Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Arsitek Indo Kontraktor I Jasa Arsitek dan Kontraktor – Motif tegel merupakan salah satu motif kuno yang telah ada diperkirakan semenjak abad ke-13 hingga abad ke 15. Motif tegel memiliki sejarah yang sangat panjang. Motif tegel yang populer di Indonesia berasal dari negara Spanyol dan Portugal, di negara asalnya, motif ini memiliki nama sebutan Azulejo. Konon, bangsa Spanyol yang menduduki benua Amerika tiba di wilayah yang saat ini menjadi negara Meksiko. Para pendatang dari Spanyol mengajarkan pada penduduk lokal di daratan Meksiko tentang bagaimana cara membuat ubin motif tegel. Motif tegel yang dibuat para pengrajin di Meksiko lebih terkenal ketimbang yang berasal dari Spanyol karena memiliki dilapisi dengan zat pengkilap dan memiliki durabilitas yang lebih tinggi. Kita perlu mengenal ubin tegel yang harus kamu ketahui

1. Membuat Dengan Cara Tradisional, Yaitu Dengan Tangan

Ubin lantai motif tegel diproduksi menggunakan tangan. Cara tradisional ini ditujukan untuk menghasilkan nilai estetika yang unik.

Mulai dari pembentukan, embossing, hingga pewarnaan, semuanya manual menggunakan tangan tanpa bantuan mesin. Ubin tegel ini dapat digunakan tidak sebagai pemanis lantai saja. Melainkan dapat dijadikan dekorasi dengan di tempel di dinding atau variasi pada kitchen set.

Mengenal Ubin Tegel yang harus kamu ketahui

2. Mengeksplor Bentuk Serta Desain Itu Sendiri

Pada perkembangan jaman sekarang ini, banyak orang-orang yang memiliki pola pikir kreatif dan mengeksplornya pada ruangan rumahnya.

Dengan memadukan desain interior gaya modern dengan klasik sehingga dapat menciptakan nuansa keindahan yang menarik, unik dan berkarakter pada ruangannya. Motif tegel yang berasal dari Indonesia biasanya memiliki motif seperti batik tulis dengan karakteristik shading warna yang lebih lembut dan juga gelap.

Motif tegel sendiri letak dengan budaya jawa Keraton Yogyakarta. Mungkin beberapa dari sobat ada yang sudah pernah berkunjung ke Keraton dan menyadari bahwa bangunannya menggunakan tegel pada lantainya. Hal itulah yang membuat nama ubin tegel semakin populer di kalangan masyarakat. Bahkan hingga saat ini beberapa orang menganggap bahwa menggunakan ubin tegel mengindikasikan bahwa orang tersebut adalah keturunan bangsawan, Berbeda dengan motif tegel dari negara asalnya, Spanyol memiliki motif yang cenderung didominasi oleh pola-pola dasar geometris dengan tone warna netral.

READ  Rumah Tipe 70 Hunian Ideal dengan Kenyamanan Maksimal

Selain itu, tegel Spanyol juga sangat identik dengan warna biru dan putih yang berasal dari pengaruh kebudayaan di abad 15 hingga 17.

Mengenal Ubin Tegel yang harus kamu ketahui

3. Ubin Tegel Banyak Memiliki Keistimewaan Loh

Sebagian besar ubin tegel tidak berglasir sehingga pori-pori pada permukaannya tidak tertutup. Inilah yang menjadi keistimewaannya, dimana lantai menjadi terasa lebih dingin. Tegel juga kaya akan motif yang bisa dipadukan membentuk pola unik dan menarik. Kelebihan tegel lainnya adalah lebih mudah dipasang dibandingkan keramik. Manfaat menggunakan ubin tegel adalah perawatannya yang mudah. Ubin tegel semen memiliki ketahanan yang baik, tidak menyerap air sehingga tidak mudah retak dan hancur. Permukaan ubin tegel tidaklah licin.

Keramik yang tahan lama ini pun cocok digunakan di dalam ruangan maupun di teras. Sebab meski berada di luar ruangan dan terkena hujan, tidak akan mejadikan ubin ini pudar ataupun licin.

Dengan memilih tegel untuk lantai rumah juga sobat sebenanrnya mampu untuk meminimalisir anggaran lho. Sebab harga tegel semen terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan lantai yang terbuat dari marmer atau granit.

Untuk ubin polos hingga aneka motif, harga ubin tegel berkisar antara enam ribu hingga sembilan ribu rupiah per buahnya. Pada motif yang lebih banyak bisa mencapai sebelas ribu rupiah.

Mengenal Ubin Tegel yang harus kamu ketahui

4. Proses Pemasangan Ubin Tegel untuk Mendapat Hasil Terbaik

Tips untuk memasang ubin tegel agar ubin terpasang dengan sempurna adalah dengan merendam ubin selama 10 menit sebelum dilakukan proses pemasangan keramik. Hal ini dilakukan agar penutup lantai dapat bersatu dengan plesteran secara maksimal. Gunakanlah semen instan sebagai plesteran, sebab semen ini memiliki komposisi semen instan yang kualitasnya bagus.

READ  Inspirasi Menata Ruang Tamu

Plesteran konvesional memiliki ketebalan mencapai 3 cm, sementara semen instan hanya 0,3-0,5 cm saja, sehingga dapat menghemat waktu pemasangan.

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Saat akan memasang ubin, ketuk-ketuklah bagian permukaannya terlebih dahulu agar penutup lantai menyatu dengan plesteran dan gunakan nut yang warnanya senada dengan ubin. Agar tampilan ubin tampak lebih sempurna dengan kilapan yang cantik, tambahkanlah proses osasir atau diskristalisasi setelah itu semir bagian permukannya.

Inspirasi Motif Ubin Tegel yang Cantik di Dalam Ruangan Rumah

1. Inspirasi Desain Tegel dapur

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Sobat bisa mendapatkan desain dapur yang cantik dan klasik dengan menerapkan tegel di bagian dinding. Meskipun demikian ada baiknya bagi sobat untuk menempelkan tegel hanya di beberapa bagian saja.

Seperti misalnya pada satu sisi dinding, lantai, backsplash atau top table. Dengan memasang tegel pada satu dinding ini bertujuan untuk membuat desain dapur terkesan klasik namun tidak terlalu ramai. Untuk pemasangan tegel di lantai dapur, pilihlah warna dan motif yang anda sukai. Jangan lupa juga untuk mengukur lantai dan ukuran ubin agar tegel terpasangan dengan rapih dan sempurna. Tampilan lantai dapur dengan ubin tegel dapat membuat suasana dapur terkesan mewah dan artistik.

2. Inspirasi Desain Tegel Teras

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Alternatif ubin pada teras adalah dengan penggunaan ubin tegel. Ubin lantai tegel yang memiliki motif klasik dan dijual dengan harga tengjangkau tentunya akan sangat cocok jika dipasang pada teras.

Terlebih lagi ubin tegel yang tergolong awet dengan perawatan yang cukup sederhana sangat cocok ditempatkan di area luar ruangan seperti teras. Ubin tegel yang diproduksi dengan menggunakan campuran pasir beton, semen dan aci ini sebenarnya membutuhkan ketelitian khusus ketika saat pemasangannya. Teras rumah sobat dijamin akan tampil lebih menarik dan juga astetik bila di pasang ubin tegel bermotif yang estetik ini.

3. Inspirasi Desain Tegel di Kamar Mandi

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Untuk sobat yang sedang mencari ide lantai kamar mandi di rumah, ubin tegel bisa menjadi pilihan yang tepat lho.

READ  Desain Railing Tangga Unik Super Gaya

Pemilihan lantai kamar mandi dengan ubin tegel dapat memberikan efek interior yang berpengaruh terhdap penampilan kamar mandi secara keseluruhan lho sobat! Ubin tegel yang didominasi motif jadul akan membuat lantai kamar mandi tampak lebih indah.

Sensasi yang diberikan pada kamar mandi dengan desain tegel yang jadul bisa sobat kombinasikan dengan keramik polos pada kamar mandi. Perpaduan lantai kamar mandi dengan keramik cantik seperti contoh diatas bisa memberikan nuansa yang berbeda dibandingkan dengan lantai kamar mandi rata-rata pada umumnya.

4. Inspirasi Desain tegel di Tangga

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Jika sobat ingin menonjolkan tampilan yang memiliki kesan desain vintage di rumah, cobalah untuk memasang tegel bermotif etnik di tangga. Ubin tegel di tanggal dengan motif etnik ini siap untuk menjadi center of point di hunian sobat, terlebih lagi jika sonat dapat memadukan beberapa motif berbeda untuk menambah kesan yang unik dari motif tegel yang beragam.

Tidak hanya dapat memberikan nuansa klasik yang unik, motif etnik dari tegel di tangga ini juga sangat cocok untuk rumah yang memiliki desain interior dengan konsep tradisionall. Cantik kan inspirasi desain lantai tegel seperti yang sudah dipaparkan? Desain vintage atau juga klasik yang disajikan dari ubin tegel ini memang gak pernah terlekang oleh zaman.

Karena gaya klasik desain vintage tentu memiliki penggemarnya tersendiri. Bahkan gaya klasik disebut tren masa kini karena banyak diadopsi oleh generasi sekarang ini.

Mengenal Ubin Tegel Yang Harus Kamu Ketahui

Dengan mengaplikasikan lantai tegel yang identik dengan motif dan khas vintage yang pernah populer digunakan pada tahun 1980-an, tampilan rumah sudah dapat mengadopsi nuansa klasik secara utuh lho sobat. Mengenal ubin tegel yang harus kamu ketahui

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat