Perbandingan Lantai Vinlys VS Lantai Keramik

Perbandingan Lantai Vinlys VS Lantai Keramik

Perbandingan Lantai Vinlys VS Lantai Keramik

Perbandingan Lantai Vinlys VS Lantai Keramik

Perbandingan Lantai Vinlys VS Lantai Keramik – Lantai rumah merupakan elemen penting yang harus ada ketika membangun rumah. Tidak sembarang untuk membuat lantai rumah. Harus disesuaikan dengan kebutuhan rumah dan kualitas jenis lanta. Pada umumnya lantai menggunakan keramik, tetapi masih terdapat jenis lantainya yaitu lantai keramik dan lantai vinyl.

Lantai Keramik

Lantai keramik biasanya terbuat dari campuran tanah liat dan glazur yang dibakar serta diproses sedemikian rupa. Proses tersebut menghasilkan sebuah material keras yang dilapisi lapisan yang mengkilap di permukaannya. Pemasangan lantai keramik dilakukan di atas tanah yang telah diratakan. Ubin-ubin lantai tersebut kemudian disusun secara berjajar dan rapi, serta dilapisi nat di sela-selanya.

Lantai keramik sangat banyak digunakan oleh bangunan rumah di Indonesia. Salah satu alasannya adalah pilihan desain yang sangat beraneka ragam. Hampir semua motif dan warna yang Anda inginkan tersedia pada lantai keramik. Mulai dari lantai yang bergaya modern, minimalis, klasik, tradisional, natural, elegan, dan lain-lain. Lantai keramik pun mudah didapatkan karena selalu tersedia di toko bangunan.

Lantai Vinyl

Maraknya desain interior yang berkonsep natural membuat orang-orang banyak menggunakan lantai kayu dan batu alam sebagai pelapis bangunan. Sayangnya harga kedua material tersebut amat mahal dan perawatannya pun sulit. Di sinilah lantai vinyl hadir memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Dengan harga yang lebih terjangkau serta gampang dirawat, lantai vinyl memiliki kualitas yang bagus dan daya tahan yang cukup tinggi.

Sebagai lantai buatan, lantai vinyl tersedia dalam ragam motif yang menarik dan tekstur yang menyerupai aslinya. Misalnya lantai vinyl yang dibuat menyerupai lantai parket, maka kesan yang dimilikinya pun benar-benar mirip sepeti kayu. Lantai vinyl juga tahan terhadap berbagai cuaca dan tidak memuai karena bahannya terbuat dari karet. Begitu pula dengan proses instalasi vinyl yang terbilang sangat gampang.

Perbandingan

Jika lantai keramik dibandingkan dengan lantai vinyl, maka hasilnya adalah sebagai berikut :

  1. Kelebihan utama lantai keramik ialah harganya yang murah. Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan lantai vinyl. Namun peningkatan harga lantai keramik relatif lebih cepat ketimbang harga lantai vinyl yang cenderung stabil.
  2. Meskipun ada banyak pilihan lantai vinyl, tetapi pilihan lantai keramik jauh lebih banyak. Hal ini dikarenakan lantai keramik sudah ditemukan lebih dahulu daripada lantai vinyl. Bukan tidak mungkin ke depannya nanti, ragam pilihan lantai vinyl akan semakin meningkat.
  3. Lantai keramik selalu tersedia di toko bangunan karena ada banyak orang yang membutuhkannya. Berbeda dengan lantai vinyl yang masih tergolong baru dan jarang orang yang mengenalnya sehingga lantai ini umumnya hanya tersedia di toko-toko bangunan yang besar dan berada di perkotaan.
  4. Lantai keramik bersifat keras dan getas sehingga gampang sekali pecah dan tergores. Sedangkan lantai vinyl tidak akan pecah karena bahan bakunya dari semacam karet yang bermutu tinggi. Namun jika rusak, baik lantai keramik dan lantai vinyl tidak bisa diperbaiki sehingga harus diganti dengan yang baru.
  5. Permukaan lantai keramik terasa dingin. Jika dirasakan lebih lanjut, permukaan tersebut akan terasa keras dan kurang nyaman di telapak kaki. Sementara itu, lantai vinyl memiliki permukaan yang lebih lembut dan nyaman di kaki.

 ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat