Jenis Sedotan Ramah Lingkungan, Kamu Sudah Punya yang Mana?

Jenis Sedotan Ramah Lingkungan, Kamu Sudah Punya yang Mana?

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Sampah plastik telah terbukti mengancam kehidupan biota laut. Survei yang dilakukan oleh University of Exeter, Inggris menemukan terdapat kurang lebih 1,000 penyu dan 120 spesies mamalia laut yang mati setiap tahunnya akibat terjerat atau menelan sampah sedotan plastik. Demi mendukung gerakan ramah lingkungan, Starbucks pun berencana akan memberhentikan pemakaian sedotan plastik di seluruh gerainya pada tahun 2020 mendatang, sambil menggantinya dengan alternatif yang terbuat dari kertas yang mudah terurai secara alami (biodegradable paper straw). Jika kamu kerap menggunakannya di rumah, sudah saatnya ikut mengganti sedotan plastik dengan jenis lain yang lebih ramah lingkungan. Selain biodegradable paper straw, inilah beberapa jenis sedotan siap guna yang lebih aman dibandingkan dengan yang terbuat dari plastik. Berikut ini jenis sedotan ramah lingkungan, kmau sudah punya yang mana?

Manfaat Plastik

Plastik memang barang yang banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Plastik dinilai praktis digunakan karena sifatnya yang ringan dan kedap air. Namun, terlepas dari manfaat yang didapatkan, ternyata plastik memberikan dampak buruk bagi lingkungan karena membutuhkan waktu hingga ratusan bahkan ribuan tahun untuk bisa terurai.

Dari sekian banyak sampah plastik, sedotan menjadi salah satu benda berbahan plastik yang sering digunakan. Penggunaan sedotan plastik dinilai lebih praktis dan higienis karena merupakan produk sekali pakai. Bayangkan jika dalam sehari setiap orang memakai satu sedotan plastik, berapa banyak sampah dari sedotan plastik yang dihasilkan manusia di dunia ini. Padahal, sampah dari sedotan plastik merupakan limbah yang sulit terurai dan telah terbukti mengancam kehidupan biota laut. Hasil journal dan penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter di Inggris, setidaknya dalam setahun akan ada 1.000 penyu dan 120 spesies mamalia laut mati karena terjerat atau menelan sampah dari sedotan plastik.

Menyikapi keadaan ini, ternyata masih banyak pihak-pihak yang peduli. Beberapa komunitas menciptakan kreativitas baru dengan membuat sedotan ramah lingkungan. Dengan temuan-temuan tersebut, maka manusia tetap nyaman karena masih bisa menggunakan sedotan. Selain itu, lingkungan akan tetap terawat karena penggunaan sedotan plastik yang sekali pakai berkurang bahkan mungkin nantinya tidak akan ada lagi. Dengan demikian, lingkungan akan aman dari sampah sedotan plastik/

READ  Fungsi Kanopi Untuk Jendela

Bagi kamu yang ingin berperan terhadap kelestarian lingkungan, sudah saatnya untuk mengganti sedotan plastik yang biasa kamu gunakan dengan produk sedotan ramah lingkungan. Sebagai rekomendasi, berikut ini jenis sedotan ramah lingkungan yang dapat digunakan sebagai pengganti sedotan plastik dari SpaceStock.

Sedotan Stainless Steel

Sedotan stainless steel atau logam termasuk sedotan ramah lingkungan yang sudah banyak ditemukan di pasaran. Ini berbahan Stainless steel tidak hanya ramah lingkungan, namun juga lebih awet dan ekonomis karena dapat digunakan berulang kali.

Setelah digunakan, sedotan ini kemudian dapat dibersihkan dan disimpan untuk digunakan lagi saat diperlukan. Untuk mencuci sedotan stainless steel, kamu bisa menggunakan straw brush, yaitu sikat sedotan yang dirancang khusus untuk membersihkan sedotan ini. Kamu juga sudah bisa mendapatkannya dengan mudah di pasaran.

Sedotan stainless steel sangat aman untuk dibawa berpergian karena tidak mudah patah atau rusak. Sekarang, desain sedotan stainless steel sudah mulai dikembangkan. Tidak hanya berbentuk lurus seperti awal dikenalkan, sekarang sudah banyak yang menjual sedotan ini dalam bentuk melengkung di bagian atasnya.

Sedotan Silikon

Salah satu keunggulan sedotan silikon adalah teksturnya yang elastis dan tidak mudah rusak saat dilipat. Selain ramah lingkungan, sedotan ini sangat cocok untuk anak kecil karena tidak merusak gigi.

Ukurannya relatif besar sehingga bisa digunakan untuk menyeruput minuman yang mengandung jeli. Sedotan silikon mudah dibersihkan dan bisa direbus agar tetap steril dan aman untuk minuman dingin dan hangat.

Sedotan Bambu

Meskipun tidak memiliki daya tahan dan kekuatan seperti stainless steel, tapi sedotan bambu cukup efektif untuk menggantikan sedotan plastik. Bambu termasuk bahan alami yang tidak membahayakan lingkungan dan kesehatan. Selain itu, bambu mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan.

READ  Kelebihan dan Kekurangan Lantai Kayu

Jika dibandingkan dengan sedotan stainless steel, harga sedotan bambu jauh lebih terjangkau. Sedotan bambu juga dapat digunakan berulang kali dengan perawatan yang lebih baik.

Keunggulan lain dari sedotan ramah lingkungan yang satu ini adalah aroma khas yang dikeluarkan dari sedotan bambu menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya.

Sedotan Jerami

Selain bambu, ada sedotan jerami menjadi alternatif sedotan ramah lingkungan dari bahan alam.  Ini juga banyak dilirik oleh restoran dan bar karena desainnya yang lebih licin dibanding sedotan bambu.

Sedotan Kaca

Sedotan kaca juga bisa menjadi alternatif pengganti sedotan plastik dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Pada umumnya bebas dari bahan kimia industri yang sering digunakan dalam produk plastik dan resin.

Hanya saja, sifat kaca yang mudah pecah menjadi kekurangan sedotan ini. Selain itu, jika terjadi retakan pada ujung sedotan akan berisiko melukai mulut. Maka dari itu, jika kamu tertarik menggunakan sedotan kaca, kamu harus tetap hati-hati dan merawatnya dengan baik.

Sedotan Akrilik

Sedotan akrilik memiliki sifat yang hampir sama dengan kaca. Namun, pada umumnya sedotan ini dibuat bermotif atau berwarna-warni, lengkap dengan hiasan atau gantungan kecil yang mempercantik tampilan sedotan. Di beberapa negara, sedotan ini cocok digunakan untuk dekorasi minuman saat jamuan atau pesta.

Keunggulannya adalah tahan terhadap suhu panas dan dingin serta mudah dibersihkan. Sedangkan kelemahannya mudah retak jika jatuh atau terbentur. Seiring berjalannya waktu dan karena sering dibersihkan, warnanya akan berubah kusam.

Sama seperti sedotan kaca, jika sangat berisiko jika terjadi retakan pada salah satu ujungnya, karena bisa melukai mulut. Selain itu, sedotan ini tidak cocok digunakan untuk anak-anak.

Sedotan Es

Sedotan es merupakan ide yang paling kreatif. Selain ramah lingkungan, sedotan ini mengajarkan untuk setiap orang agar bisa membuatnya sendiri. Caranya hanya dengan menggunakan cetakan es berbentuk sedotan.

READ  Model Tiang Rumah Gaya Minimalis

Sekarang, kamu sudah bisa membeli cetakan tersebut secara online. Meskipun harganya cukup mahal, tapi dengan cara ini kamu bisa membuat sedotan sebanyak yang kamu inginkan.

Sedotan Kertas

Ini merupakan sedotan ramah lingkungan yang mempunyai desain menarik. Telah menjadi alternatif paling populer dan banyak digunakan di sejumlah negara untuk menggantikan sedotan plastik. Selain mempunyai desain yang menarik, sedotan kertas juga mempunyai harga yang cukup terjangkau. Sedotan kertas bersifat sama dengan sedotan plastik, yaitu satu kali pakai. Namun, sedotan kertas membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk terurai, hanya sekitar 2 sampai 6 minggu saja.

Sedotan Rumput Laut

Sedotan rumput laut merupakan salah satu inovasi yang diproduksi oleh perusahaan Loliware Amerika Serikat. Ini terbuat dari rumput laut, sehingga aman untuk dikonsumsi. Menariknya lagi, bisa dimakan pula dan jika dibiarkan selama 24 di dalam air, maka sedotan ini akan larut dengan sendirinya. Sehingga sangat ramah lingkungan dan tidak menyebabkan penumpukan sampah.

Sedotan Bisa Dimakan

Sebenarnya, kreasi sedotan ini bukanlah 100% sedotan, tetapi menggunakan makanan yang berfungsi sebagai sedotan pula. Di Indonesia, biasanya menggunakan kue. Namun, sedotan ini mulai populer dan biasa digunakan di kafe-kafe maupun restoran. Kamu bisa langsung mengunyah sedotannya karena memang edible. Sebagai pengganti sedotan plastik, sedotan ini cukup efektif, kan?

Ternyata, jenis sedotan ramah lingkungan yang bisa kamu gunakan cukup banyak, kan. Sedotan ramah lingkungan ini bisa  kamu beli di toko konvensional atau toko online. Tapi, sebaiknya kamu perhatikan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sedotan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Selain dengan membeli sedotan, kamu juga bisa berkreasi dengan membuat sedotan sendiri, misalnya membuat sedotan bambu, jerami, sedotan es, atau sedotan kue yang mudah ditemukan bahan dan alatnya.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat