Desain Mezzanine Simak Keunggulan dan Kekurangganya Berikut

Desain Mezzanine Simak Keunggulan dan Kekurangganya Berikut

Desain Mezzanine, Simak Keunggulan dan Kekurangganya Berikut

7 Cara Membuat Mezzanine Baja Ringan - RumahLia.com

Arsitek Indo KontraktorMezzanine adalah suatu lantai tambahan yang memiliki desain terbuka dengan ketinggian rendah di dekat plafon. Pembuatan mezzanine biasanya dilakukan untuk menambah ruang dalam rumah tanpa harus membuat lantai baru yang masif. Dalam konstruksi rumah, mezzanine merujuk pada lantai tambahan di antara langit-langit dan lantai yang dibangun tanpa sekat. Ukurannya lebih kecil dari lantai utama sehingga lebih mirip balkon tambahan, tetapi di dalam ruangan. Tapi sebelum itu ada baiknya Anda mencari tau dulu desain mezzanine simak keunggulan dan kekurangganya berikut

 

 

Kelebihan Mezzanine Baja Ringan

4 Kelebihan Mezzanine Dari Baja Ringan

1. Instalasi yang Mudah

Kelebihan penggunaan baja ringan pada mezzanine yang pertama adalah instalasinya yang mudah. Kemudahan pemasangan ini sangat mempercepat proses pemasangan baja ringan dalam pembangunan mezzanine. Oleh karena itu, baja ringan lebih diburu oleh masyarakat karena instalasinya yang lebih mudah dibandingkan dengan material lainnya.

2. Beban yang Ringan

Penggunaan baja ringan pada mezzanine juga memberi keuntungan lain, yaitu beban yang ringan. Bobot yang ringan ini tentu tidak akan membebani konstruksi rumah yang sudah ada. Oleh karena itu mezzanine dari baja ringan ini bisa menjadi alternatif solusi bagi Anda yang khawatir jika pembangunan mezzanine akan membebani konstruksi rumah.

3. Kekuatan yang Tinggi dan Tahan Lama

Kelebihan lain dari penggunaan baja ringan lainnya adalah kekuatan yang sangat tinggi dan tahan lama. Baja ringan ini mampu menahan berat tanpa penopang besi atau cor seperti pada beton. Konstruksi baja ringan ini juga memiliki daya tahan yang kuat sehingga awet dan tahan lama. Penggunaan baja ringan ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang memikirkan keawetan konstruksi jangka panjang.

READ  Cara Mengatasi Pintu Geser Macet

4. Harga yang Terjangkau

Dibandingkan dengan material lainnya, baja ringan cenderung lebih murah. Baja ringan bahkan disebut-sebut lebih ekonomis dibandingkan kayu. Hal ini karena daya tahan baja ringan yang sangat panjang. Jadi Anda bisa menghemat biaya dengan menggunakan baja ringan.

 

Kekurangan Mezzanine Baja Ringan

Mezzanine Baja Ringan: Kelebihan serta Cara Membuatnya

1. Mudah Berkarat

Perawatan yang kurang tepat akan memudahkan munculnya karat pada baja ringan. Usahakan baja ringan tidak terlalu sering terkena air karena akan sangat cepat memicu karat pada baja. Anda harus berhati-hati dalam merawat material yang satu ini agar lebih awet dan tahan lama.

2. Cenderung Mahal dengan Budget Terbatas

Meski sebelumnya disebutkan bahwa penggunaan baja ringan untuk mezzanine cukup ekonomis, namun dengan budget terbatas pengeluaran untuk baja ringan justru cenderung mahal. Disebut ekonomis karena biaya yang dikeluarkan sepadan dengan daya tahan dan kekuatannya yang awet dan tahan lama. Dengan begini Anda jadi tidak perlu melakukan renovasi dalam jangka waktu yang panjang.

3. Tampilan yang Kurang Rapi

Kelemahan lain dari baja ringan adalah tampilannya yang kurang rapi. Baja ringan tidak begitu fleksibel seperti kayu, terutama dalam pemotongan. Hal ini bisa membuat bentuk-bentuk pada profil baja ringan. Bentuk inilah yang akan membuat tampilan mezzanine jadi tidak begitu rapi.

4. Baja Ringan belum Terbukti Ramah Lingkungan

Hal lainnya yang harus menjadi pertimbangan Anda juga adalah baja ringan yang belum terbukti ramah lingkungan. Selama ini publikasi mengenai baja ringan yang ramah lingkungan tidak begitu banyak. Hal ini menjadi salah satu kekurangan dari penggunaan baja ringan sebagai mezzanine.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya, dan simak berbagia tips serta inspirasi menarik sep utar desain konstruksi hanya di website Arsitek Indo Kontraktor.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *