Menata Ulang Gudang Kebun Rumah

Menata Ulang Gudang Kebun Rumah

Sebuah rumah biasanya memiliki gudang kebun untuk menyimpan berbagai perkakas dan peralatan berkebun. Gudang kebun terkadang dipakai juga untuk menyimpan barang-barang yang tak terpakai. Karena fungsinya itu, gudang terkadang tidak tertata rapi alias terbengkalai. Oleh karena itu, beberapa langkah penataan perlu dilakukan agar ruangan satu ini rapi dan teratur. Berikut langkah-langkahnya yang kami rangkum dari Houzz.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yang pertama harus dilakukan adalah mendaftar barang dan perkakas apa saja yang ada dalam gudang Anda. Ini penting untuk mengetahui barang-barang apa saja yang masih Anda perlukan dan yang sudah tak dipakai lagi. Singkirkan barang-barang yang sudah tak dipakai, termasuk yang sudah rusak atau berkarat agar ruang penyimpanan Anda semakin luas.

Dalam gudang kebun biasanya terdapat pot-pot tanaman, selain berbagai peralatan berkebun dan bahan-bahan kimia. Tata ulang pot Anda dengan menyingkirkan yang sudah rusak dan pecah agar tak menyita ruangan. Buatlah rak susun agar penyimpanan pot tidak memakan ruangan.

Jika ruangan masih penuh sesak dengan pot, maka Anda harus menyeleksi lagi pot-pot apa yang masih Anda perlukan dan pakai. Pot yang sudah tak diperlukan dan tak dipakai sebaiknya Anda berikan pada teman atau saudara, atau bisa juga Anda gunakan kembali untuk menanam tanaman di kebun.

Demikian juga dengan peralatan berkebun yang rata-rata terbuat dari besi. Prinsipnya sama, buang yang tak diperlukan, terutama yang sudah berkarat. Agar tidak menyita ruangan, beberapa peralatan besi bisa Anda gantung di tembok, seperti palu, tangga kecil, sekop, arit, dan sejenisnya.

Untuk bahan-bahan kimia seperti pupuk dan pestisida, perhatikan tanggal kadaluarsanya. Yang lebih penting, tentukan mana dari bahan-bahan ini yang masih Anda pakai. Taruh semua bahan-bahan kimia itu dalam satu wadah atau rak khusus. Selain agar rapi, cara ini juga bisa menghemat ruang penyimpanan, sehingga gudang kebun Anda tidak penuh sesak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat