Cara Memaksimalkan Ruangan

Cara Memaksimalkan Ruangan

Cara Memaksimalkan Ruangan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorTanpa Anda sadari, rumah Anda masih memiliki ruang-ruang ‘tak disadari’ yang sebenarnya bisa Anda maksimalkan sebagai space penyimpanan loh! Anda tidak perlu meng-extend rumah Anda hanya untuk mendapatkan ruang lebih untuk meletakkan barang-barang Anda.  Ingin tahu? di artikel ini punya solusinya untuk Anda!Yuk simak poin-poin berikut!

Manfaatkan Dinding Ruangan

dinding rak penuh tambah ruang rumah
Planete Deco

Tak hanya untuk memajang lukisan atau foto Anda dan keluarga, Anda juga bisa mengubah dinding di rumah Anda menjadi tempat penyimpanan barang-barang! Anda bisa membuat shelf di sebagian atau di seluruh dinding ruangan Anda. Wall shelf ini juga bisa jadi wallpaper unik loh untuk rumah Anda! Yuk coba intip di rumah, dinding mana ya yang bisa dijadikan shelf?

Tambahkan Room Joinery

closet office menambah ruang di rumah
Home Made by Carmona

Jika Anda kehabisan space di rumah, gunakan joinery di ruangan Anda untuk menciptakan space baru dengan kesan neat. Seperti di contoh, Anda bisa membuat ruangan tersembunyi di balik pintu untuk meletakkan barang-barang Anda. Jika tidak digunakan, simply tutup pintunya dan rumah Anda akan tetap terlihat rapi!

Salah satu contohnya adalah cloffice yang merupakan singkatan dari closet office. Konsep ini menarik karena memungkinkan Anda memiliki ruang kerja meski di rumah yang sempit.

Berbeda dengan home office yang perlu ruangan khusus, cloffice ini ada dalam lemari. Hasilnya, tak akan banyak space yang terpakai!

Buat Storage di Bawah Tangga

rak bawah tangga storage under stairs
Net Luxury

Salah satu tips yang paling sering digunakan adalah memaksimalkan fungsi ruang di bawah tangga untuk dijadikan storage. Anda bisa membuat tempat penyimpanan terbuka atau tempat penyimpanan tertutup dengan model lemari.

Ide lainnya, Anda juga bisa membuat kamar mandi tamu atau membuat ruang belajar mini dibawah tangga! Menarik bukan?

baca juga artikel berkaitan 

Inspirasi Home Teater family

Moderenisasi Pada Gaya Arsitektur

5 Amchair Cantik

Mencoba Konsep Mezzanine

mezzanine tambah ruang rumah
Self Build

Mezzanine adalah konsep dengan balkon terbuka di dalam rumah yang letaknya lebih tinggi dari lantai dan dihubungkan dengan tangga. Tips ini sangat sesuai jika Anda ingin menambah ruangan di rumah Anda tanpa membongkar rumah.

Anda bisa membuat kamar tambahan, ruang keluarga dan ruangan lainnya. Selain fungsional, desainnya terlihat sangat estetis juga, ya?

Gunakan Space di Ruang Transisi

tangga jendela
Uniques Home Design

Tanpa Anda sadari, Anda juga bisa membuat space baru untuk storage di ruang-ruang transisi seperti di pembatas ruangan dan juga space transisi di tangga.

Daripada sekedar dilewati, mengapa tidak dijadikan space baru saja? Anda bisa membuat storage atau membuat tempat bersantai kecil yang nyaman bagi Anda dan keluarga.

Manfaatkan Setiap Meter Persegi dari Ruangan

dapur
One Kings Lane

Tips selanjutnya adalah gunakan setiap meter persegi ruangan Anda dengan maksimal. Contohnya, memperbanyak ruang penyimpanan di dapur.

Anda bisa menggunakan kabinet setinggi dinding ruangan Anda dan membuat dapur dengan desain huruf U, sehingga seluruh ruang yang ada bisa Anda manfaatkan. Supaya tidak terlihat terlalu ramai, gunakan warna-warna netral dan perabot dengan motif plain ya!

Gunakan Furnitur dengan Built-In Storage

Kids Room, Shelves, Bookcase, Playroom Room Type, Bench, Toddler Age, Storage, Dark Hardwood Floor, Neutral Gender, Bedroom Room Type, and Rug Floor Child's bedroom with custom cabinetry and reading nook Photo 3 of 19 in 19 Cozy Nooks That Radiate Charm and Comfort
Sonya Lee Architect llc on Dwell

Biasanya, ruangan terasa penuh dan kekurangan space karena banyaknya furnitur dan perabot rumah bukan? Nah, ini dia tips menarik selanjutnya.

Daripada membuat rak barang terpisah, Anda bisa menggunakan furnitur yang didesain dengan storage sebagai bagian dari furnitur tersebut! Selain membuat rumah Anda terlihat modern, furnitur seperti ini juga membuat rumah Anda menjadi lebih rapi!

Buat Horizontal atau Vertical Shelf

rak vertikal horizontal tambah ruang rumah
Refinery 29

Ruang-ruang kecil di rumah Anda juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi storage barang-barang Anda. Sesuaikan bentuk shelf dengan ruang yang tersedia di rumah Anda.

Anda bisa membuat horizontal shelf ataupun vertical shelf di sisa dinding, seperti di atas pintu ruangan. Tips ini tentunya sangat mudah dilakukan dan tidak memakan banyak biaya!

Bagaimana? Apakah Anda masih berpikir untuk meng-extend rumah Anda? Tak perlu ribet, Anda bisa mendapatkan lebih banyak space di rumah dengan tips-tips di atas. Anda bisa mendapatkan lebih banyak space untuk penyimpanan barang-barang Anda, bahkan membuat ruangan baru! Kuncinya: look for ‘unnoticed’ space first!

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat