10 Tanaman Yang Bagus Untuk di Tanam di Rumah

10 Tanaman Yang Bagus Untuk di Tanam di Rumah

10 Tanaman Yang Bagus Untuk di Tanam di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorMengisi rumah dengan perabotan pastinya sudah jadi hal yang biasa. Namun, membuat rumah lebih cantik dengan tanaman hias pastinya akan jadi pemandangan yang mengagumkan. Betul, tanaman butuh cahaya matahari, tapi ada juga tanaman hias indoor yang bisa membawa kesegaran di dalam rumah, loh.

Kamu tidak perlu takut tanaman hias indoor ini mati karena ditaruh di dalam rumah. Tanaman yang bisa ditaruh ke dalam ruangan lebih sedikit butuh cahaya matahari. Kamu cukup memberikan sirkulasi udara yang baik sambil sesekali diberi air.

Pilihan Tanaman Hias Indoor Terbaik yang Mudah Dirawat di Dalam Rumah

Buat kamu yang kepikiran untuk menaruh tanaman di beberapa sudut rumah, silakan pilih beberapa tanaman di bawah ini!

1. Lidah Buaya

Sebagai informasi, lidah buaya termasuk tanaman sekulen yang menyimpan air di dalam batang. Tanaman lidah buaya sebenarnya sangat menyukai cahaya matahari untuk tumbuh sehat. Sebaiknya, kamu menaruh tanaman ini dekat dengan jendela.

Lidah buaya jadi salah satu tanaman yang mudah dirawat karena tidak butuh banyak air. Selain bentuknya yang unik, getah dari tanaman hias ini bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut dan mengobati luka bakar ringan.

2. Daun Asparagus (Asparagus Fern)

Bentuk daunnya kecil, tapi batangnya memanjang dan memberikan aksen yang cantik. Daun asparagus cocok ditaruh di sudut ruangan untuk mengisi ruang kosong di antara perabotan rumah kamu. Tenang, asparagus tidak terlalu butuh cahaya matahari yang banyak, kok.

Meskipun namanya Asparagus, tanaman hias indoor ini masih termasuk keluarga lily (Liliaceae). Pertumbuhan tanaman ini termasuk yang sangat cepat. Salah satu fungsi dari tanaman ini adalah mengganti udara kotor di dalam rumah.

Baca juga:

3. Tillandsia

Jangan khawatir kalau rumah kamu ternyata mungil. Tanaman hias tillandsia bisa jadi pilihan untuk dirawat di dalam rumah. Enaknya, kamu tidak perlu media tanah untuk mengembangbiakan tanaman jenis ini. Kamu bisa menggunakan teknik terrarium atau menanam di dalam botol atau toples.

Tanaman hias yang satu ini punya daun hijau memanjang dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Tillandsia masih butuh cahaya matahari dan sirkulasi udara yang baik. Kamu sebaiknya menaruhnya di ruangan rumah yang juga punya udara yang bagus, ya.

4. Lidah Mertua

Biarpun namanya sedikit unik, lidah mertua merupakan tanaman hias yang paling sering dipakai di dalam rumah. Bentuknya berupa dauh pipih yang memanjang ke atas. Warnanya hijau agak kekuningan dan memang digunakan untuk memberikan warna berbeda di sudut ruangan.

Lidah mertua bisa tumbuh dalam berbagai kondisi. Namun, lebih baik jika diletakkan di tempat teduh yang tidak langsung terkena sinar matahari. Tanaman ini pun tidak butuh air yang terlalu banyak. Cukup siram secukupnya saja, kok.

5. Lavender

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bunga lavender. Aroma yang sedap dari bunga lavender akan buat ruangan jadi segar alami. Terlebih lagi, aroma khas bunga lavender malah dibenci oleh nyamuk. Jadi, kamu bisa hidup lebih nyaman tanpa nyamuk di rumah.

Bunga lavender juga punya warna ungu yang unik. Dijamin warnanya akan buat dekorasi rumah kamu lebih cantik. Selain itu, lavender juga mudah dirawat cukup dengan tanah dan pot kecil.

6. Peace Lily

Tanaman yang satu ini juga cocok untuk ditaruh di dalam rumah bagian ruang mana pun. Asalkan ada lampu neon sebagai penerangannya, tanaman peace lily bisa tumbuh dengan subur, kok.

Tanaman ini juga dipilih sebagai tanaman hias karena warna daun hijau pekat dan bunga warna putih. Perpaduan warna cantik ini bisa jadi hiasan meja ruang tengah. Selain itu, peace lily juga bisa membantu membersihkan udara kotor di dalam ruangan, loh.

7. Anthurium

Bunga yang satu ini juga sering jadi pilihan tanaman hias indoor, loh. Bentuk daun dan bunga yang unik dan cantik mampu mengubah suasana rumah jadi tampak lebih segar. Beberapa desainer tata ruang juga sering menyarankan meletakkan bunga ini di salah satu meja.

Tanaman anthurium biasa diletakkan di atas vas kaca besar yang berisi air. Keluarkan bunga ini sesekali untuk mendapatkan cahaya matahari dan udara yang cukup, ya.

 

8. Chinese Money

Tanaman ini juga terkenal orang-orang yang tinggal di rumah atau apartemen yang mungil. Tanaman chinese money punya bentuk daun seperti koin. Kamu bisa menggunakan pot kecil untuk menanamnya. Letakkan di jendela supaya bisa selalu terkena cahaya matahari.

Pengembangbiakannya pun cukup mudah. Kamu tinggal menggunakan teknik stek dengan memotong batangnya dan menanamnya di tanah.

9. Cocor Bebek

Pilih tanaman cocor bebek yang memiliki bunga untuk ditaruh di dalam rumah. Bunga berwarna merah cerah tanaman ini memang cocok jadi penghias rumah. Taruh di ruangan yang mendapatkan sinar matahari cukup untuk membuatnya bisa berfotosintesis.

Selain jadi tanaman hias, daun cocor bebek juga punya banyak manfaat, loh. Daun cocor bebek bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, meredakan sakit kepala, menghilangkan sakit gigi, serta penghilang jerawat.

10. Spider Plant

Rekomendasi tanaman hias lainnya adalah spider plant. Alih-alih meletakkannya di atas meja, tanaman ini lebih cocok digantung dan jadi hiasan yang sangat berbeda. Namun, kamu sebaiknya jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, ya.

Spider plant punya bentuk seperti kaki laba-laba. Daunnya tipis memanjang dan biasanya keluar dari potnya. Warna daunnya hijau muda keputih-putihan. Sebaiknya menanam spider plant lebih dari satu pot, ya, untuk memberikan kesan lebih hijau dan menarik di dalam rumah.

Yuk, ciptakan rumah lebih hijau lagi dengan tanaman-tanaman di atas. Kira-kira tanaman mana yang akan jadi pilihan hias indoor mana yang akan ditaruh di dalam rumah kamu?

 

Lalu, apa saja tanaman hias yang terbukti bisa mempercantik pesona di dalam rumah? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat