Solusi Atap Bocor

Solusi Atap Bocor

Solusi Atap BocorSOLUSI ATAP BOCOR

Solusi Atap Bocor – Sudah mau masuk musim hujan nih, hal yang harus perhatikan pada rumah Anda adalah kondisi atapnya. Amankah dari lubang atau hal lain yang menyebabkan atap bocor. Nah berikut adalah beberapa solusi agar Anda dapat mengatasi atap rumah yang bocor.

Solusi Masalah Kebocoran Atap

Untuk masalah kebocoran atap yang kerap terjadi rumah juga hanya bisa diketahui pada saat musim hujan. Penyebab Atap Genteng Bocor ini disebabkan atap retak atau tergeser, atau egnteng sudah lapuh dan tua.  Sehingga saat musin hujan, air hujan yang turun akan menuruni bagian yang bocor di rumah. Masalah ini harus segera diatasi di musim hujan juga, karena apabila setelah melewati musim hujan, kebocoran yang masih ada di rumah akan lebih sulit terdeteksi.

Berikut Solusi Atap Rumah Bocor yang bisa dilakukan apabila atap rumah Anda mengalami kebocoran :

1. Menggunakan Water Proofing

Istilah water proof memang sudah sangat akrab di telinga. Mulai dari urusan kosmetik hingga bangunan pun terdapat istilah ini. Bagian atap yang bocor ini bisa diatasi dengan menggunakan lapisan – lapisan water proofing yang memiliki bentuk liquid ataupun powder. Dari Jenis-Jenis Atap Rumah tentukan jenis – jenis lapisan dari water proofling yang bisa diaplikasikan di bagian dalam rumah atau pun luar rumah. Dengan menggunakan lapisan water proofing ini Anda juga bisa melapisi berbagai bagian rumah yang mengalami retak seperti kolam renang, teras, dan lainnya.

Cara Mencegahnya

Anda perlu melakukan pengecekan terhadap atap rumah atau dinding – dinding dan bagian lain dari rumah Anda yang sebelumnya pernah mengalami kebocoran atau yang kira – kira berpotensi bocor pada saat musim hujan. Cobalah lakukan hal ini minimal satu tahun sekali supaya bagian yang bocor tidak nampak dan muncul terutama pada saat musim hujan.

2. Merancang Atap yang Miring

Bagian atau dak rumah biasanya memang dibuat secara mendatar dan tidak miring. Namun, kondisi bangunan yang seperti ini bisa membuat air hujan yang menuruni bagian rumah menjadi lambat. Sehingga hal ini menyebabkan air sulit mengalir dan akhirnya menggenang di atap. Genangan air hujan yang berada di atap inilah yang menjadi cikal bakal kebocoran. Karena dari bagian ini bisa menyebabkan air merembes hingga ke bagian dalam tembok dan akhirnya bisa meneteskan air ke dalam bagian rumah.

Cara Mencegahnya 

Mendesain bagian atap yang miring adalah solusi dari rembesnya air hujan ke dalam rumah pada bagian atap. Dengan mendesain atap rumah yang miring bisa membuat air hujan bisa langsung turun ke bawah sehingga tidak akan terhambat di bagian atap dan menyebabkan kebocoran.

Baca juga :

3. Mengecek Komposisi Campuran Pada Saat Proses Pengecoran

Bagian rumah yang bocor pada umumnya terjadi pada bagian atap rumah atau bagian dak. Bagian tembok yang retak pun tidak jarang menjadi masalah baru pada bagian rumah. Karena bukan hanya sekedar membuat tampilan rumah menjadi tidak menarik tapi juga membuat bagian rumah menjadi lembab. Maka dari itu komposisi campuran pada saat pengecorannya.

Cara Mencegahnya  

Untuk Anda yang masih berencana untuk membangun rumah dengan membuat dak di atas sebaiknya memerhatikan bagian pada saat mengecornya. Apabila rumah Anda sudah memiliki dak maka yang perlu Anda lakukan adalah mengeceknya bagian tersebut. Karena bagian – bagian seperti atap dan dak lebih sering mengalami perubahan cuaca. Sehingga dampak dari perubahan cuaca tersebut yang bisa menyebabkan retak rambut sehingga terjadi kebocoran.

4. Memaku Bagian Genting

Bagian atap rumah yang bocor ini biasanya bukan hanya disebabkan oleh bagian dak saja. Terkadang bagian genting mengalami pergeseran sehingga menyebabkan rembes dan akhirnya bocor di tembok rumah. Hal ini biasanya muncul karena pada saat memasang genting tidak pas sehingga bagian genting menjadi bergeser. Dengan memaku bagian genting yang menjadi sumber atap yang bocor maka masalah akan terselesaikan.

Cara Mencegahnya 

Cuaca yang sering berubah tentu bisa menyebabkan pergeseran genting yang tidak pas terjadi. Apalagi jika rumah Anda mengalami cuaca seperti angin kencang dan Anda mendengar dengan jelas suara genting yang bergeser. Maka Anda perlu segera memeriksa dan mengembalikan posisi genting seperti semula. Begitu juga apabila ada bagian genting yang rusak, maka Anda perlu segera menggantinya.

5. Mengalirkan Air yang Bocor Ke Tempat yang Lain

Bagian yang bocor di rumah memang tidak bisa disangka – sangka. Namun, apabila Anda ingin mencoba cara yang lain untuk mengatasi bocor yang terjadi di rumah Anda, Anda bisa menggunakan cara ini. Ketika turun hujan, dan Anda menemukan tetesan air di bagian dalam rumah yang berasal dari atap Anda perlu mengetahui persisi di mana letak bagian yang bocor tersebut.

Berilah tanda di bagian tersebut. Kemudian setelah hujan reda makan Anda baru bisa mencoba memperbaikinya. Siapkan ember berukuran sedang dan juga pipa air secukupnya. Karena Anda akan mengalirkan air yang bocor ini melalui ember ke pipa air yang sudah disiapkan. Letakkan ember di bawah bagian rumah Anda yang bocor. Setelah itu, lubangi ember supaya air yang berada di dalamnya bisa disambungkan dan dialirkan ke dalam pipa. Anda bisa memilih bagian mana di rumah Anda yang akan dialirkan airnya ke bagian luar rumah seperti taman atau tempat lainnya.

Cara Mencegahnya

Kebocoran rumah pada bagian tengah memang jarang terjadi. Walaupun penyebabnya bisa saja karena genting yang kurang pas, bagian atap rumah yang datar dan penyebab umum lainnya namun Anda bisa mengatasinya dengan cara yang berbeda. Untuk menghindari hal ini terjadi tentu Anda perlu merawat dan menjaga bagian rumah Anda. Hal yang paling penting dalam mencegah kebocoran semakin banyak adalah segera mengatasi kebocoran itu sendiri hingga tuntas. Untuk itu, perlu adanya pengecekan rutin yang perlu dilakukan.

Artikel Lainnya :

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat