Tips Desain Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Tips Desain Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

Desain Tangga Kayu Untuk Rumah Minimalis

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Hal yang paling dibutuhkan rumah lebih dari 1 lantai adalah Tangga. Untuk membuat tangga yang nyaman dan memiliki estetika memang diperlukan desain yang matang. Selain Desain yang berestetika tangga juga harus memiliki keamanan yang memadai. Berikut hal hal yang harus di perhatikan dalam membuat Tangga kayu dalam rumah. Baca juga : Kelebihan dan Karakteristik Railing Tangga Kayu

Pahami Persyaratan Pembuatan Desain Tangga Kayu

Sebelum mendesain tangga rumah minimalis 2 lantai modern sederhana terbaru, Anda harus memahami syarat-syaratnya. Simak berikut ulasannya :

  1. Desain tangga tidak boleh menyulitkan pengguna. Syarat ini mutlak dan wajib agar rumah tidak tampak kecil dan sesak.
  2. Tangga dibuat di area rumah yang mudah dijangkau penghuni. Untuk rumah dengan ruangan kecil, utamakan efektivitas ruangan. Buatlah tangga di area terbuka, seperti ruang keluarga. Usahakan untuk tidak membuat tangga di ruang tamu atau di luar rumah.
  3. Buatlah tangga dengan dimensi yang sesuai langkah kaki manusia, atau pengguna. Namun, jika pengguna memiliki kebutuhan khusus, dimensinya bisa disesuaikan. Dimensi tangga juga harus memudahkan pengguna ketika memindahkan furniture.
  4. Memiliki penerangan yang memadai, baik pada saat malam maupun siang hari.
  5. Pilihlah material kayu yang tidak licin. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan. Anda bisa menggunakan karpet untuk area tangga. Namun, pemasangannya harus hati-hati dan rapi.

Memilih Desain Tangga untuk Rumah Minimalis yang Tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih desain tangga yang tepat. Ada banyak jenis tangga rumah minimalis ruang sempit model mewah yang bisa Anda pilih.

Nah, berikut akan kami ulas beberapa desain yang mungkin bisa Anda aplikasikan:

  • Desain Tangga Lipat

Sumber : chrome-effect.ru

Tangga lipat cocok untuk ruangan yang sempit. Karena, tangga ini irit tempat. Untuk menggunakan tangga, Anda hanya perlu menurunkannya ketika akan digunakan.

Bila tidak dipakai, Anda bisa menggulungnya kembali, atau dinaikkan. Contoh desain gambar tangga rumah minimalis 2019 jenis ini pun sudah mudah ditemukan.

Dengan begitu, Anda bisa mengaplikasikannya dengan mudah. Baca Juga : Arsitek Desain Tangga Teras

  • Desain Tangga Sederhana

Sumber : woodstock.co.id

Desain tangga sederhana adalah jenis tangga yang umum digunakan. Biasanya berbentuk lurus atau “L”.

Materialnya full terbuat dari kayu, atau perpaduan antara kayu dan besi. Baca Juga : Kayu Jati vs Kayu Mahoni : Pilih mana ?

  • Desain Tangga Spiral

Sumber : interinoz.com

Model tangga spiral cocok untuk desain minimalis dan rumah kecil. Model tangga ini bahkan ada yang hanya memakan tempat 1 meteran saja.

Kolom tangganya bisa dibangun menggunakan material baja. Sedangkan anak tangganya, bisa Anda tempatkan material kayu.

Pilihlah material kayu terbaik. Agar, anak tangganya mampu bertahan lama. Salah satunya jenis material jati yang paling populer.

  • Tangga Melayang (Floating Stairs)

Sumber : rumahku.com

Tangga melayang adalah jenis tangga yang disematkan pada dinding. Tangga ini cocok dibuat menggunakan material kayu. Pegangannya bisa dipadukan dengan bahan kaca, besi, dan lainnya.

Floating stairs akan memberi kesan futuristik pada ruangan. Tapi, sebelum memilihnya, pertimbangkanlah dengan kenyamanan penghuni rumah. Karena, tidak semua orang cocok dengan tangga ini.

Itulah beberapa model yang bisa Anda pilih. Selain model di atas, masih banyak ide lain yang bisa Anda aplikasikan.

Menentukan Dimensi Tangga untuk Rumah Minimalis

Selanjutnya dalam cara membuat tangga rumah minimalis, Anda harus menentukan ukuran atau dimensinya. Pertama-tama, pertimbangkanlah sudut kemiringannya.

Sangat disarankan untuk membuat tangga dengan sudut kemiringan 40 derajat. Karena, jika lebih dari itu akan berisiko pada keamanan pengguna.

Opsional agar tangga yang Anda buat nyaman dan aman, gunakanlah ukuran mendatar (antrede) dan tegak (optrade). Kedua poin tersebut harus proporsional agar tangga nyaman digunakan.

Untuk menentukan rumus antrede dan optrade, Anda bisa menyimaknya berikut ini:

  • Antrede (Lebar Tangga) + Optrade (Tinggi Tangga) = 57 cm – 60 cm.

Rumus di atas didapat dari jangkauan langkah orang dewasa dengan tinggi normal. Jangkauannya bisa mencapai 57 cm hingga 60 cm.

Cara Membuat Tangga Agar Aman Digunakan

Sumber : bangun-rumah.com

Langkah selanjutnya adalah mengetahui cara membuat tangga yang aman digunakan. Membuat tangga harus dipertimbangkan dengan faktor keselamatan penggunanya.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebagai berikut.

  1. Desain tangga yang dibuat harus memiliki ukuran maupun bentuk yang selaras
  2. Permukaan tangga maupun lantai menuju tangga harus Anda lapisi dengan material anti slip
  3. Ada syarat khusus jika Anda membuat lebih dari 12 anak tangga. Yaitu, tangga harus memiliki area antara yang bebas halangan dengan yang datar
  4. Jarak permukaan tangga dan pegangan minimal 3 cm
  5. Gunakan warna kontras untuk area tangga. Fungsinya agar tangga masih terlihat ketika mendadak mati lampu. Cara ini pun bagus juga agar tangga tampak menarik secara visual.
  6. Berilah pencahayaan pada tangga dengan lampu. Khususnya jika tangga diletakkan di tempat yang minim cahaya alami. Fungsi dari cara ini agar tangga menjadi atraktif.

SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERMANFAAT !

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat