Metode Menyambung Pipa Besi Tanpa Listrik

Metode Menyambung Pipa Besi Tanpa Listrik

TATA CARA PEMASANGAN PIPA BESI

TANPA LAS LISTRIK

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pemasangan pipa besi tidak harus menggunakan las listrik. Dalam hal ini ada berbagai metode pemasangan. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai berbagai metode pemasangan pipa besi tanpa menggunakan las listrik. Selamat membaca !

Metode I. Threaded

Threaded dilakukan dengan membuat uliran di ujung kedua pipa besi yang ingin disatukan. Metode ini banyak diterapkan oleh PDAM untuk menyambung pipa besi saluran air minum. Kelebihan dari sambungan ulir adalah gampang dikerjakan dan aman karena tidak menimbulkan percikan api. Sayangnya pembuatan uliran mengakibatkan ketebalan pipa, terutama di bagian ujungnya menjadi berkurang. Sambungan ini pun rawan mengalami kebocoran manakala karet pengganjal (seal) yang dipakai kurang bagus.

BACA JUGA : Cara Membuang Udara Dalam Pipa Air

Metode II. Flange

Flange merupakan alat yang berfungsi untuk memegangi pipa dan mengencangkannya secara tidak permanen. Alat ini menggunakan baut sebagai media pengencangnya sehingga bisa dipasang dan dilepaskan dengan mudah sekali. Untuk melakukannya, kedua ujung pipa yang akan disambung harus ditempelkan terlebih dahulu, kemudian diikat menggunakan flange ini. Metode flange paling tepat diterapkan pada sambungan pipa sementara yang harus dibongkar secara berkala.

BACA JUGA : Jenis Pipa Air dan Kegunaannya

Metode III. Spigot

Pada dasarnya, metode spigot dikerjakan dengan memasukkan ujung pipa yang satu ke ujung pipa lainnya. Jadi ukuran diameter kedua pipa besi yang ingin disambung wajib berbeda. Anda bisa memulainya dengan membelah diameter ujung pipa menggunakan mesin gerinda sepanjang 7 cm. Lalu rapatkan bagian ujung belahan pipa tadi memakai palu sehingga ukurannya mengecil. Setelah itu, Anda bisa memasukkan ujung pipa yang sudah mengecil tadi ke dalam ujung pipa yang satunya lagi. Untuk menguatkan sambungannya, Anda bisa memasang paku rivet pada sambungan tersebut.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat