5 Gagasan untuk Kantor Ramah Lingkungan

5 Gagasan untuk Kantor Ramah Lingkungan

Indonesia Belum Miliki Gedung Ramah Lingkungan - Tribun PontianakArsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Kehadiran gedung ramah lingkungan di Indonesia adalah upaya untuk mengatasi permasalahan global dari ancaman kerusakan zaman. Gedung yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan tidak hanya memberikan kesan nyaman untuk dihuni, melainkan sebagai solusi untuk menciptakan kehidupan yang sehat untuk masa yang akan datang. Gedung ramah lingkungan memiliki keunggulan yang luar biasa, terlihat dari arsitektur yang begitu mempesona. Selain kandungan material bangunan menggunakan bahan daur ulang dari sisa pemanfaatan sumber daya alam. Nilai ekologis lain dari konsep ini memberikan manfaat seperti hemat akan energi, tata ruang, daur ulang air tanah, kualitas sirkulasi udara bahkan melestarikan alam. Gedung ini juga di kenal dengan sebutan green building. Berikut ini 5 gagasan untuk kantor ramah lingkungan.

“Hijaukan” Suasana

Buatlah kantor Anda “sehijau” mungkin. Caranya, dengan menanam pohon, di luar maupun di dalam. Dengan menanam tanaman di dalam ruangan, Anda akan membantu pengurangan polusi dalam ruangan. Sedangkan, untuk penanaman pohon di luar kantor bisa menjadi sarana untuk pengomposan sampah, daur ulang, dan mengatasi polusi udara.

Perlengkapan Organik

Belilah alat-alat atau perlengkapan kantor yang bisa didaur ulang, bukan hanya barang-barang yang produsennya memiliki program green living. Juga, buatlah budaya membeli senyawa organik yang mudah menguap ketimbang memilih untuk produk pembersih yang berbahaya. Furnitur Anda, karpet, cat harus terdiri dari bahan organik.

Hemat Listrik

Bekerjalah dengan penggunaan energi listrik yang lebih sedikit. Komputer di perkantoran, cenderung menjadi perangkat sentral yang diaktifkan dalam waktu yang lama, jika tidak bisa dikatakan terus-menerus. Setting komputer Anda ke dalam mode hemat energi. Dan, cobalah teknik-teknik lain untuk menghemat energi. Misalkan, mengganti komputer yang menggunakan power supply besar dengan laptop yang relatif kecil.

 Manajemen Kertas

Minimalkan penggunaan kertas. Manajemen penggunaaan kertas perlu dibuat. Contohnya, dengan membeli kertas daur ulang untuk pencetakkan proposal. Untuk print test, gunakan kertas yang sudah tidak terpakai. Jangan langsung membuang kertas-kertas yang double side, yang salah satunya masih kosong. Dengan demikian, halaman itu bisa digunakan untuk cetak uji coba. Jika sudah fix, barulah cetak menggunakan kertas daur ulang.

Rapat Online

Kegiatan meeting dapat meningkatkan volume pemakaian kendaraan di jalan-jalan umum. Jika memungkinkan, gunakan media komunikasi seperti konferensi online, chat, atau format lainnya. Cukup menyulitkan, memang. Namun, bila Anda berkomitmen untuk menolong planet ini dari kerusakan yang lebih besar, “menghijaukan” kantor Anda akan menjadi kegiatan yang penting. Pasti bisa diwujudkan. Selagi ada kemauan, pasti ada jalan, bukan?

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat