Kegunaan Pintu dan Jendela

Kegunaan Pintu dan Jendela

Kegunaan Pintu dan JendelaKEGUNAAN PINTU DAN JENDELA

Pintu dan Jendela – Pintu dan jendela sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Tentu saja pintu dan jendela menjadi akses untuk keluar masuk seseorang menuju ruangan atau tempat selanjutnya. Tapi tentu saja mendefinisikan pintu dan jendela tidak sama di tiap orang dan biasanya terkait dengan kebiasaan dan kebudayaan setempat.

Fungsi Pintu Dan Jendela

Beberapa fungsi pintu dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Masalah Sekuritas/privasi
    Tentu saja kita tidak menginginkan orang asing menerobos masuk ke dalam rumah kita jika jalur pintu tidak dipasang daun pintu. Sementara untuk anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut,pintu2 pintu kamar merupakan batas sehingga privasi masing-masing terjaga. Jadi jelas pintu sebagai pembatas antar satu ruangan ke ruangan lainnya.
  2. Sebagai Akses Keluar Masuk Manusia
    Kita ketahui bahwa ukuran dan dimensi pintu dibuat sesuai dengan ukuran badan manusia. Jadi, secara umum pintu memiliki fungsi sebagai akses keluar masuk manusia baik dari dalam rumah atau dari luar rumah.
  3. Sebagai Sirkulasi
    Selain sebagai akses keluar masuk manusia, pintu juga berfungsi untuk mengalirkan udara ke dalam rumah misalnya saat pintu dibuka. tidak hanya udara, cahaya dapat masuk ke ruangan ketika pintu terbuka ataupun melaui pintu kaca.
  4.  Mengubah Definisi Ruang

Dengan adanya pintu, mampu dengan mudah mengubah definisi ruang dari ruang tertutup yang dibatasi oleh tembok-tembok masif menjadi lebih terbuka.

Sedangkan untuk jendela, dilihat dari model jendela dan kegunaannya, memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  1. Mendapatkan Cahaya Alami
    Pada umumnya, jendela rumah didominasi oleh kaca. Dengan kaca maka akan membiarkan cahaya alami masuk ke dalam ruang yang manfaatnya akan lebih banyak dibandingkan cahaya buatan.jendela2 Cahaya matahari secara alami akan membantu membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam rumah.
  2. Berhubungan Dengan Kesehatan
    Seperti pintu, jendela juga merupakan sirkulasi udara. Sebuah rumah tanpa sirkulasi udara yang baik, akan rentan terhadap kelembaban yang dapat menyuburkan tumbuhnya jamur dan bakteri di dalam rumah. Oleh karena itu, dengan banyaknya jumlah jendela yang dapat dibuka akan membantu pendaur ulangan udara di dalam rumah.
  3. Memperluas Pandangan dan Memberikan Ketenangan
    Jendela yang terbuka memberikan kita pemandangan ke luar ruangan. Bila membentang pemandangan yang hijau nan asri di luar ruangan tersebut, maka tentu akan memberikan ketenangan pikiran.
  4. Sisi Estetika
    Ditinjau dari sisi estetika, keberadaan jendela dengan model yang menarik dan menyatu dengan arsitektur rumah yang mempermanis tampilan rumah.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – ARSITEK JOGJA | ARSITEK SOLO | ARSITEK SEMARANG | JASA ARSITEK JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat