Inspirasi Rumah Kaca

Inspirasi Rumah Kaca

Inspirasi Rumah Kaca

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorJika kita bertanya mengapa banyak orang menyukai rumah yang dekat dengan alam, kebanyakan akan menjawab karena rumah seperti itu membawanya pada lingkungan yang tropis dan menyejukkan. Ada juga yang menjawab karena jenuh dengan kehidupan perkotaan yang terlalu banyak polusi udara. Nah, salah satu jenis desain rumah yang dipilih adalah rumah kaca.

Selain keren dan nyaman, rumah kaca juga akan membantu para penghuninya menikmati suasana alam yang lebih maksimal. Dibangun di pinggir pantai-pantai indah dunia, kelima rumah kaca ini hadir mengedepankan tatanan interior yang elegan dan modern. Lokasi menjadi penting demi menciptakan kesan private dan eksklusif bagi penghuninya karena  keseluruhan bangunan  terlingkupi kaca transparan.

Tiap-tiap rumah kaca ini memiliki karakter arsitektur berbeda. Kelimanya dirancang menyesuaikan iklim tropis dan suasana pantai di sekitarnya. Seperti apa  istimewanya arsitektur kelima rumah kaca ini? Yuk, langsung saja nikmati pengalaman ruang yang berbeda ini!

1. The Razor di La Jolla, California

Fasad rumah kaca The Razor

idealista.it

Sebuah rumah kaca mewah yang terletak di La Jolla, California ini berada di tepi pantai San Diego. Rumah kaca ini kerap digunakan untuk proses syuting iklan televisi. Rumah kaca ini juga didesain dengan konsep arsitektur yang mengutamakan kemewahan modern dan konsep elegan yang alami. Didesain oleh Wallace E. Cunningham, ia ingin para penghuninya dapat menangkap pemandangan luas dari panorama pantai yang ada di depannya.

Teras rumah kaca The Razorpinterest.com

Berdiri di atas lahan seluas 11.000 m² dengan 4 kamar tidur dan 6 kamar mandi, beberapa ruang perapian serta sebuah ruang tamu dan kolam renang, rumah kaca ini dibangun menggunakan beton ringan yang dipoles. Baja fungsional dan dinding kaca dari lantai ke langit-langit rumah yang dipakai menangkap esensi pemandangan alam di sekitarnya.

Rumah kaca ini juga sangat futuristik karena dilengkapi dengan sistem otomasi canggih yang dikendalikan melalui iPad dan juga memungkinkan pengunjungnya dapat segera mengubah sistem musik dan video serta dapat mengontrol cahaya dan kaca jendela yang sesuai dengan keinginan si penghuni.

2. La Boyita Holiday di Uruguay

Kolam renang rumah kaca La Boyita Holidaybestdesignideas.com

Rumah kaca ini dijamin membuatmu ingin mengunjunginya. Rumah kaca dengan nama La Boyita Holiday ini dirancang oleh studio Martin Gomes Arquitectos, yang terletak di Punta del Este, Uruguay. Rumah kaca kontemporer di tepi pantai ini dibuat dengan menggunakan beton, besi, kaca, dan kayu.

Terdiri dari 5 blok bangunan yang dibagi-bagi fungsi ruangannya, bangunan utama yang terdiri dari ruang keluarga, ruang makan, dan dapur langsung berhadapan ke pemandangan terbaik yaitu menghadap kolam renang dan pantai.

Ruang keluarga bernuansa kayu rumah kaca La Boyita Holiday

homedsgn.com

Selain itu, ruang bangunan utama ini terlindungi dari angin dan terletak di tengah bangunan lainnya. Blok lain dari rumah kaca ini terdiri dari area service dan area kamar tamu. Selain itu, ruangan-ruangan di bangunan lain terdiri dari ruang tamu yang terletak di teras dengan pemandangan langsung ke seluruh rumah.

3. The Lemperle Residence di La Jolla, California

Ruang utama ruman kaca The Lemperle Residence

adsttc.com

Masih berada di La Jolla, California, kali ini terdapat sebuah rumah kaca di tepi pantai yang dirancang oleh Jonathan Segal FAIA. Rumah kaca ini mengusung sambungan luar ruangan melalui penggunaan area kaca dan dek yang luas. Setiap ruangan-ruangan yang berada di atas didesain untuk secara terbuka menghadap ke pemandangan lautan melalui penggunaan bidang vertikal dan horizontal yang menentukan tepi visual laut yang berada di hadapannya.

Pemandangan laut dari rumah kaca The Lemperle Residence

abduzeedo.com

Ruangan rumah didesain untuk menciptakan suasana privasi bagi penghuninya. Bangunan ini sepenuhnya menggunakan beton, baja, dan kaca. Terdapat juga ruang dasar yang memaksimalkan area lantai yang terbuka dan juga lounge sembari bersantai dengan kenyamanan rumah kaca untuk menikmati pantai. Yang istimewa, rumah kaca ini hampir sepenuhnya menggunakan tenaga panel surya.

Selain itu, sistem ventilasi di rumah kaca ini dengan cerdas didesain sedemikian rupa sehingga jika suhu atau iklim di sekitarnya membuat udara sedikit memanas, sirkulasi udara dari ventilasi membuatnya dingin.

Kemudian jika membutuhkan kehangatan dalam hunian, rumah kaca ini didesain melalui efisiensi tinggi dari pemanasan suhu tanah di bawah lantai yang menjadikan rumah kaca ini hangat.

4. De Wet 34 di Bantru Bay, Cape Town, Afrika Selatan

Halaman rumah kaca De Wet 34

adsttc.com

Rumah kaca yang super keren dan mewah ini dirancang oleh SAOTA (Stefan Antoni Olmesdahl Truen Architects). Si perancang memiliki tujuan untuk menciptakan sebuah rumah kaca yang dapat memaksimalkan panorama pantai sebagai fitur utama dan juga sebagai tempat pelarian dari keramaian dan hiruk pikuk aktivitas sehari-hari.

Rumah kaca ini menampilkan dinding beton dan siluet indah yang melambangkan keindahan desain rumah modern. Terdiri dari empat lantai, ruang tamu yang terbuka memiliki pemandangan yang luar biasa. Rancangannya minimalis dipadu dengan kayu-kayu sebagai salah satu bahan bangunannya, berbagai karya seni patung, dan tekstur bebatuan, memberikan keunikan tersendiri untuk rumah kaca ini.

Teras rumah kaca De Wet 34

raredelights.com

Terdapat pula taman di sekitar ruang tamu dan ruang makan yang berdinding kaca. Telah disediakan halaman pribadi yang terletak di antara ruang tamu, ruang makan, dapur, dan ruang keluarga. Hangat dan modern, ruang tamu dirancang dengan konsep terbuka dan langit-langit berbahan kayu.

Yang menarik, di sisi lain, terdapat area yang paling menyenangkan yaitu sebuah kolam renang yang menghadap ke laut lepas. Lantainya juga menggunakan desain persegi dengan ukuran yang cukup besar, memberikan kesan luas dan megah. Pintu kaca dari lantai hingga langit-langit di beberapa titik di rumah kaca ini menjulang tinggi dengan cantik dan elegan. Apa lagi yang kurang dari rumah kaca ini?

BACA ARTIKEL INI

cara membuat rumah sehat

mau tahu cara memilih cat untuk kayu agar awet?

Inspirasi Ruko Minimalis

5. Rumah Kaca di Atas Tebing di Victoria, Australia

Pemandangan laut dari jendela rumah kaca

pinterest.com

Hassel Studio Architects merancang sebuah rumah kaca yang dipadu kayu di tepi pantai di Victoria, Australia. Studio ini mengintegrasikan bangunan dengan skala cukup besar terhadap lingkungan pantai sebagai panoramanya. Rumah kaca ini memiliki kantilever yang menjorok ke arah laut seperti objek yang mengambang.

Sebagian besar rumah kaca ini berada jampir dua meter di bawah permukaan tanah, tapi sebagian lainnya berada di atas tanah sejajar dengan pantai dan laut.

Rumah kaca di atas tebing

adsttc.com

Rumah kaca ini dibagi menjadi tiga area utama: setiap pemilik rumah pasti ingin memanjakan keluarga dan para kerabat. Rumah kaca ini diciptakan dengan perencanaan spasial yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena terdapat ruangan yang dilengkapi sofa dan perapian yang menghadap langsung ke lautan. Pintu geser dengan frame minimalis dihadirkan untuk membuka ruang menuju area eksterior, menciptakan nuansa tropis di halaman rumah kaca ini.

Bila kamu baca artikel ini dan menambah ilmu, kamu bisa like dan share artikel ini di sosial media, web, atau blog kemanapun yang kamu suka.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat