Bangun Rumah Impian Tak Harus Mahal

Bangun Rumah Impian Tak Harus Mahal

Gambar terkait

Cara Hemat Biaya Bangun Rumah Impian

Bangun RumahMembangun rumah impian namun dengan tanpa mengeluarkan banyak biaya pasti menjadi keinginan setiap orang. Banyak yang berfikiran bahwa membangun rumah pastinya membutuhkan banyak biaya, kamu mungkin salah satunya. Namun ternyata kamu bisa loh, mendapatkan rumah impianmu tanpa memakan banyak biaya. Bagaimana caranya? Simak pembahasan berikut ini mengenai cara hemat membangun rumah impian.

Buat Daftar Kebutuhan Bahan

Rencanakanlah pembangunan rumah secara jelas dan detail. Jika kamu sudah tahu ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan, saatnya membuat anggaran secara rinci.

Anggaran kebutuhan ini akan menjadi acuan tiap kali akan membayar segala kebutuhan pembangunan nantinya.

Gunakan Desain Rumah Minimalis

Bukan hanya karena sedang trend, tapi desain rumah minimalis emang punya banyak kelebihan. Salah satu ciri konsep rumah minimalis adalah membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi.  Misalnya, ruang dapur bisa sekaligus jadi ruang makan.

Tanpa banyak ruangan, konsep desain minimalis tentu mampu menekan jumlah serta biaya penggunaan bahan bangunan. Selain itu, kamu yang gak memakai jasa arsitek gak perlu khawatir, karena banyak desain minimalis yang bisa kamu contek di Internet.

Survei Harga Material

Salah satu faktor yang suka bikin biaya bangun rumah membengkak adalah biaya bahan bangunan. Toko-toko bangunan punya harga material yang sangat variatif. Oleh sebab itu, sebelum mulai membeli, sediakanlah waktu khusus untuk riset lapangan.

Bisa jadi harga semen di toko A lebih murah dari toko B, tapi harga besi di toko B masih lebih murah dari toko A. Gak perlu sungkan untuk keluar masuk toko bangunan dan melakukan riset harga. Buatlah catatan daftar perbandingan harga dengan mempertimbangkan juga biaya transportasi menuju toko bangunan tersebut.

Baca Juga :

Gunakan Jasa Kontraktor Borongan

Tukang bangunan punya peranan penting dalam pembangunan rumah. Biasanya, biaya untuk membayar jasa merekalah yang paling menyita anggaran cukup besar. Oleh sebab itu, pilihlah tukang yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang baik.

Sistem tukang harian biasanya dinilai memiliki kualitas kerja yang lebih baik dibanding sistem borongan, karena sistem borongan mendorong tukang untuk buru-buru menyelesaikan pekerjaannya agar cepat selesai. Di sisi lain, pada sistem borongan kamu dapat memprediksi total biaya pekerjaan dengan lebih pasti daripada sistem harian. Pekerjaan sistem borongan biasanya juga lebih cepat daripada sistem harian, sehingga lebih bisa menekan biaya.

Bangun Secara Bertahap

Jika dana yang kamu punya masih terbatas, bukan berarti kamu harus menunda proses pembangunan rumah. Kamu bisa membangun secara bertahap, misalnya mulai dari fondasi, pendirian bangunan, pemasangan atap, hingga tahap penyelesaian.

Kamu bisa mengeluarkan biaya sesuai bujetmu saat ini untuk pembangunan tahap awal, lalu menabung kembali untuk tahap berikutnya. Cara ini bisa menahan biaya, sehingga uang yang dikeluarkan tidak langsung bikin kantong jebol.

Kelebihan lainnya, kamu jadi membeli dan menggunakan material secara efisien, sehingga menghindari ada material yang tak terpakai dan terbuang.

Itulah cara hemat membangun rumah impian yang bisa kamu lakukan. Selamat menciptakan rumah impianmu tanpa menghabiskan banyak biaya.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR – KONTRAKTOR JOGJA | JASA BANGUN RUMAH JOGJA | KONTRAKTOR JOGJA | JASA ARSITEK JOGJA | KONTRAKTOR DI JOGJA | JASA GAMBAR 3D JOGJA | JASA DESAIN RUMAH JOGJA | BANGUN RUMAH JOGJA merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3429 1916


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat