Tanaman Untuk Mempercantik Taman

Tanaman Untuk Mempercantik Taman

Aneka Tanaman Untuk

Mempercantik Taman Anda

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Memiliki taman pribadi di rumah memang sangat mengasikan. Selain memiliki kegiatan baru merawat taman tersebut, memiliki taman juga dapat mengurangi tingkat stress. Taman tidak lengkap jika tidak memiliki tanaman bukan? nah dalam artikel ini kami memberikan aneka tanaman yang dapat di pilih untuk mempercantik taman pribadi milik anda. Mau tahu apa saja? mari simak ulasan di bawah ini

Bambu Kuning

bambu-kuning

Tanaman bambu hias asli Cina dan Jepang ini sangat cantik ditanam berjajar di sepanjang jalan masuk menuju rumah. Selain itu bambu dengan warna batang kuning tua akan mengurangi kesan kaku saat disandingkan pada dinding yang tinggi. Bambu kuning dapat mencapai tinggi 4-9 m dengan diameter batang 8 cm. Bambu dengan nama latin Phyllostachys sulphurea memiliki daun hijau sepanjang 12 cm dengan lebar 2 cm. Namun sebenarnya terdapat macam bambu kuning, yaitu bambu kuning besar dan bambu kuning mini. Jika Anda tanam secara berkelompok, maka anda akan mendapatkan pagar tumbuhan warna hijau daun berpadu dengan batang kuning emas. Perlu Anda ketahui bahwa selain sebagai tanaman penghias taman, bambu kuning juga mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan.

Bambu Jepang

Bambu-Jepang

Chimonobambusa quadrangularis hampir serupa dengan bambu kuning. Bambu Jepang juga sering digunakan sebagai pagar alami pada taman. Bambu dengan batang berwarna tembaga ini mampu tumbuh menjulang hingga 10 m. Daun hijau dengan tulang sejajar berukuran 5-15 cm dengan lebar 2 cm. Selain untuk pagar, bambu cantik ini bisa pula ditanam diantara batuan pinggir kolam.

Baca Juga : Manfaat Meletakan Tanaman Hias Di Dalam Rumah

Asam Jawa

Bonsai-asam-jawa

Tamarindus indica atau lebih dikenal dengan asam Jawa kini mulai hadir di taman rumah. Selain digunakan sebagai tanaman hias dalam bentuk asli, asam dengan batang kuat sering juga dijadikan bonsai. Pohon ini menghasilkan buah masam berbalut cangkang coklat sepanjang 10 cm. Tinggi pohon dapat mencapai 25 m dengan daun kecil-kecil yang berasa asam juga.

Cemara Lilin

cemara-lilin

Cemara yang berasal dari Eropa Selatan, Asia Barat, dan India Utara ini berpostur lebih ramping. Daun berwarna hijau gelap bersusun bertingkat pada batang yang ujungnya meruncing. Sosoknya yang tegak memberi kesan formal dan biasa ditanam berderet. Namun tidak jarang pemilik rumah memotong ujung tajuk untuk menghilangkan kesan terlalu kaku.

Cemara Kipas

cemara-kipas

Dinamakan cemara kipas karena mempunyai daun menyirap mirip kipas. Penampakannya menyerupai piramida dengan tinggi hingga 20 m. Buah kecil berwarna cokelat muncul pada tanaman bernama latin Thuja occidentalis “Emerald”. Serupa dengan bambu Jepang, cemara berfungsi sebagai pagar rumah atau pembentuk jalan masuk.

Baca Juga : Inspirasi Model Rak Tanaman

Cemara Udang/Cemara Laut

cemara-udang

Pohon cemara udang mudah dijumpai di tepi pantai. Bentuk batang artistik dan berbonggol-bonggol membuatnya dijuluki cemara udang. Daun hijau tumbuh menyerupai kawat dan berduri. Casuarina equisetifolia populer sebagai tanaman bonsai untuk hiasan dalam rumah.

Beringin

beringin

Tanaman tropis famili Moraceae dapat tumbuh tinggi besar. Akar gantung tumbuh menjuntai di sela-sela daun hijau. Beringin dapat tumbuh baik dengan sinar matahari dan cadangan air cukup. Pohon dengan nama lain Weeping fig ditanam secara individu untuk menonjolkan keindahan bentuk bonggol. Tidak jarang tanaman ini juga dikemas dalam bentuk kerdil.

Beringin Putih

Beringin-Putih

Jika secara umum daun pohon beringin berwarna putih, maka spesial untuk beringin putih memiliki daun belang putih sampai kuning gading. Daunnya juga lebih pendek yaitu sekitar 6-8 cm. Tanaman tropis asal California ini tetap tampak indah meskipun tidak dipangkas. Bisa ditempatkan di pojok taman atau ditata rapi di bagian tengah menyerupai jalan.

Drasena Drako

Drasena-Drako

Sering disebut dengan Dragon tree atau pohon naga, Drasena drako sangat menarik untuk mengisi sudut taman. Ada kepercayaan jika resin merah tua yang keluar dari daun dan batang adalah darah naga. Daunnya sendiri berbentuk pedang, tebal, dengan permukaan halus berwarna hijau biru dan tumbuh di bagian atas tanaman.

Baca Juga : Konsep Taman Ala Jepang

Bugenvil

bugenvil

Tanaman hias golongan bunga ini sudah sangat populer. Keindahannya terletak pada seludung bunga bergerombol berwarna cerah. Kebanyakan orang mengira seludung tersebut adalah bunga, sebenarnya bunga bougenvil sangat kecil yang berada di tengah seludung. Warnanya yang cerah akan memberi variasi jika ditanam diantara hijaunya dedaunan. Adapun cara merawat bunga bugenvil telah kami bahas pada artikel terdahulu di blog kami.

Furcraea

Furcraea

Furcraea gigantea striata merupakan tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Daun menyerupai pedang dengan ujung runcing seperti duri. Daun hijau cerah memiliki garis-garis memanjang dan bersusun terbuka. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini adalah daun, karena batangnya tertutup oleh bagian daun yang lebar. Furcraea dapat berdiri cantik secara bergerombol atau ditanam individu.

Lantana

Lantana-taman

Kombinasi bunga berwarna kuning, pink, merah, dan orange menjadi eye catcher diantara elemen lain dalam taman. Panjang daun 2-5 cm dengan permukaan kasar serta pinggiran bergerigi. Lantana berdaun lebat dan dapat dibentuk hingga terkesan lebih penuh dengan bunga indah.

Kurma

Kurma

Pohon berbunga manis ini betah hidup di daerah tropis dan subtropis. Namun sekarang tidak jarang pecinta tanaman menghadirkannya sebagai penghias taman. Tubuhnya mirip dengan kelapa sawit tapi berbatang lebih ramping. Umumnya keluarga palem bisa bertahan hidup hingga 100 tahun dengan tinggi mencapai 15-20 meter. Palem dengan nama latin Phoenix dactylifera bertangkai sepanjang 6 meter dan tertutup daun hijau kebiruan yang berjajar rapi. Penempatan palem besar ini sangat fleksibel, bisa ditanam di sudut taman, bagian tengah hamparan rumput, atau sebagai background sekelompok tanaman hias mini.

Kaktus Batang

Kaktus-batang

Selain kaktus mini yang sering ditempatkan di meja tamu, kaktus batang juga tidak kalah elok menghias taman rumah. Kaktus dengan nama lain Hercules Club dapat tumbuh tinggi hingga 10 m. Batang tebal bersudut 5 atau 6 dengan puncak sudut terdapat duri kehitaman. Namun berhati-hatilah saat anda memilih menanamnya karena getahnya mengandung racun. Untuk itu posisikan tanaman berduri ini diantara tanaman lain atau di pinggir kolam. Sehingga anda akan mendapatkan sisi indah kaktus batang dengan aman.

Palem Bactris

Bactris gasipaes atau Peach palm merupakan jenis palem berduri melingkar pada bagian batang. Daun berwarna hijau agak tua dengan anak daun berukuran 5-10 cm berbulu dan melintir. Dibalik tubuh penuh duri ternyata buah palem Bactris bisa digunakan sebagai sayur. Mengingat batangnya yang berduri, palem ini cocok ditanam berderet pada halaman luas dan hindarkan dari akses jalan ramai.

Palem Botol

Palem-Botol

Keluarga palem memang banyak menghiasi taman karena jenisnya bermacam-macam dan bentuknya artistik. Termasuk di dalamnya palem botol yang mempunyai keunikan pada bagian batang yang menggembung mirip botol. Semakin tinggi maka gembungan yang tercipta juga semakin memanjang. Setiap pohon palem botol hanya mempunyai beberapa pelepah daun. Bunganya berbentuk tanduk dengan buah berwarna orange sampai hitam. Palem botol ditata sebagai latar depan untuk menonjolkan keindahan batang botolnya.

Palem Putri

Palem-putri

Veitchia merrillii atau palem putri merupakan tanaman tropis yang sensitif pada suhu dingin. Jenis palem ini mencolok pada bagian buah yang berwarna merah mengkilap dan bergerombol. Daunnya lebat berwarna hijau gelap berbulu melengkung cantik. Dengan tinggi mencapai 7 m, tidak salah jika tumbuhan ini dijadikan sebagai background. Dapat juga menjadi peneduh dengan cara menanam secara bergerombol.

Palem Segitiga

Palem-segitiga

Tumbuhan khas Madagaskar ini mempunyai batang berbentuk segitiga dengan tinggi mencapai 5 m. Anak daun berwarna hijau keabuan dengan tangkai daun kecoklatan dan bagian punggung berwarna keputihan. Efeknya, jika terkena sinar matahari akan muncul warna perak mengkilat yang sangat cantik. Palem Madagaskar ini sering dijumpai pada pintu masuk, dengan tujuan memberi kesan ramah.

Pandan Kipas

Daun-pandan-kipas

Dinamakan pandan kipas karena daunnya tersusun roset spiral yang bertingkat. Daunnya agak tipis dengan panjang 2 m dan lebar 10 cm dengan warna hijau bergerigi. Semakin tua umurnya, pandan ini bisa bercabang dan memiliki akar gantung yang semakin memperkuat kesan menarik.

 Pandan Bali

Pandan-bali

Meskipun namanya pandan Bali namun tanaman ini asli dari Meksiko. Di daerah Inggris lebih dikenal dengan nama Giant yucca, Spineless yucca, atau Palm lily. Memiliki batang yang bercabang di bagian atas dengan daun berbentuk pedang dengan lebar 10 cm. Palem bali mempunyai bunga warna kuning gading dengan tandan besar. Pandan Bali sering difungsikan sebagai latar belakang untuk sekelompok elemen taman lain.

Baca Juga : Jenis Rumput Sintetis Untuk Taman

Pinus

pinus

Japanese black pine atau pinus sering menjadi bahan tanaman kerdil. Pinus dapat mencapai ketinggian 30 m. Daunnya berpenampakan kecil seperti lidi dengan panjang 6-18 cm. Pinus mempunyai buah kecil dengan sisik mirip salak. Tanaman tinggi ditanam berderet sepanjang jalan masuk sebagai pengarah. Bila telah dibentuk dan dipangkas indah, pinus dapat ditanam tunggal maupun berkelompok pada taman berkonsep Jepang.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat