Kusen Kayu Bebas Brush Mark

Kusen Kayu Bebas Brush Mark

TIPS MENGECAT KUSEN BEBAS BRUSH MARK

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Tidak jarang ditemui kasus pada saat mengecat kusen hasil tidak sesuai ekspetasi karena adanya brush mark.  Mengecat kusen kayu adalah hal yang paling mudah karena bidang yang diaplikasikan tidak luas tetapi siku dan sempit sehingga jika hasil pengecatan tidak terlalu rapi tidak akan terlihat. Berikut ini alat-alat yang Anda butuhkan ketika melakukan pengecatan pada kusen:

BACA JUGA : Mengenal Desain Rumah Minimalis

  1. Kuas berukuran 3 inci atau kuas sponge
  2. Cat kayu warna natural
  3. Bahan pelarut (thinner atau air)
  4. Amplas alumunium oxide no. 400
  5. Kain lap bersih dan kering

Cara Aplikasi:

  • Pertama pastikan kusen kayu bersih dan kering, jika Anda melakukan recoating maka hilangkan lapisan cat yang lama hingga bersih.
  • Campurkan cat kayu dengan bahan pelarut yang sesuai dan gunakan takaran sesuai dengan cara aplikasi dalam kemasan. Aduk hingga tercampur benar. Ingat, ketika akan mengaplikasikan pada kusen selalu aduk cat karena pasti terjadi pengendapan yang akan memberikan tampilan warna berbeda.
  • Untuk bebas brush mark sebaiknya gunakan kuas dengan bulu halus atau jenis kuas sponge. Kuas sponge dapat menyerap cat dengan baik dan tidak meninggalkan brush mark karena sapuan sponge yang halus.
  • Lakukan sapuan searah serat kayu karena jika berlawanan maka serat kayu akan tertutup oleh sapuan kuas. Tunggu cat hingga kering benar baru diamplas. Perhatikan pengamplasan harus diamplas ambang agar cat tidak hilang semua. Pengamplasan ini bertujuan untuk memperhalus tekstur saja.
  • Jika sudah diamplas aplikasikan kembali cat dengan kuas searah serat kayu. Anda bisa mengaplikaskan cat berulangkali hingga mendapatkan warna yang sesuai.
  • Hal terakhir adalah pemberian clear coat sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.
READ  Ketahui Penyebab Keramik Lantai Retak

Jika Anda melakukan cara mengecat kusen kayu di atas maka bekas sapuan kuas atau brush mark tidak akan muncul terutama pada arah sapuan kuas yang serah serat kayu.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat