Tips Menata Ruang Tamu Yang Kecil

Tips Menata Ruang Tamu Yang Kecil

Tips Menata Ruang Tamu Yang Kecil

Desain Interior – Ruang tamu merupakan bagian utama dari rumah yang sering terlihat oleh orang lain. Maka dari itu, ruang tamu perlu penataan khusus agar tidak sesak dan agar terasa nyaman bagi tamu maupun anda. Ruang tamu tidak melulu harus mewah dan luas, ruang tamu yang sempit pun bisa disulap menjadi ruang tamu yang elegan dan juga cantik. Bagi anda yang mempunyai ruang tamu kecil, berikut ini tips penataan ruang tamu kecil:

1. Gunakan warna-warna terang

Warna-warna terang dapat memantulkan cahaya yang masuk sehingga memberi efek ruangan lebih luas. Tema black and white juga bagus untuk diterapkan jika Anda menyukai kedua warna ini. Akan tetapi, tentu saja warna putih harus lebih dominan.

Ruang berwarna putih menciptakan kesan lapang (Sumber: goodhousekeeping.com)

2. Pilih sofa berkaki

Sofa berkaki akan membuat pandangan mengalir sehingga ruangan tidak terkesan sesak. Pilihlah sofa dengan model slim dan hindari yang bermodel bulk karena dapat menghalangi pandangan dan ruangan terlihat ‘penuh’. Selain itu, memiliki sofa berkaki akan memudahkan Anda untuk membersihkan lantai di bawahnya.

Sofa berkaki yang membuat lantai di bawahnya mudah dibersihkan (Sumber: freshome.com)

3. Biarkan ruangan terbuka

Dalam mendesain ruang tamu kecil, pilihlah furnitur yang rendah dan hindari sekat. Ruangan yang terbuka akan memberi kesan luas sehingga nyaman bagi mata. Sebagai batas antar ruangan, Anda bisa menggunakan karpet untuk menentukan suatu area.

Cushion warna-warni untuk menciptakan aksen di dalam ruang (Sumber: goodhousekeeping.com)

4. Tanam atau tempelkan TV pada dinding

TV yang tertanam pada dinding akan mengurangi kesan sumpek pada ruang tamu kecil. Selain itu, ruang tamu menjadi tampak elegan dan minimalis dengan penataan yang seperti ini.

Interior design of apartment unit karya MIV Architects (Muhammad Ikhsan Hamiru & Partners) (Sumber: arsitag.com)

5. Kursi tambahan

Sewaktu-waktu mungkin kita menerima kelebihan tamu, namun kekurangan tempat duduk. Untuk itulah kita memerlukan beberapa kursi tambahan untuk kondisi yang tidak terduga ini. Pilihlah kursi yang mungil dan dapat ditumpuk agar tidak memakan tempat.

6. Letakkan meja dan lemari tamu berdekatan

Lemari dan meja tamu yang ditaruh berdekatan selain menghemat tempat, juga bisa menjadi multifungsi. Anda dapat menggunakan lemari ini sebagai tempat untuk menaruh barang-barang Anda, sedangkan meja dapat digunakan juga sebagai meja kerja atau meja belajar.

7. Manfaatkan setiap sudut ruangan

Sudut ruangan terkadang menjadi area yang terabaikan. Padahal, sudut ruangan bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menaruh kursi tambahan atau rak. Untuk memberi kesan santai, Anda juga dapat menaruh sofa kecil untuk bersantai di tempat ini.

Sofa kecil di sudut ruangan (Sumber: realsimple.com)

8. Gunakan gorden yang lebih besar

Pasanglah gorden beberapa cm lebih tinggi dari jendela alih-alih tepat di atas kusen jendela. Hal ini akan membuat jendela tampak lebih tinggi. Jika Anda memasang gantungan gorden melebihi lebar jendela di kedua sisinya, hal ini juga akan membuat jendela tampak lebih besar. Jendela yang tampak besar akan membuat ruang tamu kecil terlihat lebih lega.

Ruang tamu dengan jendela lebar (Sumber: realsimple.com)

9. Sesuaikan warna gorden dengan dinding

Warna gorden yang menyatu dengan warna dinding akan menciptakan kesan seperti tidak ada batas sehingga ruangan pun tidak tampak sempit.

Ruang tamu bertema abu-abu (Sumber: realsimple.com)

10. Gunakan rak gantung

Alih-alih menggunakan rak atau lemari biasa, pasanglah rak gantung yang ditempel ke dinding. Rak gantung ini bisa Anda gunakan untuk menaruh barang-barang koleksi Anda. menggunakan rak gantung akan menghindari kesan sesak dan membuat ruangan terlihat lebih rapi dan kekinian.

Rak gantung sebagai alternatif display (Sumber: realsimple.com)

11. Taruh kaca cermin

Cermin juga dapat menjadi solusi untuk membuat ruangan terasa lebih luas dari yang sesungguhnya. Anda bisa menempelkan cermin ukuran sedang atau full body di salah satu bagian dinding. Selain memberi kesan lapang, cermin tentu saja dapat digunakan sebagaimana fungsinya untuk mengaca apakah Anda sudah rapi sebelum bepergian. Sebaiknya letakkan cermin di tempat yang berlawanan dengan jendela. Cermin akan memantulkan cahaya yang ia terima ke seluruh ruangan.

Kaca besar dapat membuat ruang terlihat lebih luas (Sumber:realsimple.com)

 ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat