10 Teknik Dapatkan Furniture Kayu Jati Berkualitas

10 Teknik Dapatkan Furniture Kayu Jati Berkualitas

10 Teknik Dapatkan Furniture Kayu Jati Berkualitas

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor- Furniture yang terbuat dari bahan kayu jati masih menjadi primadona di Indonesia. Hal ini dikarenakan kayu jati mempunyai serat alami yang begitu indah dan kekuatannya juga sangat baik. Saking kokohnya kayu ini, bahkan rayap dan tikus sekalipun tidak mampu menggerogotinya. Inilah yang menjadi rahasia utama kenapa furniture kayu jati mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun. Meskipun sangat kuat dan keras, kayu jati tetap mempunyai karakteristik yang cukup lentur. Kayu ini tidak terlalu sulit dibentuk menjadi berbagai macam perabotan rumah tangga. Mulai dari kursi, meja, lemari, rak, sampai ranjang bisa dibuat menggunakan kayu jati. Kayu ini juga bisa diolah menjadi ukiran-ukiran yang bentuknya rumit sekali. Maka jangan heran karena kualitasnya itulah, kayu jati merupakan kayu yang sangat diperhitungkan di tingkat dunia. Tak Boleh Asal-asalan, Begini 10 Teknik Dapatkan Furniture Kayu Jati Berkualitas.

Cara Memilih Furniture Kayu Jati Berkualitas

Agar itu tidak terjadi, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih kayu jati berkualitas. Berikut beberapa diantaranya:

1. Hanya Pilih Furniture dari Kayu Jati yang Sudah Tua

Furniture Kayu Jati Berkualitas
Untuk mendapatkan yang berkualitas, pastikan kamu memilih furniture berbahan kayu jati yang sudah tua. Sebab semakin tua usia kayu jati, akan semakin kokoh pula konstruksi kayunya. Selain itu, semakin terlihat pula serat kayu yang bakal menampilkan kesan yang semakin estetik. Kayu jati tua memiliki ciri khusus. Ciri tersebut antara lain: tekstur kayu yang lebih padat dan rapat, bobot kayu yang lebih berat, kayu lebih keras, serta memiliki warna coklat kemerahan yang merata. Kalau kamu mesara kesulitan dalam mengenali kayu jati tua, sebaiknya kamu membeli kayu jati perhutani di tempat pelelangan kayu (TPK). Beda dengan kayu jati muda. Selain kayu yang terlihat rapuh, estetika yang ditampilkanpun masih kurang. Bahkan kayu cenderung berwarna pucat dan tidak tegas.

2. Perhatikan Konstruksi Furniture

Memilih Furniture Kayu
Seringkali kasus kerusakan furniture kayu jati terjadi bukan karna hama atau umur mebel yang sudah terlalu tua, namun karena terdapat kesalahan pada konstruksinya. Untuk itu sangat penting memperhatikan konstruksi furniture yang akan kamu beli. Untuk mengecek apakah kontruksi furniture yang akan kamu beli baik atau tidak cukup mudah, kamu bisa lakukan dengan mencoba memakai furniture tersebut. Pastikan terasa nyaman dan kokoh. Perhatikan pula tingkat simetrinya, apakah memiliki tingkat simetri yang baik atau tidak. Perhatikan pula bagian sambungannya. Pastikan setiap sambungan rapat, jangan ada kerenggangan. Sebab kerenggangan pada sambungan kayu akan menyebabkan furniture jati tidak akan berumur panjang.

3. Pilih Furniture yang Memiliki Bentuk Simetris

Furniture Kayu Simetris

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bentuk simetris yang dimiliki kayu bisa dijadikan sebagai tolak ukur dalam menilai kualitas furniture kayu jati. Umumnya, semakin simetris bentuk dan ukuran sebuah furniture berbahan kayu jati, maka harganya akan semakin mahal pula. Furniture yang memiliki bentuk simetris sempurna merupakan primadona. Sebab memiliki nilai keindahan yang merata pada seluruh bagian sudutnya. Oleh sebab itu, pastikan kamu membeli furniture kayu yang simetris.

READ  Manfaat Menggunakan Skylight di Rumahmu dan Material Yang Digunakan

4. Jangan Memilih Furniture Kayu yang Berlubang

Lubang Hama Kayu
Perhatikan dengan seksama berbagai sisi furniture kayu jati yang kamu incar, apakah terdapat lubang-lubang kecil di permukaannya?

Mebel kayu jati lawas seringkali memiliki lubang-lubang kecil pada permukaannya. Keberadaan lubang-lubang tersebut perlu dihindari, sebab menunjukkan bahwa mebel tersebut telah terkena serangan hama. Lubang-lubang kecil tersebut merupakan lubang yang dibuat serangga-serangga kecil sebagai rumahnya. Lubang-lubang tersebut menembus jauh kedalam kayu, dan saling terhubung satu sama lainnya. Oleh sebab itu, meskipun terlihat kokoh dari luar, furniture tersebut sudah keropos dibagian dalamnya. Furniture yang memiliki lubang-lubang semacam itu rapuh dan tidak akan bertahan lama. Perlu kamu ketahui pula, umumnya furniture kayu jati yang berlubang biasanya dibuat dari kayu jati bermumur muda. Sebab kayu jati berumur tua hampir dipastikan tidak akan dimakan hama kayu.

5. Jangan Membeli Furniture Kayu Jati yang Cacat

Memilih Kursi Kayu

Bisanya furniture kayu jati yang cacat dijual dengan harga miring. Meskipun harganya lebih murah, namun sebaiknya kamu menghindari furniture seperti ini. Sebab ketika tingkat kecacatannya sudah terlalu parah dan tidak mungkin diperbaiki lagi, furniture kayu jati tersebut gampang sekali rusak. Jadi percuma saja kamu membelinya, hanya membuang-buang uang saja.

6. Pilih Furniture Kayu Jati dengan Finishing yang Baik dan Berkualitas

Furniture Kayu Jati Berkualitas

Furniture yang berkualitas memiliki finishing yang baik dan berkualitas juga. Beberapa tips menilai kualitas finishing mebel yang baik dan berkualitas antara lain: warnanya merata sekujur permukaan furniture, finishing cukup tebal dan menutupi semua pori-pori kayu, ketika diraba permukaan furniture halus dan tidak bergelombang. Finishing yang berkualitas tidak cepat memudar dan tahan lama. Untuk memastikan, kamu bisa bertanya pada penjualnya mengenai jenis finishing yang diterapkan pada produk tersebut, dan berapa lama lapisan finishing bisa bertahan.

READ  Mengubah Tampilan Meja Ruang Tamu

Selain itu, jika kamu berencana menaruh furniture tersebut di luar ruangan sebaiknya tanyakan pula apakah finishing yang diterapkan cocok untuk luar ruangan. Sebab aplikasi finishing untuk keperluan luar ruangan (outdoor) berbeda dengan finishing untuk keperluan dalam ruangan (indoor).

7. Tanyakan Daerah Asal Kayu Tersebut

Pembuatan Kayu Jati

Cara paling mudah untuk memastikan bahwa kamu memilih funiture kayu jati berkualitas adalah dengan menanyakan asal kayu jati tersebut. Kandungan yang berbeda yang dimiliki tanah di setiap daerah, menyebabkan kualitas kayu jati yang dihasilkannya pun beragam. Saat ini kayu jati terbaik berasal dari Jawa Timur, kemudian Jawa tengah, setelah itu baru Jawa Barat. Oleh sebab itu Kayu Jati dari Jawa Timur berharga lebih tinggi. Hingga saat ini, furniture buatan produsen Jepara memiliki nilai yang jauh lebih tinggi dibanding lainnya, sebab memiliki standar kualitas Internasional.

8. Beli Furniture Jati dari Toko Terpercaya

Toko Furniture Terpercaya

Toko asal bisa dijadikan indikator kasar dalam menentukan kualitas furniture jayu jati yang kamu beli. Terutama jika kamu merasa kurang percaya diri dalam menentukan kualitas suatu furniture. Meskipun tidak menjamin, namun toko yang memiliki reputasi baik biasanya akan berusaha menjual barang yang berkualitas. Sebab untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan itu tidak mudah, butuh waktu bertahun-tahun menjaga kualitas.

9. Pilih Desain Furniture yang Sesuai

Desain Furniture Kayu

Keindahan suatu furniture sangat dipengaruhi oleh desain yang dimilikinya. Desain yang sesuai akan semakin memunculkan keindahan suatu furniture. Selain itu pikirkan pula konsep ruangan yang ingin kamu buat, lalu beli furniture kayu jati yang memiliki model yang sesuai dengan konsep tersebut, misalkan furniture bergaya modern atau klasik.

10. Pilih Furniture yang Nyaman Digunakan

Furniture Kayu Jati Nyaman
Tingkat kenyamanan penggunaan suatu produk akan menentukan tingkat kepuasanmu dalam memiliki suatu produk, termasuk furniture kayu jati. Oleh sebab itu, cobalah dan rasakan kenyamanan furniture yang akan kamu beli. Misalnya ketika kamu memilih suatu kursi berbahan kayu jati, duduklah selama beberapa menit untuk merasakan kenyamannannya. Kursi kayu jati yang nyaman terasa kokoh ketika diduduki, kontruksinya tidak bergoyang. Selain itu juga akan membuatmu merasa rileks.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat