Jenis Batu Untuk Dekor Taman

Jenis Batu Untuk Dekor Taman

Jenis Batu Untuk Dekor Taman

Arsitek Indo Kontraktor – Batu memiliki beberapa jenis dan manfaatnya. Taman rumah pun banyak yang menggunakan batu untuk menghiasnya. Batu bisa menambah kesan alami pada taman. Nah kali ini kita akan membahas jenis batu untuk dekorasi taman rumah kita.

 

Beberapa Jenis Batu Untuk Taman

Granit Dekomposit

Sumber: Decoholic
Sumber: Decoholic

Batu granit komposit adalah jenis bebatuan kecil dan halus, berasal dari batu granit yang telah mengalami proses pengikisan dan menghancuran sebagai akibat cuaca. Di Indonesia, granit komposit umumnya digunakan sebagai bahan baku ubin lantai atau berbagai perlengkapan kamar mandi, seperti wastafel dan bak mandi.

Untuk dekorasi taman, granit komposit ini bisa digunakan untuk menggantikan tanah. Bisa juga digunakan sebagai bahan path. Memang tidak subur dan terkesan kasar, karena granit ini berkarakter gersang. Sayangnya, granit komposit membuat banyaknya rumput liar yang tumbuh dan sulit dihilangkan. Untuk menyiasatinya, lapisi tanah dengan plastik di antara tanah dengan granit komposit ini.

Kerikil Kacang (Pea Gravel)

Sumber: http://qatada.org
Sumber: http://qatada.org

Kerikil adalah bebatuan (yang dekoratif pastinya) dengan berbagai warna dan bentuk yang berujung tumpul. Ukurannya setengah sampai satu senti. Kerikil dekoratif ini biasa digunakan untuk pathway, mendukung tanaman di pot, ataupun sela-sela batu yang digunakan sebagai pathway. Kelemahannya, kerikil kecil ini mudah berpindah tempat seiring dengan langkah orang-orang yang menginjaknya.

Ia mudah keluar dari area sesuai desain taman. Untuk itu, Sobat perlu memasang tepian untuk membatasi area kerikil ini, bisa berupa papan kayu, maupun campuran semen dan pasir. Kerikil ini memiliki banyak jenis, dan ada yang harganya cukup mahal. Jadi, pastikan Sobat memilih jenis yang tepat untuk hasil maksimal, agar tidak rugi.

Kerikil Batu Kali

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Dibandingkan kerikil mini, kerikil batu kali berukuran diameter 1 sampai 4 senti. Penggunaannya sama seperti kerikil mini. Batu kali juga mudah ditumbuhi rumpur liar, sehingga Sobat harus telaten merawat dan membersihkan halaman. Kerikil ini juga biasa dijadikan path untuk terapi pijat kaki yang ada di taman.

Kerikil Pecahan Granit

Sumber: http://www.gravelandslate.co.uk
Sumber: http://www.gravelandslate.co.uk

Kalau granit komposit nyaris menyerupai pasir, kerikil pecahan granit ini bentuknya lebih besar dan kasar. Kerikil ini bisa menjadi pengganti tanah dan rumput, dengan tetap menyerap air di halaman rumah, tanpa menimbulkan debu di musim kemarau.

Batu Pebble

Sumber: http://www.gravelandslate.co.uk
Sumber: http://www.gravelandslate.co.uk

Batu ini berukuran sedang, dengan diameter sampai 10 cm berbentuk bulat ceper, bulat lonjong, dan tumpul. Batu pebble banyak terdapat di taman, diletakkan di dasar kolam, dasar air mancur, dinding taman dan kamar mandi, pathway, pinggiran area tanaman, dan kebun berteman taman Zen Jepang. Pebble paling banyak digunakan untuk pathway karena ukurannya yang lebih besar dan mudah dikreasikan. Batu ini berharga relatif lebih mahal daripada kerikil.

Itulah beberapa jenis batu untuk dekorasi taman rumah Anda. Semoga Bermanfaat :))

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat