Jenis Jenis Sambungan Pipa

Jenis Jenis Sambungan Pipa

JENIS JENIS SAMBUNGAN PIPA

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada berbagai jenis sambungan pipa, tetapi dalam setiap jenisnya memiliki fungsi masing masing yang berbeda. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai jenis jenis sambungan pipa. Mau tahu apa saja ? Yuk simak langsung, selamat membaca !

  1. Socket

Socket atau shock merupakan sambungan yang dapat dipakai untuk menyambung pipa dengan bentuk yang lurus dan mempunyai diameter yang sama. Artinya sambungan ini berfungsi untuk memperpanjang ukuran pipa paralon. Ada 6 jenis socket pipa PVC yaitu socket polos, socket drat luar, socket drat dalam, socket drat luar polos, socket drat dalam polos, dan socket drat luar dalam.

  1. Elbow

Ebow, knee, atau L adalah sambungan yang berbentuk menyerupai huruf L. Sambungan bisa diandalkan untuk membelokkan saluran dengan sudut yang tajam. Beberapa jenis sambungan elbow antara lain elbow polos, elbow drat dalam, elbow polos drat dalam, dan elbow 45 derajat. Ada pula elbow berjenis bend yang digunakan untuk membelokkan saluran yang memiliki radius cukup besar.

BACA JUGA : Pentingnya Cahaya Alami Untuk Rumah

  1. Tee Stuck

Tee stuck dibuat dalam bentuk seperti huruf T. Guna sambungan ini ialah membagi saluran menjadi dua arah. Beberapa jenis tee stuck yaitu tee stuck polos, tee stuck drat, double tee stuck, dan Y stuck.

  1. Reducer

Sesuai namanya, reducer yakni sambungan pipa yang berperan sebagai peredam untuk memperkecil aliran di dalam saluran. Berdasarkan fungsinya, reducer terdiri atas dua jenis yaitu reducer elbow dan reducer socket. Reducer elbow dipakai untuk memperkecil aliran yang dibelokkan. Sedangkan reducer socket berguna untuk memperkecil aliran di dalam socket.

BACA JUGA : Metode Menyambung Pipa Besi Tanpa Listrik

  1. Cross

Cross merupakan sambungan pipa PVC yang bisa digunakan untuk membagi saluran menjadi tiga arah yang sama rata. Di antaranya arah kanan, arah tengah, dan arah kiri.

  1. Penutup

Ada dua jenis sambungan pipa yang berfungsi sebagai penutup yaitu dop (F) dan plug. Adapun dop (F) biasanya diterapkan pada saat kita hendak menutup aliran yang terdapat di ujung pipa. Sementara itu, plug merupakan penutup yang dikhususkan untuk menutup sambungan pipa.

  1. Adapter

Adapter atau transision merupakan sambungan yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah pipa atau lebih yang mempunyai ukuran diameter yang berlainan. Jika Anda ingin menyambung empat buah pipa yang mempunyai diameter yang berbeda-beda, pakailah bushis. Secara prinsip, bushis dirancang untuk menyatukan 4 pipa PVC yang berdiameter tidak sama.

  1. Nipple

Hexagonal nipple adalah sambungan yang berfungsi sebagai pengencang pipa. Dinamakan hexagonal karena nipple ini memiliki penampang yang berbentuk segi enam. Sambungan ini umumnya diaplikasikan untuk mengencangkan sambungan menggunakan kunci khusus.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat