Inspirasi Desain Rumah Minimalis 4,5×11 Meter yang Ramah Lingkungan

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 4,5x11 Meter yang Ramah Lingkungan

Inspirasi Desain Rumah Minimalis 4,5×11 Meter yang Ramah Lingkungan

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan KontraktorRumah ramah lingkungan atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah Eco-house dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan pada sekitar kita. Pada prinsipnya, rumah ramah lingkungan tidak hanya terlihat dari materialnya namun juga dari bagaimana ekosistem rumah tersebut terbangun dan terjaga, terutama soal pemeliharaan energi. Berikut iniInspirasi Desain Rumah Minimalis 4.5×11 Meter yang Ramah Lingkungan. Yuk simak inspirasinya

 

 

Fasad Bernuansa Hitam

desain rumah minimalis

Fasad rumah ini memiliki lubang-lubang kecil yang bisa meneruskan cahaya matahari. Namun, tetap dapat mengurangi intensitas panas yang masuk ke dalam rumah. Jadi, meski berwarna hitam, hunian ini tetap bisa memberikan kesan adem.

Ruang Kerja 

desain rumah minimalis

Awalnya, lantai satu rumah akan terisi oleh kamar tidur utama. Namun, pemilik rumah mengurungkan niatnya karena pertimbangan anak-anak yang masih kecil. Untuk itu, lantai pertama rumah ini menjadikan ruangan untuk bekerja.

Ruang Keluarga

desain rumah minimalis

Naik ke lantai dua, terdapat ruang keluarga yang digunakan sebagai tempat berkumpul. Dengan konsep open space, area ruang keluarga ini terlihat cukup lega dengan penggunaan furnitur yang tak terlalu besar. Selain itu, kesan luas juga terasa karena adanya jarak antara rak televisi dan sofa minimalis. Dengan konsep ramah lingkungan, lantai rumah di ruangan ini menggunakan limbah kayu dari pertanian karet yang didaur ulang.

Tak hanya lantai, beberapa furnitur dan material interior lainnya juga diketahui berasal dari kayu daur ulang.

Dapur Rumah

desain rumah minimalis

Berada tepat di sebelah ruang keluarga, kamu akan menggunakan dapur rumah minimalis. Area ini tampak cantik dengan dominasi kitchen set dengan material kayu. Untuk area makan, pemilik rumah memiliki meja makan minimalis berwarna putih yang berukuran cukup besar. Sementara, kursi minimalis dengan warna senada juga digunakan untuk menghemat penggunaan ruang di area meja makan.

READ  Jenis Tanaman Untuk Rooftop Garden

Pemilik rumah juga menggunakan wadah bekas pakai untuk menyimpan peralatan makan agar meminimalisir pembelian barang baru.

Kamar Tidur Utama dan Kamar Anak

desain rumah minimalis

Lantai tiga rumah berisi kamar tidur utama dan kamar anak yang terlengkapi dengan satu kamar mandi. Kamar utama melengkapi dengan area balkon minimalis yang bisa tergunakan untuk sarapan atau bersantai  sore hari. Baik kamar tidur utama maupun kamar tidur anak menggunakan konsep tempat tidur tanpa ranjang dan dipan. Hal itu membuat ruangan jadi terlihat lebih luas karena membuat langit-langit jadi terlihat lebih tinggi.

Dua kamar ini terlihat menggunakan interior bergaya industrial dengan kehadiran dinding unfinished, yang hanya terlapisi semen tanpa cat.

Sistem Ramah Lingkungan

desain rumah minimalis

Rumah ini juga memiliki beberapa fitur dengan sistem yang ramah lingkungan.Salah satunya adalah istem daur ulang air hujan, wastafel, dan limbah mandi. Daur ulang air ini menggunakan pemilik rumah dapat menggunakan kembali limbah air untuk menyiram tanaman dan flushing toilet. Sementara, sampah organik  dapur juga terolah sedemikian rupa untuk terjadikan pupuk kompos.

Untuk menghemat penggunakan listrik pada rumah, terdapat panel surya yang tergunakan untuk menghemat energi. Desain rumah minimalis ini bisa kamu jadikan contoh jika tertarik memiliki rumah mungil yang ramah lingkungan.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat