Mudah! Ini Langkah dan Cara Membuat Septic Tank di Rumah

Mudah! Ini Langkah dan Cara Membuat Septic Tank di Rumah

Mudah! Ini Langkah dan Cara Membuat Septic Tank di Rumah

Arsitek Indo Kontraktor | Jasa Arsitek dan Kontraktor- Meski terdengar sederhana, pembuatannya ternyata tidak sembarangan dan harus mempertimbangkan berbagai aspek penting.  Apalagi jika kamu berencana membuat sumur resapan untuk keperluan menampung air hujan di kala musim banjir.  Jika penempatannya salah, bisa-bisa kamu akan mengalami kontraksi bakteri yang menjangkiti sumber air yang akan kita gunakan di rumah serta berbagai masalah pencemaran lingkungan sekitar.  Jangan ambil resiko, Ini Langkah dan Cara Membuat Septic Tank di Rumah.

 

 

Setiap rumah pasti memiliki saluran pembuangan, seperti kloset untuk buang air.  Karena itu setiap rumah pun wajib untuk memiliki septic tank agar dapat membuang limbah tinja dengan benar. Kalau ada septic tank, limbah tinja pun tidak akan sembarangan tersalur ke lingkungan lain yang dapat mencemari lingkungan dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Lalu, bagaimana cara membuat septic tank di rumah? Serta bagaimana cara pemeliharaannya? Simak ulasannya berikut ini!

Pada dasarnya, septic tank merupakan wadah untuk pengolahan limbah yang berasal dari kloset. Septic tank pada umumnya berbentuk seperti penambungan yang akan kita sekat dengan dinding bata dan diberi pelat beton. Cara membuat septic tank pun haruslah sesuai dengan standar di Indonesia atau SNI.  Tentu saja hal ini wajib kita lakukan agar tidak menimbulkan masalah dan mengganggu kesehatan penghuni rumah.

Pembuatan Septic Tank

Sebelum membuat septic tank, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa cara membuat septic tank yang dapat menyebabkan masalah, yaitu:

  • Ukuran terlalu kecil

Ukuran yang terlalu kecil pada septic tank akan menyebabkan daya tampung menjadi lebih cepat penuh. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada toilet yang mampet dan lebih sering menggunakan jasa sedot WC berulang kali.

  • Septic tank kurang kokoh

READ  Arsitek Penata Dapur Rumah

Ada baiknya memikirkan bahan material untuk wadah septic tank terlebih dahulu agar tidak roboh dan bocor.

  • Jarak terlalu dekat dengan sumur

Sebaiknya membuat septic tank agak berjauhan dengan sumber air atau sumur, agar tidak mudah tercemar dan terpapar sumber penyakit. Untuk membuat septic tank standar SNI, Anda perlu memikirkan desain ukuran, material untuk wadah hingga jarak aman septic tank dengan sumber air. Adapun ukuran ideal untuk pembuatan septic tank yakni tinggi 1,5 m, lebar 1 m dan panjang 1 m.  Tentunya ukuran yang akan kita pasang pun harus kita sesuaikan dengan jumlah orang di dalam rumah dan jumlah kloset yang dipakai.

Nah, setelah memerhatikan beberapa hal di atas, berikut ini adalah langkah dan cara membuat septic tank kokoh dengan mudah di rumah.

  • Gali tanah untuk wadah septic tank sedalam 1,5 meter dengan tinggi 2 meter.

  • Berilah sekat pada tengah galian untuk membuat 2 kolom septic tank yang berdempetan yang bertujuan untuk memisahkan kotoran padat dan cair.

  • Buatlah penghubung antar sekat dengan menggunakan paralon berukuran 4 inch.

  • Usahakan untuk membuat paralon dari arah WC menurun sejajar sampai arah pembuangan. Sebagai contoh: ukuran ketinggian paralon 80, maka ketinggian paralon sekat 75 dan ketinggian paralon pembuangan 70.

  • Buat bahan material dinding septic tank menggunakan bata merah yang kita plester.

  • Buatlah tembok alas pada septic tank untuk mencegah roboh atau bocor.

  • Tutup atas septic tank menggunakan papan.

Nah, itulah langkah dan cara membuat septic tank di rumah dengan mudah. Selain itu, adapun tips yang dapat Anda perhatikan, yaitu:

  • Beri lubang angin pada sekatan septic tank yang berfungsi untuk pembuangan gas sekaligus akses saat melakukan penyedotan.

  • Gunakan paralon berukuran 4 inci agar selang sedot WC bisa masuk ke dalam septic tank.

READ  Cara Mengatasi Rooftop Garden Bocor

Pemeliharaan Septic Tank

Setelah mengetahui cara membuat septic tank, berikut ini adalah perawatan atau pemeliharaan septic tank yang bisa dilakukan dengan mudah.

Simak selengkapnya, ya!

  • Perhatikan sumur resapan

Seperti yang kita ketahui, saat membuat septic tank pastikan untuk menjaga jarak dengan sumber air atau sumur resapan. Kotoran dan limbah tinja yang dihancurkan dalam septic tank idealnya akan mengalir ke sumber air paling dekat.  Maka, dalam perawatannya, lebih baik sumur resapan kita lindungi dengan berbagai macam elemen misalnya dengan menggunakan ijuk, kerikil, pasir dan batu.

  • Jangan buang sampah ke dalam septic tank

Wadah septic tank biasanya memiliki ukuran yang telah sesuai dengan jumlah intensitas limbah. Septic tank yang terbagi menjadi 2 sekat yang berfungsi untuk pembagian limbah padat dan cair pun sudah memiliki ruang ideal sebagai penampungan. Maka dari itu jangan membuang sampah lain ke dalam septic tank.

Tentunya dengan membuang sampah ke dalam septic tank akhirnya akan membuat septic tank tidak berfungsi dengan baik bahkan bisa menyebabkan kebocoran. Selain itu, pastikan pembuangan septic tank tidak menyalurkan lumpur ke sungai untuk menghindari perairan yang tercemar. Sebaiknya, kotoran dan limbah kita buang ke tempat yang sudah tersedia seperti Instalasi Pengolah Lumpur Tinja (IPLT).

  • Perhatikan jadwal pengurasan

Hal yang menjadi perawatan wajib septic tank adalah mengontrol dan memerhatikan jadwal pengurasan secara berkala. Sebaiknya pengurasan tangki septic tank dilakukan setiap tiga tahun sekali. Anda bisa meminta bantuan ahli seperti sedot WC untuk pengurasan yang dilakukan profesional. Nah, itulah informasi cara membuat septic tank hingga perawatan yang mudah dan dapat Anda lakukan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, ya!

READ  Musim Hujan Telah Tiba, Begini Cara Merawat Rumah

Selamat mencoba!

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat