Pilih Pagar Besi Atau Pagar Kayu?

Pilih Pagar Besi Atau Pagar Kayu?

PILIH PAGAR BESI ATAU PAGAR KAYU?

Arsitek Indo Kontraktor – Untuk anda yang masih bingung mau pilih pagar besi atau kayu untuk rumah anda, sebelum memutuskan menggunakan pagar dari material yang mana perhatikan dulu desain yang sesuai dengan rumah anda.

Kenapa? Karena keselarasan antara pagar dengan rumah harus menyatu. Berikut beberapa perbedaan antara pagar besi dan pagar kayu.

1. Varian Pagar

Dari segi varian, baik kayu maupun logam sama-sama memiliki varian yang beragam yang dapat dijadikan bahan pembuat pagar. Untuk kayu, Sobat bisa memilih jenis kayu cedar, cemara, kayu mahoni, kayu jati, atau bahkan bambu. Dari beberapa jenis di atas, maka bambu adalah bahan yang paling murah yang bisa kita aplikasikan sebagai pagar rumah kita.

Desain Pagar Rumah Minimalis  Modern

Selain itu, pagar bambu juga memiliki tampilan khas pedesaan karena banyak rumah-rumah di pedesaan menggunakan bahan bambu sebagai pilihan pagar rumah mereka. Hanya saja, bambu ini relatif rapuh dan bila tidak dibuat sebaik mungkin, orang luar bisa dengan mudah merusaknya dan memasuki rumah Sobat.

Sedangkan untuk pagar yang berbahan logam, maka logam-logam seperti alumunium dan besi adalah logam yang paling sering digunakan. Alumunium mungkin logam yang paling murah yang bisa digunakan sebagai bahan pembuat pagar. Sama seperti bambu, alumunium juga tak sebaik besi atau logam lain dalam hal proteksi rumah.

2. Perawatan Pagar

Bila lokasi rumah Sobat berada di iklim yang kering dan hangat, maka pagar berbahan kayu adalah pilihan yang paling tepat. Dalam kondisi iklim seperti itu, pagar kayu akan lebih mudah dalam segi perawatan. Namun, untuk daerah dengan iklim yang lembab dan curah hujan tinggi, tentu pagar berbahan dasar kayu bukanlah pilihan yang terbaik. Kondisi iklim semcam itu akan membuat kayu mudah rapuh sehingga Sobat harus mengeluarkan waktu dan biaya tambahan untuk perawatan berkala.

READ  Tips Merawat Pagar Besi Rumah

Untuk pagar berbahan logam, maka Sobat bisa memilih besi. Namun, dalam lingkungan yang lembab dan curah hujan tinggi, pagar besi akan mudah berkarat. Untuk itu, Sobat perlu melakukan perawatan berkala dengan melapisinya menggunakan cat anti karat.

3. Tampilan Pagar

Desain Pagar Rumah Minimalis  Modern

 

Untuk memberi kesan tradisional atau klasik pada rumah Sobat, maka pilihlah pagar kayu. Kayu dapat menguatkan kesan tradisional dalam rumah Sobat karena tekstur alaminya yang khas. Untuk menonjolkan kesan alami ala pedesaan, maka Sobat bisa menggunakan bambu. Namun, untuk memberikan tampilan rumah yang modern bergaya Eropa atau Mediterania, maka gunakan logam sebagai bahan untuk membuat pagar rumah Sobat.

4. Problem Kerusakan

Ketika pagar kayu rumah Sobat bermasalah, maka biasanya akan dengan mudah diatasi dan diperbaiki dengan peralatan rumah tangga biasa. Hal ini tentu berbeda dengan pagar berbahan logam. Pagar dengan bahan logam akan lebih sulit untuk diperbaiki dan biasanya akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaikinya. Peralatan yang digunakan untuk memperbaiki pagar ini pun biasanya bukan peralatan biasa yang mudah ditemui. Terkadang, kita juga membutuhkan teknisi atau tukang untuk memperbaikinya.

5. Keamanan dan Privasi

Desain Pagar Rumah Minimalis  Modern

Dari tingkat kemanan, maka pagar besi biasanya lebih memberikan tingkat kemanan yang lebih tinggi karena bahannya yang lebih kuat. Namun dalam hal privasi, pagar besi biasanya dibuat berongga, sehingga memungkinkan bagian rumah masih dapat terlihat dari luar. Sehingga, tingkat privasinya cenderung kurang. Berbeda dari pagar besi, pagar kayu bisanya dibuat tanpa rongga, sehingga menciptakan kesan tertutup dengan tingkat privasi yang tinggi.

ARSITEK INDO KONTRAKTOR |merupakan solusi bagi Anda yang ingin membangun rumah hunian, kost ekslusif, apartemen atau bangunan lainnya. Konsultasi Gratis KLIK DISINI. Hubungi kami di Telp : (0274) 501 7127 | WA : 0878 3475 4624


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat