Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Cara Membuat Ruangan Kedap Suara

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor  Wajib diketahui bagi Anda yang mendambakan memiliki kamar pribadi yang nyaman tanpa suara bising dari luar atau senang memutar audio keras tanpa harus mengganggu orang di luar kamar.

Berikut cara membuat ruang kedap suara di rumah, yang telah merdeka.com rangkum dari berbagai sumber. Anda dapat mengaplikasikan cara ini di kamar pribadi atau menjadikan ruangan tertentu sebagai studio sendiri.

Cara Membuat Ruang Kedap Suara

1. Aplikasikan Gypsum

Cara membuat ruang kedap suara dengan mengaplikasikan gypsum. Celah di antara dinding dan gypsum dapat Anda isi dengan material peredam bunyi, seperti glasswool atau rockwool. Saat ini sudah tersedia jenis gysum yang dikhususkan untuk kedap suara dengan beragam ketebalan.

Gypsum dapat Anda pasang di dinding atau plafon rumah. Pemasangan papan gypsum ini cocok untuk ruangan sumber bising, seperti ruang TV, ruang musik, dan bermain. Namun, pastikan ketika memasang papan gypsum, beri jarak menggunakan rangka kayu atau hollow.

2. Memasang Karpet

karpet rev1

Cara membuat ruang kedap suara berikutnya ialah memasang karpet. Langkah kaki di rumah pasti menimbulkan gema suara yang terkadang mengganggu. Letakkan karpet yang tebal pada ruangan yang ingin Anda jadikan ruang kedap suara. Semakin tebal dan empuk, akan lebih mudah menyerap suara.

Karpet juga dapat Anda aplikasikan di plafon atas dan dinding, selain di lantai. Ketika budget dan waktu Anda tidak cukup untuk menggunakan papan gypsum, karpet tebal sebagai alternatif lainnya. Selipkan pula rug pad di bawah karpet, supaya lebih tebal dan lebih kedap suara.

3. Perbaiki Pintu dan Jendela

pintu dan jendela

Coba cek pintu dan jendela di rumah Anda. Jika ingin menjadikannya ruang kedap suara, pilihlah jenis pintu dengan desain solid, karena lebih tenang dibandingkan pintu dengan hiasan berukir.

READ  Pilihan Cermin Untuk Kamar Mandi

Kemudian Anda bisa mengganti jendela dengan kaca tiga panel untuk meredam suara dari luar. Jikalau Anda ingin membuat studio peredam suara, lebih baik tanpa jendela. Tutuplah menggunakan lapisan bantal dan papan gypsum.

4. Menutup Celah

Cara membuat ruang kedap suara berikutnya ialah menutup celah di pintu dan jendela. Gunakanlah door seal pada pintu Anda, supaya menahan suara untuk masuk maupun keluar. Pengganjal celah pintu ini akan membantu kamar Anda benar-benar kedap suara, terutama yang semakin tebal.

Selain mencegah suara, door seal juga baik untuk mencegah debu dan serangga masuk ke kamar. Kemudian supaya suara bising tidak menyelinap masuk melalui sela-sela jendela, dapat Anda pasang weather strpping. Yakni metode mengisi setiap celan jendela menggunakan karet khusus.

5. Menggunakan Rak Buku

Menggunakan rak buku dengan penataan buku yang penuh dan tidak renggang, merupakan cara membuat ruang kedap suara yang mudah. Beruntunglah bagi Anda yang suka mengkoleksi buku dan mencintai perpustakaan sendiri.

Keberadaan tumpukan buku di dalam rak yang tersusun rapi dan rapat, akan membuat ruangan Anda lebih kedap suara. Selain cantik dengan akses perpustakaan pribadi, privasi ruangan tanpa gangguan suara Anda tercapai juga.

6. Memasang Panel Akustik

Cara membuat ruang kedap suara selanjutnya ialah memasang panel akustik. Panel ini sangat bagus dalam menyerap suara dari frekuensi rendah hingga tinggi. Anda bisa membeli panel dengan bentuk lingkaran atau persegi ukuran 30.5 cm dan lekukan sedalam 5 cm (model bergelombang).

Anda bisa memilih yang berbahan fiberglass dengan lapisan luar terbuat dari mylar tipis berlubang. Jenis ini sangat unggul dalam menyerap suara, baik dari luar maupun dalam ruangan.

READ  Rencanakan Renovasi Rumah

BACA JUGA ARTIKEL MENGENAI “Cara Membuat Rumah Agar Terlihat Luas”

7. Insulasi

Cara membuat ruang kedap suara berikutnya ialah insulasi. Insulasi merupakan cara yang efektif untuk mencegah suara bising yang tidak diinginkan. Insulator berfungsi sebagai peredam suara dan mengurangi panas matahari merambat dai luar ke dalam rumah. Cara mengaplikasikannya mirip dengan memasang papan gypsum.

8. Tanaman Menjalar dan Rimbun

Cara membuat ruang kedap suara yang terakhir ialah membuat tanaman menjalar dan rimbun di luar rumah. tanaman dapat mencegah masuknya suara bising dari luar , seperti suara dari tetangga dan jalan raya.

Bisa juga Anda letakkan beberapa pot tanaman di ambang atau sisi jendela kamar. Kemudian keberadaan rumput bambu, semak tinggi, dan sebagainya di samping ruang kedap suara.

Itulah beberapa tips sederhana, cara membuat ruang kedap suara di rumah, supaya Anda bisa lebih nyaman dan tenang. Selamat mencoba.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat