Tips

7 Cara Menangani Karyawan Bermasalah di Kantor

Ragil Sevi

7 Cara Menangani Karyawan Bermasalah di Kantor - aik.co.id

Bagi seorang pemimpin, sangat penting untuk mengetahui cara menangani karyawan bermasalah yang ada di kantornya. Jika tidak segera ditangani, bisa berakibat buruk terhadap kelangsungan perusahaan. Jangan sampai sifat-sifat seperti kurang produktif dan tidak disiplin dibiarkan berlama-lama. Namun, dalam penanganan ini harus tetap menjaga kewibawaan agar tetap dihormati sebagai seorang pemimpin.

1. Tetap Berusaha Tenang

Langkah pertama dan paling utama yaitu harus tetap menjaga ketenangan. Ketika karyawan yang bermasalah itu menimbulkan pergolakan di kantor, jangan sampai terprovokasi. Penting sekali bagi seorang pemimpin memiliki cara berpikir yang rasional. Setiap ada masalah, usahakan tidak terpancing emosi. Hindari terlibat debat dengan pihak-pihak lain. Karena bisa semakin memperburuk keadaan.

2. Temukan Penyebab dari Masalah

Cara berikutnya ketika ada salah satu karyawan yang bermasalah di dalam perusahaan yaitu coba ajaklah berbicara secara empat mata. Diskusikan setiap hal yang mengganggu hingga mengakibatkan masalah itu timbul. Dalam melakukan proses ini, seorang pemimpin harus bisa menghadirkan kesan nyaman dan mengayomi. Ini bertujuan agar karyawan tersebut dapat leluasa bercerita.

Usahakan pembicaraan ini dilakukan hingga selesai dan tuntas. Sehingga semua yang mengganjal di hati karyawan bisa dikeluarkan. Apakah masalah itu disebabkan oleh persoalan pribadi atau ada sesuatu yang salah di tubuh perusahaan. Karena ada beberapa permasalahan yang akan mengganggu kinerja dari karyawan. Seperti kurang memiliki kemampuan atau etos kerja buruk.

3. Pahamilah Lingkup Masalah

Selanjutnya, untuk mulai melakukan penanganan, coba pahami dulu seberapa besar lingkup dari masalah tersebut. Apakah hanya berdampak terhadap sisi pribadi karyawan atau malah meluas. Karena jika sampai berdampak terhadap kinerja karyawan lain, tentu ini bukanlah hal yang menguntungkan bagi perusahaan. Lalu, pahami juga efek jangka panjang dari permasalahan itu.

4. Berikan Sedikit Teguran

Dalam cara yang berikutnya ini, peran seorang pemimpin sangat dibutuhkan. Ketika ada karyawannya yang bermasalah, maka harus berani memberikan sedikit terguran. Jadi, tidak cukup kalau hanya mendengarkannya bercerita saja. Sikap tegas dan wibawa yang perlu untuk dijaga. Sehingga karyawan tersebut bisa merenung dan mengevaluasi kesalahan yang pernah dibuatnya sendiri.

5. Bantu Untuk Mengatasi Permasalahan

Cara menangani karyawan bermasalah yang berikutnya yaitu memberikan solusi berikut bantuan. Carilah jalan keluar bersama dari masalah tersebut. Solusi ini harus dipikirkan benar. Karena bukan hanya menguntungkan untuk pribadi karyawan, tapi juga bagi perusahaan. Sehingga nantinya diharapkan dapat termotivasi dan lebih berkomitmen. Yakinkan juga bahwa semua permasalahan akan segera teratasi.

6. Beri Waktu

Ketika sudah ditemukan solusi, maka selanjutnya yaitu berikan waktu kepada karyawan tersebut. Dalam hal ini seorang pemimpin cukup melakukan pemantauan. Amatilah apakah karyawan yang bermasalah itu benar-benar ingin berubah. Selain itu, terus follow up dan beri dorongan agar bisa segera memperbaiki diri. Jangan lupa untuk selalu menjalin komunikasi setiap saat.

7. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Yang terakhir ini sangat penting untuk diperhatikan. Ketika karyawan tersebut tidak segera menunjukkan perubahan, maka jangan sampai menyalahkan diri sendiri. Karena hal ini malah membuat lelah dan membuang waktu. Sebaiknya evaluasi juga kinerja selama menjadi seorang pemimpin. Jika memang tidak memuaskan, maka segera perbaiki dengan melakukan riset atau membaca panduan.

Itulah cara menangani karyawan bermasalah yang bisa dilakukan oleh seorang pemimpin. Sebaiknya, segera atasi dan temukan solusi. Karena jika dibiarkan berlama-lama, maka akan mengganggu kelangsungan perusahaan. Selain itu, ciptakan suasana kerja yang nyaman agar semua karyawan bisa lebih meningkatkan kinerjanya.

Baca Juga

Tinggalkan komentar