Mengenal Jenis Batu Marmer

Mengenal Jenis Batu Marmer

MENGENAL JENIS JENIS BATU MARMER

ARSITEK INDO KONTRAKTOR | Anda ingin mempercantik rumah anda dengan batu marmer?. Ada berbagai jenis batu marmer cantik untuk rumah anda. maka dari itu anda wajib mengetahui jenis jenis batu marmer sebelum anda membeli sobat. Nah pada artikel di bawah ini akan di bahas mengenai berbagai jenis batu marmer. Mau tahu apa saja ? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Batu Marmer Onyx

Jenis Marmer Onyx

Marmer yang satu ini memang menyerupai batu onyx, tetapi karakteristiknya agak berbeda. Karena marmer onyx terdiri dari mineral chalcedony, cryptocrystalline, silica halus, dan moganite. Semua kandungan tersebut membentuk lapisan-lapisan transparan dengan warna yang sangat variatif. Tak mengherankan jika onyx menjadi salah satu jenis batu marmer yang sangat disukai oleh para arsitek dan desainer interior.

2. Batu Marmer Ornamental

Marmer Ornamental

Jenis marmer ornamental memiliki pola yang menarik dan tampak simetris. Konon, jenis batu yang satu ini sudah digunakan sejak zaman mitologi Yunani, yaitu saat para pemahat membuat bangunan berpilar dan patung dewa-dewa Olympus. Meskipun teksturnya terbilang agak kasar, ornamental marble cukup mudah dipahat dibandingkan batuan marmer lainnya.

3. Batu Marmer Architectural

Marmer Architectural

Keunggulan marmer ini adalah tekstur dan polanya yang sangat beraneka ragam. Selain itu, architectural marble juga memiliki tingkat ketahanan yang kuat. Sehingga cocok digunakan untuk bagian eksterior maupun interior rumah. Tak hanya kokoh selama bertahun-tahun, lantai rumah pun akan terlihat semakin elegan dengan penggunaan architectural marble.

4. Batu Marmer Cipolin

Marmer Cipolin

Salah satu ciri khas cipolin marble adalah warnanya yang gelap dengan tekstur berlapis-lapisan. Kadang kala lapisannya menyerupai layer cake tetapi bisa juga berbentuk abstrak. Jenis batu marmer ini kerap digunakan untuk menyempurnakan interior rumah dan countertop dapur.

5. Batu Marmer Shell

Marmer Shell

Jenis marmer yang tergolong paling mahal adalah shell marble. Harga tersebut masuk akal karena penampilannya sangat unik dan langka. Shell marble terbentuk dari fosil makhluk hidup yang membentuk lapisan-lapisan batu artistik. Keunikan marmer ini membuatnya kerap dijadikan sebagai titik fokus pada suatu ruangan. Agar salah satu ruangan lantai rumah Anda terlihat lebih istimewa dibandingkan ruangan lainnya di rumah, gunakan jenis batu marmer yang satu ini.

READ  Rawat Hiasan Batu Alam

6. Batu Marmer Statuary

Jenis Marmer Statuary

Marmer statuary mudah dikenali karena ciri khas polanya berupa retakan-retakan. Keunikan tersebut membuat marmer ini sering digunakan untuk material lantai rumah. Statuary marble terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  • Polished marble: marmer yang permukaannya mulus dan mengkilap
  • Honed marble: marmer dengan tekstur permukaan
  • Acid marble: marmer yang permukaannya timbul dan terasa agak kasar

7. Batu Marmer Breccia

Marmer Breccia

Jika Anda membutuhkan marmer yang teksturnya agak kasar, breccia marble dapat menjadi alternatif yang tepat. Corak marmer ini sangat cantik dan berwarna cerah. Penggunaan breccia marble akan mudah menyatu dengan elemen ruangan rumah lainnya sehingga terkesan serasi.

8. Batu Marmer Limestone

Marmer Limestone

Batu marmer limestone juga salah satu jenis yang sangat disukai banyak orang. Selain karena coraknya yang menarik, marmer limestone juga mudah dibersihkan, anti lumut, dan tidak licin bila terkena air. Tak mengherankan bila banyak orang menggunakannya sebagai elemen untuk kolam renang dan kolam ikan di rumah.

BACA JUGA:  7 Ciri Desain Interior Vintage untuk Rumah Modern

9. Batu Marmer Ruin

Marmer Ruin

Salah satu keunggulan ruin marble adalah teksturnya yang sangat halus. Karena biasanya marmer ini terdiri dari endapan kristal yang membentuk pola unik. Ada dua warna ciri khas ruin marble, yaitu cokelat dan krem. Anda bisa memilih marmer ini kalau ingin memberikan aksen bernuansa tanah pada interior maupun eksterior rumah.

10. Batu Marmer Hijau

Marmer Hijau

Marmer hijau bukanlah batuan yang terbentuk secara alami melainkan hasil buatan manusia. Ciri khasnya adalah warna hijau lumut dengan pola menyerupai statuary marble. Orang yang menyukai warna hijau kerap menggunakan marmer ini untuk bagian dapur, alas meja, maupun elemen eksterior.

READ  Perawatan Lantai Marmer

Baca Juga : Kelebihan Dan Kekurangan Batu Alam

11. Batu Marmer Budidaya

Jenis Marmer Budidaya

Hampir sama dengan marmer hijau, marmer budidaya juga merupakan hasil rekayasa bahan. Biasanya jenis marmer ini terbuat dari campuran batu dan semen dengan pola yang dibentuk sedemikian rupa. Marmer budidaya sering dijadikan hiasan kolam dan elemen untuk membuat jalan setapak karena teksturnya kasar. Harganya pun lebih bersahabat dibandingkan jenis marmer alami.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Recommended Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat