Mengatur Layout Ruang Di Dalam Rumah

Mengatur Layout Ruang Di Dalam Rumah

Mengatur Layout Ruang Di Dalam Rumah

Layout Ruang Rumah – Dalam pembuatan desain rumah untuk tipe rumah minimalis memang menjadi sorotan, karena dengan tata letak interior yang baik akan terlihat lebih indah, menarik dan juga nyaman. Terutama penempatan furnitur dan aksesorisnya di dalam suatu ruang memang tidak mudah. Terdapat berbagai pertimbangan agar susunannya nyaman dan enak dipandang. keserasian furnitur dan aksesoris menjadi kriteria suatu ruangan dibilang enak dan nyaman.

Untuk mengatur tata letak memang dibutuhkan perencanaan terlebih dahulu supaya hasil yang didapatkan nantinya bisa sesuai dengan harapan anda. Bukan itu saja, desain yang bagus juga sangat diperlukan agar penempatan ruangan di dalam rumah bisa sesuai dengan ukuran lahan yang dimiliki. Kita semua sudah tahu jika rumah minimalis memiliki lahan yang tidak cukup luas, sehingga diperlukan tata letak dan penempatan ruangan yang baik agar bagian dalam rumah tidak terasa sempit.

 

Langkah Mengatur Layout Sebuah Ruangan

 

1. Ukur Besar Ruangan

 

Mengatur Layout

 

Langkah pertama dalam penataan layout sebuah ruang adalah ukuran ruang itu sendiri. Sebaiknya kita memastikan bahwa benda-benda yang kita beli, muat di ruangan itu dan dapat juga dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Jadi, jangan lupa juga untuk mengukur lebar pintu, lorong, dan lebar tangga yang mungkin dilalui. 

 

Mengatur Layout

 

2. Tentukan ‘Point of Interest ‘

 

Mengatur Layout

 

Adanya point of interest memberi gambaran ke arah mana nantinya peletakan benda akan terpusat. Point of interest bisa berupa pemandangan di jendela, lukisan besar di dinding, rak buku, ataupun panel TV.

Kalau ada lebih dari dua benda yang dianggap bisa menjadi point of interest, pilih yang lebih menonjol -biasanya yang ukurannya lebih besar atau warnanya lebih terang. Jangan letakkan dua point of interest bersebelahan atau dalam satu sisi, misalnya rak buku diletakkan bersebelahan dengan rak TV. Ini akan mengganggu harmonisasi sebuah ruangan. Di ruang keluarga, beberapa pajangan atau lukisan sering dijadikan point of interest.

 

Mengatur Layout

 

3. Tempatkan yang Utama Terlebih Dulu

 

Mengatur Layout

 

Benda-benda yang paling mendukung aktivitas di suatu ruanganlah yang paling harus diperhatikan. Misalnya di ruang keluarga, kita harus memperhatikan penempatan sofa. Sedangkan, di ruang tidur pikirkan peletakan tempat tidur. Benda-benda ini umumnya menghadap ke point of interest utama atau justru menjadi point of interest itu sendiri.

 

Mengatur Layout

 

4. Perhatikan Jalur Sirkulasi

Jangan lupakan pergerakan sirkulasi dalam ruangan ketika menempatkan furnitur, tanaman, lampu, dan sebagainya. Penempatan yang baik tidak akan mengganggu kegiatan di ruangan serta arus pergerakan di dalam ruangan itu ataupun dari ruang itu ke ruang lainnya. Tidak enak tentunya saat asyik-asyiknya menonton TV, pandangan kita terhalang oleh orang yang berlalu-lalang ke ruangan lain.

 

Mengatur Layout

Atau jangan sampai kita susah berjalan ke arah dapur karena ruang makan terlalu penuh oleh meja makan. Sebaiknya, sisakan ruang sirkulasi yang memadai untuk jalan.  Walaupun terletak pada satu ruangan, area menonton TV dan ruang makan peletakkannya saling membelakangi sehingga tidak mengganggu sirkulasi keduanya.

 

Mengatur Layout

 

5. Pisahkan Berbagai Kegiatan

Kalau ruangan cukup besar, biasanya ada berbagai kegiatan dilakukan di sana. Misalnya di ruang keluarga terdapat kegiatan menonton TV yang membutuhkan beberapa sofa dan rak TV, serta menyatu juga dengan ruang makan.  

Dua kegiatan berbeda itu bisa kita pisahkan tanpa harus mempersempit ruangan. Cukup dengan menggunakan karpet di bawah meja tempat menonton TV, maka akan terbentuk suatu ruangan menonton TV yang terpisah dari ruang makan.

 

Mengatur Layout

 

6. Perhatikan Proporsi

 

Mengatur Layout

 

Proporsi menjadi penting karena tanpa ini, penataan akan terasa tidak imbang. Kalau di sebuah ruangan ada 2 buah benda yang cukup besar, jangan dipusatkan di satu tempat karena akan terasa berat di titik itu saja.

Perhatikan proporsi dan keseimbangan benda yang bersebelahan atau berseberangan. Meja  tambahan yang ukurannya kecil akan lebih cocok berada di sebelah sofa berukuran besar agar terlihat pas dan proporsional.

 

Mengatur Layout

 

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0888 0289 8802


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat