Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak dan Tetap Dingin

Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak dan Tetap Dingin

Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak dan Tetap Dingin

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Salah satu produk elektronik yang banyak digunakan adalah kulkas. Kulkas atau lemari pendingin atau lemari es merupakan sebuah produk elektronik yang menggunakan proses pendinginan (refrigerasi) untuk menyimpan minuman dan makanan agar tetap segar dan tahan lama. Barang elektronik tersebut paling banyak ada di rumah tangga. Selain itu, kulkas juga digunakan oleh berbagai bisnis diantaranya yaitu bisnis restoran, cafe, dan lain sebagainya. Kulkas merupakan barang elektronik dan salah satu kelemahan barang elektronik yaitu mudah rusak. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat kulkas agar tidak cepat mengalami kerusakan. Kadangkala, perawatan kulkas kurang mendapat perhatian dari si pemilik karena kesibukannya ataupun kemalasannya. Padahal jika rajin merawat, maka kulkas tersebut dapat dipakai lebih lama daripada yang tidak dirawat akan cepat mengalami kerusakan. Berikut ini cara merawat kulkas supaya tidak cepat rusak dan tetap dingin.

Penyebab Kulkas tidak Dingin

1. Sering membuka tutup pintu kulkas

Mungkin hal tersebut terdengar agak sepele namun siapa sangka hal ini ternyata bisa merusak kulkas. Saat sobat VOIRE membuka pintu kulkas maka udara dingin di dalam kulkas akan tercampur dengan suhu ruangan.

Pada setiap pintu kulkas akan kembali ditutup, mesin pun akan menyesuaikan suhu runagan kembali agar tetap dingin dan stabil. Apabila hal ini sering terjadi berulang kali maka tidak menutup kemungkinan mesin pada kulkas akan terus bekerja keras dan cepat rusak.

Sehingga kulkas pun bisa menjadi tidak dingin.  Agar dapat meminimalisir buka tutup pintu kulkas terlalu sering, rencanakan barang apa saja yang akan sobat ambil di kulkas pada hari itu sehingga apabila memungkinkan usahakan untuk mengambil semuanya secara sekaligus.

Buat juga catatan pada pintu agar semua penghuni tidak membiasakan dirinya buka tutup pintu kulkas terlalu sering, atau sekedar membuat kesepakatan bersama juga bisa dilakukan kok!

READ  Inspirasi Sekat Ruangan Rumah Hemat

2. Karet pintu kulkas kering atau longgar

Penyebab Kulkas Tidak Dinging dan Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak

Setiap pintu kulkas pasti memiliki lapisan karet elastis paa bagian sisi pintu yang saling berhadapan dengan sisi bagian dalam kulkas. Karet ini memiliki fungsi untuk membuat ruangan pendingin dan freezer kedap dari udara di luar kulkas.

Apabila kulkas menjadi tidak dingin, bisa jadi lapisan karet tersebut mengalami kering atau longgar. Hal ini pun dapat membuat udara ruangan masuk dan menyebabkan suhu dalam kulkas menjadi lebih panas. Sudah pasti hal tersebut dapat membuat udara ruangan masuk dan membuat suhu dalam kulkas menjadi lebih panas.

Efek kulkas tanpa tutup freezer pada kulkas satu pintu juga cukup berbahaya lho untuk kualitas makanan serta ketahanan lemari es milik sobat lho!

3. Kulkas tidak dingin karena disusupi oleh benda panas

Siapa yang punya kebiasaaan memasukan makanan yang masih panas ke dalam kulkas dengan tujuan agar makanan tersebut jadi cepat dingin? Wah, jangan sekali-sekali melakukan hal tersebut lagi ya sob!

Hal tersebut dikarenakan suhu panas dari benda tersebut bisa mempengaruhi udara dingin di dalam ruangan pendingin. Mesin kulkas tentu akan bekerja dengan sangat ekstra untuk menyesuaikan lalu mendinginkannya.

Apabila hal tersebut dilakukan berulang-ulang, bukan tidak mungkin bila suhu kulkas bisa cepat drop. Sebaiknya biarkan dahulu makanan dan minuman menyesuaikan dengan suhu ruangan sebelum makanan dimasukan ke dalam kulkas.

4. Salah penempatan kulkas

Menempatkan kulkas bersebelahan dengan benda-benda panas juga dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin lho!

Misalnya benda elektronik di ruang keluarga atau dapur seperti televisi tabung, pemanas rumah dan lain-lainnya. Sebisa mungkin hindari meletakkan kulkas dekat dengan dinding yang terbuat dari kaca. Ohhiya, satu hal lagi, panas matahari yang ekstrem bisa membuat kulkas ikut cepat panas sehingga bisa jadi tidak maksimal dalam mendinginkan suhu kulkas bagian dalam.

5. Bunga es yang hinggap pada sisi dalam freezer

Udara dingin yang dihasilkan oleh mesin kulkas disalurkan ke dalam melalui lubang angin. Lubang angin tersebut bisa tertutupi oleh bunga-bunga es. Bunga es sendiri kerap menjadi masalah pada kulkas 1 pintu dan pada freezer kulkas 2 pintu.

READ  Desain Rumah di Jakarta

Akibatnya udara dingin tidak bisa tersalurkan dengan baik sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Apabila bunga es muncul, cobalah segera bersihkan dan cairkan dengan menembakkan kipas angin atau membiarkan kulkas dimatikan lalu pintunya dibuka.

6. Freon yang habis

Penyebab Kulkas Tidak Dinging dan Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak

Seperti AC, kulkas juga merupakan prodak pendingin yang membutuhkan Freon untuk membuat suhu dingin. Freon adalah senyawa gas atau cairan yang tidak berwarna, berbau dan juga tidak mudah terbakar.

Pada umumnya, Freon memang memiliki masa pakai dan perlu diganti apabila isi tabungnya menjadi habis. Bisa gas atau cairan Freon sudah habis dan sobat VOIRE lupa mengggantinya, sudah dipastikan kalau hal ini yang menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Biasanya Freon yang habis disebabkan oleh Freon yang bocor dan juga rusak. Lantas berapa lama Freon kulkas bisa habis? Hal ini tentu tergantung dari caramu merawat kulkas. Bisa saja di atas 5 tahun atau bahkan lebih.

7. Kompresor Kulkas yang melemah

Apabila sudah mengecek 6 hal yang Vira sebutkan diatas, namun ternyata kulkas masih saja bermasalah, cobalah untuk cek kompresor pada kulkas. Bisa dikatakan, kompresor ibarat jantung yang membuat seluruh komponen kulkas bekerja dengan sangat baik. Apabila bagian kompresor ini melemah, maka salah satu akibatnya ialah suhu kulkas yang jadi memanas.

Ada baiknya sobat VOIRE memanggil jasa servis kulkas untuk mengecek dan membetulkan kompresor kulkas yang rusak.

Memperbaiki Kulkas yang tidak dingin

1. Periksa kabel power supply dan juga relay

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah kabel power supply. Pastikanlah kalau kabel tersebut tidak ada yang putus, dan begitu juga pada bagian relay. Sobat masih bisa menggunakan multitester untuk memastikan keduanya masih terhubung dengan baik.

READ  Tips Rumah Bebas Nyamuk

Apabila ternyata kabelnya putus, cobalah untuk sambungkan dengan menggunakan solasi. Sama halnya jika ini terjadi pada relay, silahkan untuk mengganti relay tersebut dengan yang baru. Apabila sudah, silahkan colokan kabel power kulkas ke listrik.

Jika mesin kompresor tetap tidak mau hidup, cobalah untuk periksa komponen overload.

2. Memeriksa komponen overload

Penyebab Kulkas Tidak Dinging dan Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak

Overload ini memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya overheat atau panas yang berlebih pada mesin kompresor. Jadi, bimetal pada overload ini putus, keropos atau tidak sedikit yang terbakar, otomatis dapat membuat mesin menjadi tidak hidup.

Cara yang paling mudah mengidentifikasi overload tersebut masih bagus atau tidak yaitu dengan melihat bagaimana kondisinya.

Jika komponen tersebut keropos atau terdapat bekas kebakar, ada besar kemungkinan overload itu sudah rusak. Supaya lebih pasti, silahkan sobat ganti saja dengan komponen overload yang baru.

3. Periksa thermostat atau timer otomatis

Penyebab Kulkas Tidak Dinging dan Cara Merawat Kulkas Supaya Tidak Cepat Rusak

Setelah diperiksa dengan seksama, ternyata baik kabel, relay dan overload masih bagus akan tetapi mesin pada kulkas tetap mati, sekarang cobalah periksa pada bagian thermostat. Alat ini letaknya ada pada bagian dalam kulkas.

Untuk memeriksanya cobalah gunakan multitester dengan posisi range pada oHm. Kemudian sambungkan kebale pada multitester dengan kedua socket thermostat, sambil memutar knop searah dengan jarum jam.

Khusus untuk kulkas dengan model 2 pintu ada satu lagi yang perlu di cek, yaitu timer otomatis. Letaknya berada di dalam kulkas pada bagian bawah, namun ada juga yang di belakang kulkas dekat dengan mesin kompresor.

Jika ingin memastikan apakah timer masih bagus atau tidak, cobalah putar ke kanan sampai terdengar bunyi “tik” sebanyak dua kali. Supaya lebih jelas, silahkan baca fungsi timer otomatis pada kulkas 2 pintu.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat