Kenali Jenis Jenis Fasad Bangunan

Kenali Jenis Jenis Fasad Bangunan

KENALI JENIS JENIS FASAD BANGUNAN

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Ada beberapa jenis fasad bangunan, jika anda inin membangun rumah, anda wajib mengetahui jenis jenis fasad rumah ini. nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai apa saja jenis jenis fasad pada bangunan. Mau tahu apa saja ? mari simak ulasan di bawah ini. Selamat membaca !

1. Fasad Rumah Klasik

fasad rumah klasik

Sumber: masterplanbuilders

Apa sih kesan yang pertama kali Anda lihat saat bertemu dengan rumah bergaya klasik? Ya, kesan megah biasanya akan Anda temui saat melihat fasad dari rumah bergaya klasik. Kemegahan ini tercipta dari bentuk simetris antara sisi kanan dan kiri rumah. Selain itu, fasad rumah klasik dapat dikatakan memiliki desain yang rumit seperti pada pintu, jendela hingga atapnya. Fasad rumah klasik menampilkan detail yang khas seperti panel-panel cekung pada atap, kolom bergalur, atau jendela dengan tepi molding.

2. Fasad Rumah Minimalis

fasad rumah minimalis

Sumber: pinterest

Berbeda dengan rumah klasik, fasad pada rumah minimalis cenderung lebih simpel dan tidak memiliki banyak detail. Desainnya yang modern dan sederhana ini cenderung membuat orang tidak jenuh dan membuat desain rumah minimalis semakin disukai pada beberapa tahun belakangan. Fasad rumah minimalis biasanya terdiri dari bentuk-bentuk geometri yang tegas serta didominasi dengan warna monokrom yang mampu membuat fasad terlihat bersih dan terang. Tak hanya itu, fasad pada rumah minimalis juga menggabungkan beberapa unsur alam seperti batu alam dan kayu sebagai aksennya.

3. Fasad Rumah Mediterania

fasad rumah mediterania

Sumber: homedit

Gaya mediterania merupakan gaya arsitektur yang berasal dari Amerika. Gaya ini memang mempunyai ciri khas yang bisa membuat fasad tampak teduh, yaitu dengan adanya ornamen serta penggunaan warnanya yang hangat. Beberapa warna hangat yang umumnya digunakan pada fasad rumah mediterania seperti oranye, kuning, krem, atau biru muda. Selain warna, adanya atap yang melindungi bagian fasad juga membuat rumah dengan gaya mediterania terlihat lebih sejuk. Jadi, tipe fasad yang satu ini sangat cocok digunakan pada negara beriklim tropis seperti Indonesia yang cenderung panas.

READ  Wujudkan Rumah Impian dengan Minim Biaya

4. Fasad Rumah Country

fasad rumah country

Sumber: mcdonaldjoneshomes

Saat melihat rumah country, Anda akan disuguhkan dengan fasad rumah yang teduh dan rindang. Biasanya fasad didominasi dengan unsur kayu yang sederhana dan desain klasik yang menjadi ciri menonjol dari fasad rumah country. Selain itu, rumah gaya country juga dilengkapi dengan model teras rumah berbahan dasar kayu. Teras yang menonjol ke arah taman ini memberikan suasana yang segar dan alami. Ini ditambah juga dengan ornamen berupa tanaman-tanaman hijau. Tampilannya yang sederhana inilah yang menjadi kelebihan dari fasad bergaya country.

5. Fasad Rumah Rustic

fasad rumah rustic

Sumber: onekindesign

Gaya rustic identik dengan warna-warna hangat seperti cokelat, abu-abu, atau beberapa variasi dari warna hitam. Selain itu, rustic juga biasanya cenderung menggunakan material bahan dasar seperti kayu, batu, atau logam. Batu-batu yang teksturnya kasar dan kontras sengaja dibiarkan alami sehingga tampilan rumah kental akan unsur natural. Keunikan dari fasad rumah rustic adalah material yang tidak diberi finishing. Material juga tidak diampelas atau dipernis untuk menonjolkan tampilan alaminya.

6. Fasad Rumah Mid-Century

fasad rumah mid-century

Sumber: curbed

Fasad rumah mid-century cenderung asimetris dengan langit-langit datar dan banyak sudut. Bagian fasad juga biasanya berintegrasi dengan bagian dalam rumah dengan penggunaan pintu geser dan kaca penuh yang membuat pandangan bagian dalam rumah tidak terhalangi.

7. Fasad Rumah Bohemian

fasad rumah bohemian

Sumber: thedecorista

Jika biasanya tampilan fasad rumah dibuat rapi dan teratur, berbeda dengan fasad bohemian yang kaya akan warna dan tanpa batas. Gaya bohemian sebenarnya tidak memiliki aturan yang baku, seringkali juga mencampurkan beberapa gaya seperti vintage, klasik, atau rustic. Tirai dan gorden, serta jendela warna-warni biasanya menyambut Anda saat memasuki rumah bergaya bohemian.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat