Panduan Pembuatan Bata Ringan

Panduan Pembuatan Bata Ringan

Panduan Pembuatan Bata RinganPANDUAN PEMBUATAN BATA RINGAN

Bata Ringan – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang kelebihan dan kekurangan dari bata ringan. Perlu Anda ketahui juga bahwa bata ringan ini terdapat beberapa penduan dalam pembuatannya. Penasaran cara membuatnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Membuat Bata Ringan

Beton ringan dapat dibuat dengan berbagai cara, antara lain dengan:

Pembuatan Bata Ringan Dengan Cara Kimiawi ( Autoclave Aerated Concrete/ AAC)

Cara ini disebut juga dengan Beton Aerated Cellular Concrete atau biasa disebut Beton AAC. Cara ini pada umumnya digunakan oleh pabrikan dengan investasi yang besar. Bahan baku yang digunakan adalah Pasir kwarsa (Si), Ca0 (Kapur), Aluminium (Al) sebagai bahan pengembang (pengisi udara secara kimiawi), Semen.

Baca Juga:  Plafon Triplek, Kelebihan & Kelemahan Serta Perawatan Plafon Plywood

Setelah adonan tercampur sempurna, nantinya akan mengembang selama 7-8 jam. Alumunium pasta yang digunakan dalam adonan tadi, selain berfungsi sebagai pengembang ia berperan dalam mempengaruhi kekerasan beton. Volume aluminium pasta ini berkisar 5-8 persen dari adonan yang dibuat, tergantung kepadatan yang diinginkan. Adonan beton aerasi ini lantas dipotong sesuai ukuran dan dimasukkan Autoclave Camber.

Pembuatan Bata Ringan Dengan Cara Mekanis ( foamed concrete atau cellular concrete)

Cara mekanis berbeda bahan baku dan proses. Bahan baku yang digunakan adalah pasir, semen dan busa (foam). Bahan tersebut dicampur dengan busa pengisi udara dan langsung dituangkan dalam cetakan sesuai dengan ukuran yang dinginkan.

Keuntungan lain dari Beton Ringan atau Batu Bata Ringan antara lain:

Baca Juga:  Beton Self Healing, Beton yang Bisa Menyembuhkan diri dari Kerusakan

Tahan panas (thermal insulation  yang baik)Memiliki peredaman suara yang baikTahan api (fire resistant)Lebih ringan dari batu bata biasaTransportasi mudah karena ringanDapat mengurangi kebutuhan bekisting (formwok) dan perancah (scaffolding).

  • Tahan panas (thermal insulation  yang baik)
  • Memiliki peredaman suara yang baik
  • Tahan api (fire resistant)
  • Lebih ringan dari batu bata biasa
  • Transportasi mudah karena ringan
  • Dapat mengurangi kebutuhan bekisting (formwok) dan perancah (scaffolding).

Bata Ringan Vs. Bata Merah

Selama ini user atau pengguna sering membandingkan antara penggunaan bata ringan vs bata ringan. Perbandingan itu meliputi segi harga, kekuatan, dan efisiensi pekerjaan. Berikut ini ulasan mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Batu Bata Merah

Jenis material ini memiliki kelebihan di antaranya tidak perlu keahlian khusus untuk memasangnya, ukuran yang kecil memudahkan ketika memasang, mudah membentuk bidang kecil, harganya murah, serta perekatnya tidak perlu yang khusus dan tahan terhadap api.

Sedangkan kekurangannya meliputi, sulit untuk membuat pasangan bata yang rapi, dapat menyerap panas dan dingin, cenderung boros dalam menggunakan perekatnya, volume yang berat membuat beban pada struktur bangunan

Baca Juga:  Panduan Memilih Kontraktor Untuk Renovasi dan Bangun Rumah

Batu Bata Ringan (Hebel)

Berbeda dengan batu bata merah, justru batu bata yang satu ini memiliki kelebihan di antaranya ukuran dan kualitas yang sama sehingga dapat menghasilkan dinding yang rapi, kedap air yang dapat meminamilisir rembasan air, selain itu juga kedap air dan kedap suara, dan mempunyai ketahanan yang baik terhadap gempa bumi.

Sedangkan kekurangannya terdapat pada ukuran yang besar, untuk ukuran tanggung membuat sisa cukup banyak. Lalu harus menggunakan perekat khusus umumnya semen instan dan harus menggunakan keahlian khusus untuk memasangnya, dan harga relatif lebih mahal daripada bata merah.

Demikian ulasan mengenai cara pembuatan bata ringan dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga bermanfaat.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat