beristirahat. Padahal agar suasana kondusif untuk belajar diperlukan pertimbangan tersendiri mulai dari tata letak kamar sampai dengan warna cat. Simak tips berikut yuk supaya kamar anak terasa lebih nyaman!

Pastikan Kamar Sejuk

Salah satu hal penting dalam mendesain kamar yang nyaman untuk anak adalah pastikan kamar anak memiliki sirkulasi udara yang baik. Tidak hanya dari kipas angin atau AC, tapi udara segar yang didapat dengan pengaturan ventilasi yang baik juga penting untuk kenyamanan dan kesehatan anak.

Gunakan Warna yang Cerah

Tidak bisa dipungkiri kalau cat warna suatu ruangan dapat mempengaruhi mood seseorang sepanjang hari. Maka pemilihan warna cat pada kamar anak juga perlu dipertimbangkan secara matang. Warna pada dinding akan menjadi focal point dan memberi nuansa tersendiri untuk kamar anak. Warna putih memang pilihan yang paling netral karena Anda bisa menambahkan warna-warni sebagai aksen maupun perabot dengan bentuk unik. Jika Anda ingin menghias dinding kamar anak Anda, maka beragam motif wallpaper lucu juga dapat menjadi pilihan Anda.

Pilih Meja dan Kursi Belajar yang Nyaman

Jika anak Anda lebih suka belajar di meja daripada di ranjang,? maka meja dan kursi belajar harus dipilih secara matang. Hal ini supaya anak dapat berkonsentrasi dan fokus dalam belajar karena posisi duduk yang nyaman sangat diperlukan.

Manfaatkan Rak Buku sebagai Dekorasi Kamar

Selain dapat digunakan untuk menyimpan buku, rak buku juga dapat digunakan sebagai dekorasi kamar yang akan menambah kenyamanan ruangan. Koleksi komik dan action figure anak bisa Anda tata rapi di rak buku. Apalagi kini desain rak buku sudah beraneka ragam.

Perhatikan Tata Cahaya yang Cukup

Jika keempat hal di atas sudah Anda lakukan, pastikan juga kamar anak Anda mendapatkan pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang cukup juga harus disesuaikan dengan kebutuhan anak, jangan sampai terlalu silau supaya anakny aman ketika membaca. Selain itu pencahayaan yang pas juga dapat memengaruhi mood anak dan suasana kamar.

Sediakan Wadah Khusus untuk Barang Anak

Kamar anak bisa menjadi salah satu tempat bagi Anda untuk mengajarkan disiplin dini pada anak. Anda bisa mengajarkan anak mengatur diri setiap hari dengan memintanya untuk selalu merapikan kamarnya. Anak kecil umumnya masih tidak mengerti bahwa barang-barang yang sudah digunakan sebaiknya dikembalikan ketempat semula. Anda dapat membantu anak dengan menyediakan wadah khusus untuk menyimpan benda-benda kesayangan mereka. Wadah khusus ini bisa membantu anak untuk lebih mudah mengingat dan menemukan barang-barangnya. Dan yang terpenting adalah anak Anda belajar untuk disiplin sejak dini dan kamarnya menjadi lebih rapi dan nyaman untuk belajar.


Recommended Posts

Comments

  1. […] Menata Kamar Anak – Kita sebagai orang tua sering kelupaan dengan satu ini, dengan menata kamar anak atau mendesain kamar anak. Tapi tahukah Anda desain kamar anak akan memberi banyak manfaat, salah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat