Mengenal Jenis Tanah Urugan Yang Umum Digunakan

jenis tanah urugan

Mengenal Jenis Tanah Urugan Yang Umum Digunakan

Cara menuangkan Tanah Urugan pada urugan - YouTube

Arsitek Indo Kontraktor – Umumnya saat membangun rumah, kita akan melakukan pengurukan terlebih dahulu pada lokasi yang akan dibangun. Terlebih jika tanah tidak rata atau pada ketinggian tanah yang jauh dari jalan. Nah, sebelum anda memutuskan untuk menguruk tanah. Alangkah baiknya jika Sobat mengetahui dulu apa saja tanah yang cocok untuk pengurukan ini. Berikut sedikit ulasan tentang Jenis Tanah Urugan.

1. Tanah Merah

Tanah Merah

Jenis tanah urugan yang bagus pertama adalah tanah merah. Tanah merah disebut juga dengan istilah laterit adalah tanah yang memiliki warna cokelat kemerah-merahan. Karakteristik tanah merah yaitu mudah menyerap air, memiliki pH netral sampai asam, memiliki kandungan alumunium dan zat besi, mengandung bahan organik sedang, dan memiliki profil tanah yang dalam.

Tanah merah umumnya terbentuk pada lingkungan yang dingin, lembab dan tergenang air. Biasanya tanah merah banyak ditemukan di daerah pegunungan, beberapa lainnya tanah merah juga ditemukan di daerah pantai. Lahan yang terdapat tanah merah lokasinya hampir menyebar di seluruh Indonesia.

Jenis tanah merah memiliki tekstur yang cukup dan padat sehingga cocok digunakan untuk proses pengurugan atau penimbunan. Selain untuk penimbunan konstruksi tanah merah juga digunakan untuk membentuk lahan perkebunan, mencetak batu bata, dan lain-lain.

2. Tanah Padas

Tanah Padas

Jenis tanah urugan yang kedua adalah tanah padas. Karakteristik tanah padas memiliki kepadatan sangat tinggi sehingga sangat kuat untuk proses pengurugan. Struktur tanah padas terbentuk dari lapukan batuan induk dengan kandungan organik yang rendah, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Kandungan organik dan mineral yang terkandung dalam tanah padas telah bersama air yang berada di lapisan atas. Oleh sebab itu tanah padas sangat rendah kandungan organiknya dan teksturnya sangat keras. Jenis tanah padas terdapat hampir di seluruh Indonesia terutama daerah pengunungan.

READ  Inpirasi Penataan Lampu Hias

Tanah padas yang sedikit mengandung kandungan organik dan memiliki tekstur keras hampir tidak bisa untuk sektor pertanian. Umumnya tanah padas digunakan untuk proses pengurugan sektor infrastruktur bangunan berukuran besar seperti gedung-gedung bertingkat.

3 Tanah Semi Padas / Tanah Liat

Tanah Semi Padas Atau Tanah Liat

Tanah urugan yang ketiga adalah tanah semi padas atau tanah liat. Tanah liat terbentuk dari perpaduan batu kapur dan tanah pasir. Terbentuknya tanah liat terjadi karen hujan yang tidak merata pada setiap tahun.

Tanah liat merupakan campuran antara tanah merah dengan tanah padas sehingga karakteristik dari tanah merah seperti gabungan kedua tanah tersebut. Sebenarnya tanah liat memiliki tingkat kesuburan yang cukup baik sehingga bisa untuk lahan pertanian khususnya persawahan.

Baca Juga :

Ingin Rumah Gaya Klasik Lebih Menonjol? Gunakan Saja Material List Profil Berikut

Grrrr….. Warna Hijau Mint untuk Interior Rumah Jadi Makin Sejuk

Selain bagus untuk proses pengurugan tanah liat juga bagus untuk bahan baku kerajinan, genteng, dan batu bata. Umumnya tanah liat ada pada dataran rendah seperti lereng pegunungan. Bisa juga pada bagian terdalam tanah pada umumnya.

4. Tanah Kuning

Tanah Kuning

Selain tanah merah, tanah kuning juga sangat bagus untuk proses pengurugan. Tanah kuning memiliki kandungan organik yang rendah sehingga baik untuk proses pengurugan. Selain itu tanah juga mudah menyerap air, kuat dan kokoh untuk bahan pengurugan.

5. Limestone

Limestone Atau Tanah Gamping

Limestone atau merupakan sebutan lain dari gamping/ kapur merupakan jenis tanah yang terbentuk dari pengendapan cangkang kerang atau karang laut. Secara fisik limestone berwarna putih kotor, putih keabu-abuan, dan kuning keabu-abuan.

Jenis Limestone tergolong dalam Bahan Galian C yang artinya bahan galian industri. Dalam dunia konstruksi limestone sangat bagus untuk proses pengurukan karena bisa menyerap air dengan baik. Selain itu limestone juga memiliki kepadatan yang sangat tinggi.

READ  Wallpaper Tembok Bikin Suasana Kamar Berubah

Baca Lagi :

Desain Kamar Tidur dengan Bukaan Jendela Mempengaruhi Semangat Bangun Pagi

BAKAL NYESEL Kalo Kamu Nggak Lihat Ide Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Ini

Kelima jenis tanah tersebut dapat dijadikan sebagai material urugan yang baik ya Sobat AIK. Jika Sobat berencana ingin melakukan pembangunan rumah atau bangunan lainnya. Bisa nih konsultasi bersama Arsitek Indo Kontraktor.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat