Desain Unik Apartemen Ala Korea

Desain Unik Apartemen Ala Korea

Desain Unik Apartemen Ala Korea

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorAnda penggemar KDrama? Cerita di dalam drama Korea kerap menggambarkan kehidupan asli dari masyarakat Korea. Selain cerita serta aktris dan aktornya, desain rumah atau apartemen yang ada di drama Korea sering mencuri perhatian para penontonnya. Tak jarang, dekorasi yang muncul di KDrama pun menjadi tren yang digandrungi oleh banyak orang.

Selain itu, lebih banyak orang Korea yang tinggal di apartemen sehingga banyak penontonnya yang jadi ikut menyontek ide dan desain huniannya dari Negeri Ginseng. Gaya desain Korea cukup unik karena masih banyak memadukan gaya tradisional dengan elemen natural di dalam hunian, namun tetap terkesan mewah. Mau melihat inspirasi dan cirinya? Simak di bawah ya.

1. Banyak Menggunakan Material Kayu

Banyak menggunakan material kayu ide desain apartemen korea

Sumber: roohome

Skema interior dari desain Korea lebih banyak menggunakan material kayu. Biasanya, kayu yang diguanakan berwarna terang dan berserat lurus. Warna terang akan memberikan kesan yang terang dan luas pada ruangan, sekaligus juga tetap bisa menciptakan rasa hangat dan selaras dengan warna serta motif lainnya pada apartemen. Material kayu ini menjadi favorit karena kemampuannya untuk memasukkan atmosfir alami ke dalam hunian.

2. Didominasi Warna-Warna Natural

Penggunaan warna-warna natural ide desain apartemen korea

Sumber: roohome

Untuk melengkapi unsur kayu pada hunian, warna-warna yang digunakan adalah warna yang kalem, netral, dan cenderung monokromatik. Biasanya, putih adalah warna yang mendominasi hampir keseluruhan hunian. Selain putih, Anda juga bisa menambahkan beberapa aksen warna lain yang sedikit lebih cerah seperti abu-abu muda, cokelat muda, krem, biru, dan sebagainya. Salah satu contoh kamar dari drama Korea yang paling terkenal dan menggunakan warna monokromatik adalah kamar milik Do Min Joon pada drama My Love From Another Star. Desain kamar didominasi oleh warna abu-abu gelap dan hitam yang terlihat berkelas dengan pencahayaan temaran.

BACA JUGA:  7 Ciri Desain Mid-Century Modern pada Rumah

3. Tanpa Ranjang

Tanpa ranjang

Sumber: roohome

Salah satu ciri khas yang paling terlihat dari kamar di drama Korea adalah kebiasaan orang Korea tidur di lantai tanpa ranjang. Biasanya, para penghuninya menyingkirkan ranjang dan hanya menggunakan papan tipis serta kasur sebagai gantinya. Hal ini pun berfungsi untuk meminimalisir penggunaan furniture besar yang akan memakan banyak tempat pada kamar. Cara ini juga membuat suasana ruangan lebih luas dan cozy.

4. Terdapat Dudukan pada Lantai

Dudukan pada lantai

Sumber: roohome

Gaya apartemen Korea lebih sering menggunakan furniture datar dan rendah. Semua penempatan benda dibuat senyaman mungkin. Hal inilah yang menyebabkan lebih banyak furniture yang diletakkan langsung di atas lantai. Selain menempatkan kasur langsung di atas lantai tanpa ranjang, Anda juga bisa menambahkan dudukan pada lantai atau area tidur. Gunakan bantalan sebagai dasar untuk area duduk, pilih meja rendah dengan bantal model tradisional. Selain di ruang tamu atau kamar tidur, orang Korea juga biasa makan di lantai dengan menggunakan meja pendek. Untuk itu, lengkapi ruangan dengan material lantai yang nyaman serta karpet. Kebiasaan ini memang banyak dijumpai di negara-negara Asia.

5. Menerapkan Desain Mezzanine

Mezzanine ide desain apartemen korea

Sumber: roohome

Pada drama Korea, Anda pasti akan sering menemukan tokoh yang tinggal di dalam apartemen studio. Nah, salah satu desain cerdas untuk memanfaatkan ruang apartemen studio ini adalah dengan membuat mezzanine. Desain kamar dengan mezzanine ini bisa membuat area tidur lebih terjaga privasinya karena tidak akan langsung terlihat oleh teman yang berkunjung. Di Korea, desain kamar apartemen dengan mezzanine biasa disebut dengan apartemen atau rumah lantai ganda (Bok Cheung).

BACA JUGA:  8 Tips Memilih Kitchen Set untuk Apartemen

6. Memanfaatkan Cahaya Alami

Cahaya alami

Sumber: roohome

Salah satu hal utama yang ditekankan pada desain Korea adalah menciptakan ruang yang harmonis melalui pencahayaan alami. Cahaya alami menjadi sarana paling efektif untuk menerangi interior secara langsung tanpa pencahayaan tambahan. Bentuk pencahayaan alami ini lebih ramah bagi mata dan membuat ruangan lebih segar dan sehat. Hal ini terlihat pada berbagai gaya rumah di drama serta film Korea. Sebut saja film Korea yang paling terkenal saat ini yaitu Parasite. Rumah di film Parasite memiliki jendela kaca besar dengan pemandangan taman yang indah.

Mayoritas ide desain apartemen Korea lebih banyak menggunakan gaya minimalis yang minim dekorasi. Tak hanya untuk menghemat ruang, gaya minimalis juga membuat ruangan terkesan lebih cerah dan sederhana. Tertarik untuk mengaplikasikan ide dekorasi ala KDrama pada apartemen Anda?

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat