Mengenal Model Railing Tangga Kaca dan Plus Minusnya

Mengenal Model Railing Tangga Kaca dan Plus Minusnya

Mengenal Model Railing Tangga Kaca, dan Plus Minusnya

railing tangga kaca menggunakan bingkai silver di sebuah rumah

Arsitek Indo KontraktorMengenal Model Railing Tangga Kaca, dan Plus Minusnya. Material kaca merupakan salah satu bahan favorit untuk dipadukan sebagai railing tangga terutama pada rumah minimalis. Pegangan tangga kaca, membuat kesan rumah minimalis tampak lebih gaya dan elegan, tapi apakah aman? Tentu saja, karena pegangan tangga kaca ini memberi tingkat keamanan yang sama dengan pegangan baja dan kayu, asalkan Anda menggunakan material kaca terbaik.

 

 

Keunggulan railing tangga kaca

tangga motif kayu menggunakan railing kaca dengan bingkai silver

Railing tangga kaca memiliki tampilan mengkilap dan transparan sehingga memberikan kesan yang sangat modern. Railing tangga kaca juga cocok untuk rumah berukuran mungil karena kaca yang transparan dapat menciptakan kesan ruangan lebih lapang.

Kelemahan railing tangga kaca

beberapa goresan di railing tangga kaca

Di balik keunggulannya, railing tangga kaca juga memiliki kelemahan. Kelemahan yang paling menonjol adalah mudah pecah. Hal ini cukup berbahaya apalagi untuk keluarga dengan anak-anak yang aktif bermain.

Kelemahan lainnya adalah permukaan kaca mudah tergores sehingga dapat merusak tampilan. Oleh karena itu, saat sedang memindahkan furnitur ke lantai atas atau bawah, kamu harus ekstra hati-hati agar permukaan kaca pada railing tangga minimalis tidak tergores.

Jenis kaca yang aman untuk railing tangga kaca

railing tangga kaca dengan bingkai silver di dekat dinding warna biru

Apakah kamu mengurungkan niat untuk memasang railing tangga kaca setelah mengetahui kelemahannya? Sabar dulu karena semua kelemahan itu bisa diatasi jika kamu memilih jenis kaca yang tepat. Kaca tempered merupakan kaca terbaik yang cocok untuk railing tangga. Kaca ini mampu menahan beban, angin, dan tekanan lebih baik dibandingkan jenis kaca lainnya. Seandainya pecah pun, kaca tempered ini akan hancur dalam bentuk bulat atau tumpul.

READ  Desain Toilet Yang Elegan

Alternatif lainnya adalah kaca laminasi. Kalau pun pecah, serpihan kaca akan tertahan pada bagian laminasi sehingga penghuni rumah akan terlindung dari kemungkinan luka dan lebih mudah untuk membersihkan pecahannya.

Sebisa mungkin, hindari penggunaan satu lembar kaca berukuran besar dan panjang untuk railing tangga kaca. Tujuannya untuk mencegah kaca mudah pecah dan lebih kokoh berdiri tegak. Trik ini juga akan memudahkan kamu untuk pemasangan railing tangga yang memiliki banyak sudut. Satu hal yang kamu juga harus tahu, semakin tebal railing tangga kaca, maka semakin kecil kemungkinannya untuk mudah retak.

Railing tangga kaca tanpa bingkai

railing tangga kaca tanpa bingkai

Railing tangga kaca juga bisa dibuat tanpa bingkai. Tampilannya jadi lebih minimalis dan menciptakan gaya rumah futuristik. Apabila kamu tidak terbiasa menggunakan tangga tanpa pegangan, kamu bisa membuat pegangan pada bagian dinding.

Railing tangga kaca dengan bingkai

railing tangga kaca menggunakan bingkai silver di sebuah rumahMaterial kaca cocok dipadukan dengan material lain, seperti material stainless steel dan kayu. Kedua material ini biasanya dijadikan sebagai bingkai pada railing tangga kaca. Material stainless steel yang digunakan untuk bingkai railing tangga kaca akan menciptakan kesan yang modern dan dingin. Sedangkan, bingkai railing tangga kaca dengan material kayu akan menciptakan kesan yang lebih natural dan hangat.

Perawatan railing tangga kaca

tangan seseorang menyemprotkan cairan pembersih ke kaca

Merawat railing tangga kaca tergolong mudah seperti merawat jendela. Semprotkanlah cairan pembersih ke permukaan kaca, lalu lap sampai bersih dan mengkilap. Lakukan perawatan secara rutin, setidaknya seminggu sekali.

Material kaca tidak akan menyerap noda. Akan, tetapi jika ada noda harus segera dibersihkan untuk menghindari munculnya jamur dan kerak. Sisa cairan pembersih juga harus dikeringkan menyeluruh secara sempurna agar tidak meninggalkan bekas.

READ  Jenis Sertifikat Apartemen yang Perlu Diketahui Beserta Contohnya

Menambah nilai estetika memang penting, tapi keamanan jauh lebih penting lagi. Silakan pertimbangkan segala kemungkinan sebelum menghadirkan railing tangga kaca di rumahmu. Simak juga artikel menarik lain seputar tips & desain rumah hanya di Arsitek Indo Kontraktor!

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat