8 Cara Mengatasi Jendela Kayu Memuai Saat Musim Hujan

8 Cara Mengatasi Jendela Kayu Memuai  Saat Musim Hujan

8 Cara Mengatasi Jendela Kayu Memuai Saat Musim Hujan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Apakah anda pernah mengalami secara tiba-tiba pintu rumah yang terbuat dari material kayu, tidak bisa tertutup rapat?. Hal itu bisa saja terjadi karena perubahan cuaca. Intensitas hujan yang terus menerus akan membuat udara menjadi lembab, sehingga volume kayu pada bagian pintu rumah dan jendela, mejadi mengembang lebih besar daripada ukuran yang sebenarnya. Berikut ini 8 cara mengatasi jendela kayu memuai saat musim hujan.

 

 

Cara Mengatasi Pintu Kayu yang Memuai 

Setelah mengetahui penyebab kayu memuai atau menyusut, saatnya untuk mengatasi pintu kayu memuai. Ada sejumlah langkah untuk menangani pintu kayu mengembang, tidak hanya sekedar mencari kayu yang tidak mudah memuai.

1.   Menyerut Jendela 

Hal pertama yang dilakukan untuk mengatasi jendela kayu memuai adalah menyerutnya pada beberapa bagian. Tukang bangunan bisa melakukannya dengan cepat untuk mengatasi masalah ini, biasanya pintu bisa dipasang lagi.

2.    Memilih Kayu yang Tepat 

Untuk mengantisipasi jendela kayu memuai, kamu memang harus memilih material kayu yang tepat seperti kayu jati, meranti, cendana, merbau, ulin, atau mahoni.

3.   Menjemur Jendela Rumah 

Produsen jendela biasanya sudah menjemur kayu, namun ketika hal ini terjadi ketika sudah dipasang, maka kamu bisa menjemurnya sendiri. Kamu bisa mencopot jendela rumah dan menjemurnya selama beberapa hari, lakukan saat musim panas.

4.   Memastikan Jendela Rumah Telah Kering 

Tentunya tidak mudah untuk memastikan jendela kayu telah kering dan berharap tidak lagi memuai. Kalau kamu membeli dari produsen, tanya saja kayu dikeringkan melalui proses dijemur di bawah matahari atau oven.

READ  Kitchen Set Cat Melamin atau Melanik Untuk Dapur

kayu memuai

5.   Mengecat Jendela Rumah 

Pastikan kamu mengecat jendela rumah dengan cat berbahan dasar minyak agar air tidak masuk ke dalam kayu. Hal ini bisa mencegah kayu memuai dan juga menyusut setiap saat karena ada lapisan cat pada permukaan kayu.

6.   Melapisi Jendela Rumah dengan Veneer 

Langkah lainnya yang bisa dilakukan untuk mencegah jendela kayu memuai adalah melapisinya dengan veneer. Pintu tidak hanya terlihat lebih bagus, namun juga air tidak bisa masuk ke dalam kayu sehingga mencegah proses pemuaian dan penyusutan.

7.   Memasang Jendela dengan Benar 

Ketika memasang jendela, pastikan ada jarak yang pas antara engsel dan juga kunci, ukur dengan pas. Pastinya, harus ada ruang yang cukup untuk membuka dan menutup jendela sehingga kamu tidak mengalami kesulitan.

8.   Memasang Jendela yang Baru 

Kalau masalah jendela kayu memuai memang sulit diatasi karena kamu membeli material yang buruk, mungkin kamu bisa membeli jendela yang baru. Jika sudah mengetahui masalahnya, kamu bisa mencari kayu yang tidak mudah memuai agar terhindar dari masalah yang sama. Nah, kamu sudah mengetahui cara mengatasi jendela kayu memuai, tidak perlu khawatir dengan masalah ini.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat