Memilih Tanah Yang Pas Untuk Bangun Rumah

Memilih Tanah Yang Pas Untuk Bangun Rumah

Memilih Tanah Yang Pas Untuk Bangun Rumah

Bangun Rumah  – Membuat sebuah kontruksi bangunan untuk kebutuhan tempat tinggal memang memerlukan perencanaan yang sangat matang. Salah satu perancanaan yang harus dilakukan adalah memilih bidang lahan atau tanah yang akan dibangun rumah. Tidak semua lahan atau tanah bisa didirikan bangunan.

Tanah sendiri memiliki jenis dan karakteristik yang berbeda-beda, dan hal tersebut sangat berpengaruh pada bangunan yang akan dibuat diatasnya untuk jangkau waktu yang panjang. Untuk mendirikan bangunan di suatu tempat juga harus memfikirkan beberapa kriteria yang ada.

 

Kriteria Tanah Yang Pas Untuk Membangun Rumah

 

1. Lokasi Strategis

Siapa yang tidak mau punya rumah di lokasi yang strategis? Selain itu, lokasi strategis juga sangat membantu Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Bayangkan jika membangun rumah di tanah yang letaknya terlalu jauh dari keramaian, Anda tidak mempunyai tetangga. hari-hari pun bisa terasa sangat sepi dan tingkat risiko kejahatan juga meningkat.

2. Harga Masih Terjangkau

Anda akan membangun sebuah rumah, jadi pertimbangkan pula harga tanah yang menjadi incaran. Jika harganya terlalu mahal, maka sudah pasti budget untuk bangunan rumah itu sendiri berkurang atau malah habis tak bersisa. Jadi gunakan pula logika untuk memperhitungkan harga tanah serta biaya pembangunan rumah. Misalnya jika budget yang dimiliki tidak terlalu banyak, maka jangan beli tanah di Pondok Indah, Jakarta Selatan dimana harga tanah per meter perseginya sudah mencapai 43-68 juta Rupiah.

3. Cari Tanah Yang Legalitasnya Jelas

Membeli tanah dan menetukan mana yag cocok untuk anda, salah satu indikator yang harus dipenuhi adalah masalah legalitas tanah tersebut, paling aman kalau tanah yang anda miliki sudah bersertifikat hak milik. Maka dari itu sebaiknya anda cek dulu tanah yang akan anda beli. Memilih tanah bukan sekedar suka saja namun sebaiknya anda juga mempertimbangkan masalah legalitas ini. Jangan sampai nantinya anda sudah bayar tersebut, ternyata tidak jelas siapa pemiliknya dan membuat anda menjadi rugi melakukan pembelian.

 

4. Kontur& Kondisi Tanah

Cari tahu tanah yang akan dibeli apakah merupakan tanah padat, bekas rawa, atau bekas sawah. Perhatikan pula apakah bekas pemakaman, dekat dari pembuangan sampah atau limbah. Karena hal tersebut akan berhubungan dengan kondisi air jika rumah yang akan dibangun nanti menggunakan air tanah sebagai sumber utama. Selain itu tanah bekas rawa dan sawah juga lebih rawan banjir ke depannya. Jika memungkinkan, sewa pula ahli untuk melakukan survei kontur tanah agar data yang didapat lebih akurat karena kontur dan kondisi tanah sangat mempengaruhi bangunan yang akan dibuat.
Itulah Kriteria tanah yang pas untuk dibangun rumah. Jangan sampai kita salah memilih tanah untuk dibangun rumah karena pemilihan tanah yang salah bisa membuat bangunan tidak kokoh untuk kedepannya. Selamat Mencoba 🙂

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat