Psikologi Rumah

Psikologi Rumah

Pernahkah Anda mendengar istilah tentang psikologi rumah? Jika belum pernah mendengarnya artikel ini akan mengajak Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang psikologi rumah.

Jiwa yang sehat adalah rumah yang sehat

Rumah adalah bangunan yang kita gunakan untuk berteduh dan juga beristirahat setelah seharian bekerja. Rumah adalah tempat dimana kita menghabiskan sebagian waktu kita setiap hari haruslah memberikan kenyamanan kepada penghuninya. Terutama rumah yang sehat, Rumah yang sehat itu sangatlah penting Rumah merupakan tempat bagi anda untuk mengekspresikan jiwa. Kehangatan rumah akan membuat penghuni merasa aman dan dicintai.

Oleh karena itu psikologi dari rumah perlu sekali kita ketahui dan perhatikan. Rumah dan pemiliknya mempunyai ikatan yang sangat kuat. Rumah merupakan tempat kita berteduh memuaskan diri dan sekaligus memenuhi kebutuhan fisik dan psikologi, memenuhi kesehatan tubuh, pikiran dan jiwa.

Perubahan kehiduppan modern dan gaya hidup masa kini juga mempengaruhi kita dalam memandang ikatan dan psikologi dan emosional jiwa terhadap rumah. Rumah yang nyaman memiliki beberapa faktor antar lain adalah desain rumah, penataan ruang, pemilihan warna, dll. Khususnya untuk desain rumah sendiri harus mendapatkan perhatian khusus dimana ini adalah faktor yang sangat penting dalam menentukan kenyamanan sebuah rumah. Rumah juga adalah tempat edukasi pertama dalam proses tumbuh kembang si buah hati. Jadi rumah harus menampilkan kesan membangun karakter dan pribadi yang baik untuk para penghuninya.

Dengan demikian mendesain rumah sesuai dengan kepribadian, ekspresi jiwa, dan keinginan penghuni rumah sangat diutamakan, agar sang penghuni memiliki rasa aman, nyaman, dan damai, Jangan lupa untuk memperhatikan unsur kesehatan dalam menata dan mendesain rumah Anda. Disinilah letak pentingnya kita membangun rumah yang merefleksikan kedamaian, filosofi hidup, dan obsesi sebagai penghuni rumah. Ciptakan ruang pribadi anda.

Pernahkah anda merasa sesak dan tak nyaman saat berdesak-desakan dengan manusia lain? Atau merasa asing saat bersama-sama dengan orang lain dalam suatu ruangan yang sama? Hal inilah yang sering kali kita rasakan namu tak banyak yang menyadari bahwa ini semua karena setiap orang membutuhkan tempat yang pribadi. Orang membutuhkan jarak serta area pribadi yang bersih dan interaksi orang lain. Adakalanya kita merasa tertekan dan tidak nyaman saat terlalu lama berada di ruang public dan tidak banyak merasaan privacy. Pada saat inilah kita membutuhkan ruang pribadi.

Ruang pribadi dalam rumah akan menciptakan rasa damai dan ketenangan fisik dan jiwa penghuni dalam rumah. Jika anda berkeinginan mencipakan ruangan dalam rumah tidak mutlak harus berupa ruangan tertutup rapat dan luasnya juga variiatif. Misalnya cukup berupa ruangan mungil di sudut rumah. Sebuah sudut bisa ditata khusus sebagai ruang baca pribadi yang tenang dan nyaman. Ruang music atau home theatre juga cukup ideal sebagai ruang pribadi. Bahkan beranda mungil yang terletak terpisah dari ruang lain biasa menjadi ruang pribadi bagi anda. Anda dapat memanfaatkan ruang itu untuk bersantai dengan membaca sembari menikmati secangkir the. Tatalah ruang pribadi ini dengan furniture yang mengutamakan kenyamanan dan dilengkapa dengan aksesori interior yang sifatnya informal da santai.

Anda dapat meletakkan sebuah sofa yang bias diatur sandarannya sesuai kebutuhan si pemakai. Model-model multipurpose seperti inilah yang semestinya ada di ruangan-ruangan pribadi tempat Anda bersantai. Sofa semacam ini bias anda gunakan untuk duduk, santai, dan bahkan berbaring.

Dengan menata ruang pribadi anda senyaman mungkin, anda dapat bersantai dan beristirahat dengan santai dan tenang.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *