Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan

Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan

CARA MENYAMBUNG PIPA PARALON

TANPA SAMBUNGAN

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Cara menyambung pipa paralon ternyata dapat di lakukan tanpa adanya sambungan pipa. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai bagaimana cara memasang pipa paralon tanpa menggunakan sambungan. Mau tahu caranya? mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

Alat dan Bahan :

  • Pipa paralon atau pipa PVC
  • Pipa besi
  • Kompor gas
  • Lem PVC

Langkah-langkah :

BACA JUGA : Cara Membuang Udara Dalam Pipa Air

  1. Siapkan dua batang pipa paralon/pipa PVC yang akan disambung. Kedua pipa ini harus memiliki ukuran diameter yang sama.
  2. Siapkan pula pipa besi yang ukuran diameternya satu level lebih kecil daripada pipa paralon yang digunakan. Misalnya Anda memakai pipa paralon berukuran 3/4 inci, maka siapkan pipa besi yang berdiameter 1/2 inci. Pipa besi yang disiapkan tidak perlu berukuran panjang.
  3. Hidupkan kompor gas dengan nyala api yang sedang. Kemudian bakarlah salah satu ujung pipa PVC di atas api tersebut agar menjadi lentur. Waktu pembakaran kurang lebih selama 1-2 menit. Usahakan Anda memutar pipa paralon selama proses pembakaran agar bagian yang terbakar rata.
  4. Cobalah tekan bagian pipa paralon yang sudah dibakar tadi. Apabila teksturnya telah berubah menjadi lentur, Anda bisa menghentikan proses pembakarannya.
  5. Sesegera mungkin masukkan pipa besi ke dalam ujung pipa paralon yang sudah dibakar tersebut. Usahakan bagian pipa besi yang bisa masuk minimal sepanjang 5 cm. Langkah ini akan membuat ujung pipa paralon tersebut membesar. Pastikan kedua pipa dalam posisi yang lurus.
  6. Ujung pipa paralon yang telah dimasuki pipa besi lantas segera direndam di air yang dingin. Tujuannya untuk menghentikan proses pemanasan sehingga wujud pipa paralon tersebut tidak mengalami perubahan secara drastis.
  7. Keluarkan pipa besi dari ujung pipa paralon. Kini Anda sudah mendapatkan ujung pipa paralon yang memiliki diameter lebih besar.
  8. Oleskan lem PVC di bagian dalam ujung pipa paralon yang besar ini. Setelah itu, oleskan pula lem PVC di bagian luar pipa paralon lain yang ingin disambungkan. Kini Anda tinggal menyambungkan kedua ujung pipa tersebut. Anda pun telah berhasil menyambungkan pipa PVC tanpa menggunakan soket sambungan.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat