Tips Memilih Pipa PVC Berkualitas

Tips Memilih Pipa PVC Berkualitas

TIPS MEMILIH PIPA PVC BERKUALITAS

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Dalam pemilihan pipa pvc ada berbagai kelas yang memiliki kualitas yang memadai. Nah dalam artikel di bawah ini akan di bahas mengenai tips memilih pipa PVC yang berkualitas berdasarkan kelasnya. Mau tahu apa saja ? Selamat membaca !

Pipa Kelas AW

Pipa kelas AW adalah pipa yang dirancang dengan kekuatan tinggi sehingga sanggup menahan tekanan air dari dalam hingga 10 bar. Pipa ini yang paling tebal dibandingkan dengan pipa yang lainnya. Bahkan pipa kelas AW mampu menopang tekanan hingga 10 kg/cm2. Jadi pipa AW cocok sekali dipakai dalam pembuatan instalasi saluran air yang bertekanan tinggi atau saluran air yang memakai mesin pompa air. Kebanyakan pipa ii digunakan dalam pembuatan saluran penyediaan air skala rumah tangga, saluran air bawah tanah, serta instalasi saluran air kotor dan air bekas. Pipa kelas AW tersedia dengan ukuran mulai dari 1/2 inci sampai 12 inci.

BACA JUGA : Cara Melepaskan Sambungan Pipa PVC

Pipa Kelas D

Pipa kelas D merupakan pipa yang dirancang secara khusus agar mampu menahan tekanan air dari dalam hingga mencapai 5 bar. Di pasaran, pipa ini tersedia mulai dari ukuran 1,25 inci hingga 12 inci. Pipa kelas D adalah pipa yang memiliki tingkat ketebalan yang sedang. Pipa ini kuat menahan tekanan sampai 5 kg/cm2. Pada dasarnya, pipa kelas D lebih kuat daripada pipa kelas C serta lebih murah ketimbang pipa kelas AW. Sehingga pipa kelas D ini paling sering dijadikan sebagai pilihan utama oleh pembeli. Selain digunakan untuk membangun instalasi saluran pembuangan air di rumah tangga, pipa ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat saluran ventilasi udara.

BACA JUGA ; Menyambung Pipa Paralon Tanpa Sambungan

Pipa Kelas C/OD

Pipa kelas C biasa disebut pula pipa kelas

OD. Pipa ini biasanya digunakan untuk keperluan pembangunan saluran listrik yaitu sebagai pelindung atau selubung kabel litrik dan telepon sehingga lebih aman. Kadang-kadang pipa kelas C ini juga dimanfaatkan untuk membuat saluran air yang bertekanan rendah. Misalnya seperti saluran air di akuarium atau kolam ikan serta saluran drainase. Pipa C/OD memiliki ketebalan yang rendah. Pipa ini tersedia di toko bangunan dengan ukuran mulai dari 5/8 inci sampai dengan 4 inci.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat