11 Cara Menata Gudang di Rumah Agar Tetap Rapi Paling Mudah

11 Cara Menata Gudang di Rumah Agar Tetap Rapi Paling Mudah

11 Cara Menata Gudang di Rumah Agar Tetap Rapi Paling Mudah

Tips Menata Rumah – Rumah yang indah, rapi dan bersih membuat anggota keluarga betah untuk berlama – lama di rumah. Untuk mendapatkan suasana rumah yang kita inginkan sebenarnya tidak begitu sulit, hanya saja membutuhkan kerajinan dan keuletan untuk menata rumah. Salah satu cara untuk membuat rumah rapi adalah menaruh barang – barang yang sudah tdak terpakai  di dalam gudang. Akan tetapi gudang juga jangan terlihat kotor dan berantakan, gudang juga bisa dibuat rapi seperti ruangan biasa pada umumnya. berikut cara menata gudang agar terlihat selalu rapi.

1. Pemilihan Ruangan

Cara menata gudang di rumah yang pertama adalah menentukan atau memilih gudang. Sebaiknya dalam memilih ruang untuk anda jadikan gudang, pilihlah ruangan yang paling belakang, karena ruang paling belakang biasanya jarang dikunjungi atau dilihat oleh orang yang bertamu dirumah anda, jadi walaupun agak berantakan biar tidak terjangkau oleh tamu – tamu tersebut ya sobat, dan pastikan ruangan yang anda pilih sesuai dengan kapasitas barang yang akan anda simpan didalamnya tidak over. Baca juga mengenai cara menghias kamar.

2. Pemisahan Barang

Sebaiknya lakukan  pemisahan tempat antara barang yang masih dipakai dengan barang yang sama sekali sudah tidak dipakai. Dengan melakukan hal ini setidaknya anda tidak melakukan pencarian di segala tempat di dalam gudang anda, karena sudah diberikan tempat tersendiri diantara kedua jenis barang tersebut. Baca juga mengenai jenis jenis rumah tinggal.

3. Penempatan Barang

Cara menata gudang di rumah berikutnya yakni penempatan barang. Ketika anda akan menyusun barang kegudang, sebaiknya anda perhatikan ukuran dari barang tersebut. Letakkanlah barang yang menurut anda lebih besar tepat di pojok atau dekat dengan dinding gudang anda.

Selanjutnya lakukan hal tersebut secara berurutan hingga ke barang yang lebih kecil. Anda juga bisa menumpuk barang tersebut ke atas dengan cara berututan juga ya sobat hal ini dilakukan untuk memaksimalkan tempat anda, selain itu untuk memudahkan anda dalam melakukan pencarian barang. Baca juga mengenai cara menata halaman rumah agar terlihat indah.

4. Penempatan Meja atau Lemari

Apabila nantinya gudang anda akan disimpan juga dokumen – dokumen, sebaiknya anda menempatkan meja dan juga lemari di dalam gudang anda. Atau bisa juga rak dokumen. Hal ini berfungsi untuk memudahkan anda nantinya dalam mencari dokumen, selain itu agar penyusunan dokumen anda lebih rapi didalam rak atau lemari ataupun meja. Fungsi lainnya agar dokumen anda terbebas dari debu atau udara lembab jika langusng di letakkn di atas lantai. Baca juga mengenai cara membuat rumah minimalis.

5. Label Dokumen atau Barang

Cara menata gudang di rumah selanjutnya ialah memberikan label. Apabila barang-barang anda adalah barang yang ukurannya relatif kecil, anda bisa terlebih dahulu memasukkan barang tersebut kedalam kardus yang besar. Setelah itu tempelkan label di atas kardus tersebut. Hal ini berfungsi untuk mempermudah anda apabila ingin mencari barang yang anda perlukan. Selain itu biar gudang anda tidak terlihat begitu sumpek dengan banyaknya barang-barang yang kecil. Apabila disatukan akan lebih rapi tentunya.

6. Berikan Ventilasi

Gudang yang baik adalah gudang yang dilengkapi dengan ventilasi. Fungsi ventilasi ini adalah untuk tempat masuknya udara ke dalam gudang anda agar udaranya tidak pengap. Ventilasinya bisa kecil atau besar tergantung dari ukuran gudang anda. Dengan adanya ventilasi makan gudang anda tidak begitu pengap udaranya. Karena udara yang pengap dapat mempercepat kerusakan barang dan perkembangan serangga dalam gudang anda.

7. Gunakan Racun Serangga

Agar gudang anda terhindar dari serangga, sebaiknya anda menggunakan racun serangga di dalam gudang anda. Racun serangga yang dimaksud bisa menggunakan insektisida untuk serangga. Hal ini berfungsi untuk membasmi serangga yang akan berkembang di dalam gudang anda, misalnya seperti semut, kecoa, nyamuk, rayap, kutu busuk, ulet dan berbagai jenis serangga yang lainnya. Karena seperti kita ketahui biasanya serangga ini akan sangat senang tinggal di gudang. Jadi sebaiknya sebelum terjadi kita basmi aja ya sobat.

8. Intensitas Pemakain Barang

Apabila ada barang yang akan disimpan di gudang anda, tetapi anda rasa akan dipakai dalam waktu yang dekat serta akan sering dipakai, sebaiknya posisikan barang tersebut dekat dengan pintu agar mudah untuk anda jangkau ketika ingin anda gunakan.

9. Berikan Zona Pribadi

Maksudnya zona pribadi dalam hal ini adalah, anda tumpuk barang berdarkan nama angggota keluarga anda. Jadi ketikan anda membutuhkan satu barang dari gudang tersebut, anda tinggal mencari zona sesuai dengan nama yang sudah anda buat.

10. Kenali Karakter Barang

Maksudnya karakter barang dalam hal ini adalah, sesuaikan tempat yang akan anda gunakan sebagai tempat penyimpanan barang sesuai dengan jenis barang anda. Misalnya jenis barang yang rawan terkena air seperti dokumen jauhkanlah dari tempat yang memungkinkan kena air, sepatu jangan ditumpuk karena akan merusaknya. Selain itu perhatikan juga suhu ruangan tersebut.

11. Kelompokkan Sesuai Fungsi

Anda juga dapat melakukan cara ini untuk mempermudah pencarian barang di gudang anda, yaitu dengan cara mengelompokkannya sesuai dengan fungsinya. Selain lebih rapi, hal ini juga bisa anda gunakan sebagai salah satu cara untuk mempermudah pencarian barang dalam gudang anda.

 ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Comments

  1. […] satu faktor yang harus dipertimbangkan secara matang. Tak sedikit orang yang menunda pembangunan rumahnya karena harga bahan bangunan yang tak ramah kantong. Nah, agar kebutuhan dana untuk bahan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat