Memelihara Hewan atau Binatang Peliharaan di Rumah

Memelihara Hewan atau Binatang Peliharaan di Rumah

Memelihara Hewan atau Binatang Peliharaan di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Bagi sebagian orang, memelihara hewan peliharaan merupakan hal yang membuat pusing. Selain harus mengurus semua kegiatan di rumah, ditambah harus memberi makan dan mengurus hewan peliharaan. Memelihara hewan peliharaan bagaikan mengurus seorang anak. Anda harus memberikan perhatian lebih kepada hewan tersebut. Tapi beda dengan sebagian orang yang justru gemar memelihara hewan peliharaan. Bahkan ada juga yang memelihara lebih dari satu hewan. Bagi mereka memelihara hewan kesukaan di rumah merupakan suatu hal yang menyenangkan apalagi bila memelihara hewan kesukaan mereka. Dengan memelihara hewan itu bisa menjadi salah satu solusi untuk mengusir rasa kesepian dan memberikan manfaat positif bagi manusia. Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Liverpool, Manchester dan Southampton, Inggris, melihat bagaimana hewan peliharaan dapat berkontribusi pada pengelolaan kesehatan mental jangka panjang. Berikut ini tips memelihara hewan atau binatang peliharaan di rumah.

1. Kandang yang Memadai

Biasanya masalah kandang ini lebih menyita tempat bila Anda memelihara mamalia seperti anjing atau kucing, hewan melata seperti ular, dan ikan air tawar yang besar seperti arwana. Dengan kandang yang memadai untuk tempat tinggal maka hewan peliharaan pun tidak mengotori rumah. Biasanya pemeliharaan hewan diletakkan di bagian belakang rumah, atau setidaknya berada di teras rumah. Khusus untuk hewan melata maupun air yang biasanya dipelihara di aquarium, tentu bisa sebagai hiasan di ruang tamu. Jika Anda menempatkan kandang di belakang rumah, jangan lupa untuk menumbuhkan rerumputan hias agar hewan peliharaan merasa ‘betah’ seperti rumput jepang atau rumput gajah mini. Biasanya kedua jenis rumput tersebut cocok untuk Anda yang memelihara anjing, kucing, kura-kura, landak putih, hingga ular. Hewan akan merasa nyaman karena unsur alam yang dihadirkan cukup membantu hewan untuk beradaptasi dengan rumah.

2. Rutin Mengajak Jalan-Jalan atau Bermain

Tentu sediakan waktu setidaknya 2 kali seminggu untuk mengajak binatang peliharaan Anda ‘jalan-jalan’. Sekadar melatih mereka, mengajak bermain atau untuk merasakan lingkungan lain. Terutama untuk hewan anjing, merasakan lingkungan baru ternyata memberikan kepekaan untuk lebih dekat dengan Anda sehingga lebih mengenal rumah. Dan jika Anda memiliki hewan lain, di beberapa pet shop atau pet care biasanya menjual media permainan untuk hewan Anda. Dari mulai roda berputar untuk hamster hingga tempurung batu untuk ular.

3. Mengatur Makan Hingga Asupan Gizi Lain

Layaknya manusia, hewan pun tentu memiliki jam-jam makan khusus hingga pemberian vitamin. Untuk itu anda diminta untuk disiplin dalam memberi makanan hewan dari mulai makanan utama hingga air. Dan jangan lupa untuk memberikan vitamin rutin agar hewan tersebut tetap sehat. Namun banyak juga pertimbangan lain yang tentu akan menjadi kegiatan tambahan Anda dalam memelihara hewan di rumah:

  1. Mengingat jadwal vaksin rutin
  2. Cek kesehatan hewan dari mulai kulit, bulu hingga feses
  3. Terutama untuk hewan yang sakit, jangan terlalu lama dibiarkan harus secepatnya ditangani dokter. Beberapa penyakit hewan pun bisa menular.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat