Trik Memotong Kaca Yang Benar

Trik Memotong Kaca Yang Benar

TRIK MEMOTONG KACA YANG BAIK DAN BENAR

 

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Memotong kaca membutuhkan teknik yang benar, agar anda aman dari serpihan kaca yang halus. Memotong kaca tidak dapat dilakukan sembarang, untuk itu kami berikan tips cara memotong kaca yang baik dan benar.

Tips memotong kaca secara baik dan benar :

  • Alas Pemotongan

Persiapkan meja yang memiliki permukaan rata, serta siapkan pula alas untuk kaca tersebut. Kaca bisa dialasi dengan triplek, bisa juga dengan kayu dan lainnya.

Baca Juga : Keunggulan Kaca Transparan

  • Siapkan minyak tanah

Kaca yang dioles dengan minyak tanah ini lebih mudah dipotong, jadinya hasilnya semakin rapi. Hal ini dikarenakan minyak tanah berfungsi sebagai pelumas sehingga ketika proses pemotongan, gesekan yang dihasilkan dapat diminimalisir dengan sifat minyak yang licin. Hal tersebut membantu pergesekan agar lebih konsisten dan rapi.

  • Gunakan penjepit

Untuk alat penjepit kaca agar tidak bergeser, dapat menggunakan kop kaca maupun tali yang dibentangkan. Hal ini untuk memudahkan posisi pemotongan agar lebih nyaman dan ergonomis. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari resiko kaca terjatuh apabila dipegang menggunakan tangan kosong, serta memudahkan pemotongan mengikuti garis potong yang sudah dibuat.

  • Berhati-hati dalam proses belah kaca.

Dalam proses pemotongan, kaca yang sudah digarisi dapat selanjutnya dilakukan pembelahan dengan menggunakan tang penjepit maupun alat pemotong kaca. Namun lakukan secara perlahan dan hati-hati agar pembelahan tidak miring dan berantakan. Caranya dapat dengan menggoyangkan tang / penjepit secara perlahan hingga kaca terbelah.

Baca Juga : Cara Hilangkan Baret Pada Kaca

Dengan mengetahui cara pemotongan kaca yang tepat dan aman, pekerja dapat terhindar dari resiko bahaya.  Usahakan untuk selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti kacamata, sarung tangan, dan sepatu. Sebab ketika pemotongan / pembentukan, besar kemungkinan serpihan / partikel kecil kaca melanting ke udara, hingga menusuk bagian tangan maupun tubuh. Selain itu, resiko terkena serpihan kaca yang terjatuh ke bawah juga dapat diminimalisir dengan menggunakan sepatu pelindung.

Dalam proses pemotongan kaca, Anda bisa menggunakan berbagai benda. Seperti menggunakan alat pemotong kaca, mesin pemotong kaca, mesin gerinda, hingga palu. Namun, sangat disarankan menggunakan alat pemotong kaca ataupun mesin pemotong kaca, ketimbang menggunakan mesin gerinda ataupun palu. Karena peralatan tersebut memang didesain secara spesifik untuk kegiatan pemotongan kaca agar lebih rapi dan mudah.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat